5 Pemain Top yang Mendapatkan Perlakuan Kurang Baik dari Barcelona

Padahal, mereka sudah mempersembahkan banyak gelar

Barcelona adalah salah satu tim sepak bola terbaik dan terbesar di Eropa. Semua itu tidak terlepas dari sejarah klub yang memiliki banyak prestasi gemilang. Klub yang bermarkas di Camp Nou tersebut dikenal selalu menghasilkan para pemain berkualitas. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak pemain top di dunia yang ingin membela Barcelona.

Meski demikian, nyatanya tidak semua pemain bintang bisa terus berkontribusi untuk Blaugrana. Ada juga sejumlah nama yang mendapatkan perlakuan kurang baik dari pihak klub dan membuat mereka hengkang ke klub lain. Siapa saja para pemain itu? Berikut ulasannya!

1. Antoine Griezmann

5 Pemain Top yang Mendapatkan Perlakuan Kurang Baik dari BarcelonaAntoine Griezmann (eurosport.com)

Barcelona mendatangkan Antoine Griezmann dari Atletico Madrid pada tahun 2018 lalu. Pemain asal Prancis ini direkrut dengan biaya senilai 120 juta euro atau setara Rp2 triliun. Meski kualitasnya makin membaik, ia justru lebih sering gagal menunjukkan performa terbaiknya selama bermain di Camp Nou.

Dari 96 pertandingan di semua ajang, Griezmann hanya mencetak 30 gol dan 12 assist. Angka tersebut sangat jauh dibandingkan ketika dirinya masih membela Atletico Madrid. Karena dianggap surplus, ia akhirnya dikembalikan ke Atletico Madrid dengan status pinjaman pada musim panas ini.

2. Ronaldinho

5 Pemain Top yang Mendapatkan Perlakuan Kurang Baik dari BarcelonaRonaldinho (eurosport.com)

Kehadiran Ronaldinho berhasil membuat Barcelona kembali berjaya, khususnya di kompetisi domestik. Pemain asal Brasil itu bergabung dengan Barcelona pada tahun 2003 setelah tiga musim membela Paris Saint-Germain. Dengan kualitas yang dimiliki, ia berhasil mengantarkan klubnya itu meraih banyak sekali gelar juara.

Sayangnya, kehadiran Pep Guardiola membuat karier sang pemain di Camp Nou berubah. Kedua sosok tersebut dikabarkan berselisih dan membuat Ronaldinho hengkang ke AC Milan pada tahun 2008. Selama 5 musim berseragam Barca, Ronaldinho tercatat mampu mencetak 94 gol serta 71 assist dari 207 laga.

Baca Juga: 10 Gelandang Serang Terbaik Sepanjang Masa, Zidane Hingga Ronaldinho 

3. Samuel Eto’o

5 Pemain Top yang Mendapatkan Perlakuan Kurang Baik dari BarcelonaSamuel Eto'o (fcbarcelona.com)

Saat masih membela Barcelona, Samuel Eto’o berhasil memenangi penghargaan pemain terbaik Afrika selama tiga tahun berturut-turut dari 2004 hingga 2006. Pemain asal Kamerun itu juga menjadi penentu kemenangan tim dalam keberhasilan mengalahkan Arsenal di final Liga Champions musim 2005/2006 dengan skor 2-1.

Selama bermain di Camp Nou, Eto’o dikenal sebagai sosok penyerang yang produktif. Ia sukses menciptakan 130 gol serta 40 assist dari 199 pertandingan di semua ajang. Meski performanya sangat apik, sang pemain justru dipaksa keluar dari Barcelona karena hubungannya yang kurang baik dengan Pep Guardiola. Anehnya, Eto’o saat itu ditukar dengan Zlatan Ibrahimovic dari Inter Milan. Di saat Eto’o masih tajam di kompetisi Italia, Ibrahimovic justru gagal berkembang di Barcelona.

4. Dani Alves

5 Pemain Top yang Mendapatkan Perlakuan Kurang Baik dari BarcelonaDani Alves (eurosport.com)

Sejak ditinggalkan Dani Alves, Barcelona belum juga menemukan pengganti yang sepadan di posisi bek sayap kanan sampai saat ini. Melepas Dani Alves secara gratis pada 2016 bisa dibilang menjadi langkah terburuk yang dibuat oleh Barcelona dalam beberapa tahun terakhir. Pasalnya, pemain asal Brasil itu membantu Barcelona meraih banyak sekali gelar juara.

Total 23 trofi sukses dipersembahkan Alves hanya dalam 8 musim. Kabarnya Alves memilih hengkang dari Camp Nou saat itu karena hubungannya yang tegang dengan mantan Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu.

5. Luis Suarez

5 Pemain Top yang Mendapatkan Perlakuan Kurang Baik dari BarcelonaLuis Suarez (90min.com)

Luis Suarez bisa dibilang menjadi pemain terbaik Barcelona dalam beberapa tahun terakhir selain Lionel Messi. Mantan pemain Liverpool itu dikenal sangat produktif dalam urusan mencetak gol. Selama berseragam Blaugrana, ia telah mencetak 195 gol serta 113 assist dari 283 pertandingan.

Meski tampil spektakuler, sang pemain tetap disia-siakan oleh Barcelona. Kehadiran Ronald Koeman disinyalir menjadi penyebab utamanya. Alhasil, Suarez pun dijual ke Atletico Madrid dengan harga murah pada tahun 2020 lalu. Musim lalu ia berhasil melakukan balas dendam kepada Barcelona dengan mengantarkan Atletico Madrid menjuarai kompetisi LaLiga.

 

Tentu sangat disayangkan pemain sekelas mereka dibuang dengan sia-sia oleh Barcelona. Walau begitu, beberapa nama tetap akan dikenang oleh para pendukung Barcelona karena dedikasi yang luar biasa.

Baca Juga: 10 Fakta Luis Suarez, Sosok Hebat di Balik Kesuksesan Atletico Madrid

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya