Sempat Berkelana, 5 Pemain Ini Memutuskan Kembali Berseragam Barcelona

Mereka memiliki karier yang lebih baik pada periode kedua

Barcelona telah diakui banyak orang sebagai salah satu tim terbaik di Eropa. Klub asal Catalunya ini selalu diperkuat oleh deretan pemain bintang setiap periodenya. Dengan status itu, tidak mengherankan jika para pemain muda Barcelona terkadang memilih untuk hengkang ke klub lain demi mendapatkan kesempatan bermain reguler.

Setelah tampil apik bersama tim lain, tercatat ada beberapa pemain yang memutuskan untuk kembali berkarier di Camp Nou. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya!

1. Cesc Fabregas 

Sempat Berkelana, 5 Pemain Ini Memutuskan Kembali Berseragam BarcelonaCesc Fabregas (skysports.com)

Cesc Fabregas tumbuh bersama tim muda Barcelona. Ketika umurnya masih 16 tahun, sang pemain direkrut oleh Arsene Wenger ke Arsenal. Ia sempat bermain untuk tim U-18 selama satu musim. Setelah itu, sang gelandang dipromosikan ke skuad utama The Gunners.

Bersama Arsenal, Fabregas berproses menjadi salah satu gelandang hebat di Premier League. Ia bahkan sudah ditunjuk Wenger menjadi kapten ketika umurnya masih 21 tahun. Pada tahun 2011, Fabregas memilih untuk pulang ke Barcelona.

Ketika itu sang pemain dibeli dengan harga 34 juta euro atau Rp559 miliar. Fabregas tercatat bermain di Camp Nou selama tiga tahun sebelum akhirnya hengkang ke Chelsea. Kini pria berusia 34 tahun itu bermain untuk klub Prancis, AS Monaco.

2. Gerard Pique 

Sempat Berkelana, 5 Pemain Ini Memutuskan Kembali Berseragam BarcelonaGerard Pique (skysports.com)

Gerard Pique adalah pemain yang menimba ilmu di akademi Barcelona, La Masia. Walau mengawali karier di tim muda Barcelona, sang pemain menandatangani kontrak profesional pertama kali bersama Manchester United. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu datang ke Old Trafford pada tahun 2004.

Pique bermain bersama klub Inggris itu selama empat tahun. Sesudah itu, ia dipulangkan Barcelona dengan harga 5 juta euro atau sekitar Rp82 miliar. Sejauh ini Pique sudah tampil sebanyak 593 kali dan membukukan 52 gol serta 13 assist. Meski umurnya saat ini sudah 35 tahun, perannya masih belum juga tergantikan di lini pertahanan Barcelona.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terbaik Barcelona di Abad ke-21, Pique hingga Neymar!

3. Jordi Alba 

Sempat Berkelana, 5 Pemain Ini Memutuskan Kembali Berseragam BarcelonaJordi Alba (fcbarcelona.com)

Jordi Alba menjadi bagian dari tim muda Barcelona dari tahun 1998 hingga 2005. Sang pemain kemudian pindah ke Cornella U-19. Hanya bertahan selama dua tahun, ia memutuskan melanjutkan kariernya bersama Valencia. Bersama klub itu, Alba tampil cukup apik di posisi bek sayap kiri.

Performanya itu membuat Barcelona jatuh hati. Alhasil, Alba diboyong lagi ke Camp Nou pada musim panas 2012. Pria berusia 32 tahun tersebut sejauh ini telah mencatatkan 409 pertandingan di semua kompetisi bersama Barcelona. Dari seluruh laga itu, ia mampu menciptakan 23 gol serta 87 assist.

4. Eric Garcia 

Sempat Berkelana, 5 Pemain Ini Memutuskan Kembali Berseragam BarcelonaEric Garcia (fcbarcelona.com)

Eric Garcia juga sempat menjadi bagian dari La Masia. Ia bermain dengan tim muda Barcelona itu hingga tahun 2017. Manchester City lalu membelinya dengan harga 1,7 juta euro atau setara Rp27 miliar. Usia sang pemain ketika itu masih 16 tahun. Sempat bermain untuk beberapa kelompok umur, Garcia akhirnya naik kasta ke tim utama Manchester City pada 2019.

Di bawah asuhan Pep Guardiola, ia tercatat beberapa kali dipercaya menjadi pilihan utama. Sayang, minimnya kesempatan bermain membuat Garcia memilih kembali berseragam Barcelona pada musim panas 2021. Garcia hengkang ke Camp Nou dengan status bebas transfer setelah kontraknya dengan Manchester City berakhir.

5. Adama Traore 

Sempat Berkelana, 5 Pemain Ini Memutuskan Kembali Berseragam BarcelonaAdama Traore (twitter.com/AdamaTrd37)

Barcelona bergerak cukup aktif pada bursa transfer musim dingin 2022. Raksasa Spanyol itu tercatat mendatangkan tiga penyerang baru, yakni Ferran Torres, Adama Traore, dan Pierre-Emerick Aubameyang. Khusus Adama Traore, ini menjadi kesempatan kedua bagi dirinya membela Barcelona.

Ia sebelumnya sempat bermain di tim muda Barcelona hingga tahun 2015. Sesudah itu, Traore membela sejumlah tim medioker, seperti Aston Villa, Middlesbrough, dan Wolverhampton Wanderers.

 

Mereka sebagian besar memiliki karier yang lebih baik pada periode kedua bermain di Camp Nou. Dari daftar di atas, tercatat hanya Cesc Fabregas yang tidak menjadi bagian Barcelona pada musim 2021/2022.

Baca Juga: Barcelona Pulangkan Si Anak Hilang Adama Traore

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya