Berstatus Bintang, 5 Pemain Ini Memilih Pergi dari MU secara Gratis

Selain Paul Pogba, ada siapa lagi ya?

Manchester United secara luas dikenal sebagai salah satu klub terbaik dalam sejarah sepak bola. Tim yang memiliki julukan Setan Merah itu telah meraih banyak sekali gelar juara, baik di kancah domestik maupun Eropa. Oleh karena itu, tidak mengherankan banyak pemain top yang ingin bergabung dengan Manchester United.

Namun, Setan Merah juga cukup sering kehilangan pemain bintangnya secara gratis. Terbaru, mereka harus kehilangan Paul Pogba secara cuma-cuma karena kontraknya telah berakhir. Selain Pogba, berikut lima bintang yang memilih pergi dari Old Trafford dengan status bebas transfer.

1. Zlatan Ibrahimovic 

Berstatus Bintang, 5 Pemain Ini Memilih Pergi dari MU secara GratisZlatan Ibrahimovic (skysports.com)

Zlatan Ibrahimovic bergabung dengan Manchester United pada musim panas 2016. Penyerang asal Swedia ini ketika itu sudah berusia 34 tahun. Meski begitu, ia tetap mampu memberikan kontribusi yang cukup besar bagi Setan Merah. Dari 53 laga di semua ajang, sang pemain berhasil menorehkan 29 gol serta 10 assist.

Setelah dua musim di Old Trafford, Ibrahimovic memutuskan untuk hengkang ke MLS. Ia bergabung bersama Los Angeles dengan status bebas transfer. Kini, di usia 40 tahun, Ibrahimovic masih aktif bermain dengan membela AC Milan.

2. Wayne Rooney 

Berstatus Bintang, 5 Pemain Ini Memilih Pergi dari MU secara GratisWayne Rooney (skysports.com)

Wayne Rooney adalah pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Manchester United. Ia total membela Setan Merah selama tiga belas tahun. Selama periodenya itu, sang penyerang berhasil membukukan 253 gol serta 146 assist dari 558 penampilan di semua kompetisi.

Rooney meninggalkan Old Trafford pada musim panas 2017. Ia saat itu bergabung bersama Everton dengan status bebas transfer. Sempat hengkang ke DC United dan Derby County, Rooney akhirnya gantung sepatu pada awal tahun 2021. Pria berusia 36 tahun itu saat ini menjadi pelatih kepala Derby County.

Baca Juga: 9 Potret Kai Rooney, Putra Wayne Rooney yang Ikuti Jejak sang Ayah

3. Nemanja Vidic 

Berstatus Bintang, 5 Pemain Ini Memilih Pergi dari MU secara GratisNemanja Vidic (skysports.com)

Manchester United mendapatkan jasa Nemanja Vidic dari klub Rusia, Spartak Moscow, pada Januari 2006. Tak butuh waktu lama, pemain asal Serbia itu langsung menjadi bek utama di jantung pertahanan. Ia secara keseluruhan membela Setan Merah hingga delapan tahun.

Vidic mampu menciptakan 299 pertandingan dan menorehkan 21 gol serta 5 assist untuk Manchester United. Pada musim panas 2014, Vidic memilih pergi ke Inter Milan secara gratis. Hanya berselang dua tahun, ia memutuskan untuk pensiun dari dunia sepak bola.

4. Rio Ferdinand 

Berstatus Bintang, 5 Pemain Ini Memilih Pergi dari MU secara GratisRio Ferdinand (skysports.com)

Rio Ferdinand adalah duet Nemanja Vidic di lini pertahanan Manchester United. Ferdinand menjadi bagian dari Setan Merah sejak tahun 2002 setelah direkrut dari Leeds United. Ia menikmati kesuksesan yang sangat besar selama dua belas tahun di Old Trafford.

Ferdinand total berhasil meraih lima belas gelar juara, termasuk trofi Piala Dunia Antarklub tahun 2009. Di samping itu, ia juga mampu membukukan 453 penampilan di semua ajang. Pada tahun 2014, kontrak sang pemain bersama Manchester United berakhir. Ia kemudian memilih melanjutkan kariernya bersama QPR. Hanya berselang satu tahun, Ferdinand memilih untuk gantung sepatu alias pensiun.

5. Roy Keane 

Berstatus Bintang, 5 Pemain Ini Memilih Pergi dari MU secara GratisRoy Keane (planetfootball.com)

Penampilan apik Roy Keane bersama Nottingham Forest membuat Manchester United jatuh hati. Alhasil, sang pemain didatangkan ke Old Trafford pada tahun 1993. Pemain asal Republik Irlandia itu menjadi gelandang andalan Setan Merah selama belasan tahun.

Sayangnya, pada Januari 2006, Keane memilih meninggalkan tim secara bebas transfer. Ia melakukan hal tersebut karena sempat berselisih dengan Sir Alex Ferguson. Celtic kemudian dipilih menjadi destinasi berikutnya bagi Keane.

 

Mereka merupakan pemain andalan Manchester United pada masanya. Usia yang tidak lagi muda menjadi salah satu penyebab mereka hengkang secara gratis ke klub lain.

Baca Juga: 5 Bintang Manchester United yang Minim Kontribusi pada 2021/2022

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya