Comscore Tracker

5 Pemain Terbaik Barcelona Era Pep Guardiola, Messi hingga Alves

Berkat mereka, Barca tampil sangat istimewa

Pep Guardiola merupakan salah satu pelatih tersukses di kompetisi Eropa saat ini. Pria asal Spanyol itu memulai karier kepelatihannya dengan membesut tim Barcelona B pada tahun 2007. Hanya berselang satu tahun, ia langsung mendapatkan tantangan besar dengan menangani Barcelona senior. Meski tergolong minim jam terbang saat itu, sang pelatih justru berhasil membuat Blaugrana menjadi tim yang sangat solid, baik di kompetisi domestik maupun Eropa.

Bahkan, Guardiola langsung mempersembahkan treble winners di musim debutnya dengan memenangi trofi LaLiga, Piala Spanyol, dan Liga Champions. Keberhasilan Barcelona saat itu tentu saja tidak terlepas dari komposisi pemain yang sangat hebat. Berikut ini lima pemain terbaik Barcelona di era Pep Guardiola.

1. Lionel Messi 

5 Pemain Terbaik Barcelona Era Pep Guardiola, Messi hingga AlvesLionel Messi (eurosport.com)

Tak perlu diragukan lagi bahwa Lionel Messi memang memberikan dampak yang sangat besar bagi Barcelona era Pep Guardiola. Bahkan, pemain asal Argentina itu berhasil memenangi trofi Ballon d’Or sebanyak 4 kali berturut-turut saat Guardiola di Camp Nou. Selama dilatih Guardiola, La Pulga sukses menciptakan 211 gol serta 91 assist dari 219 laga.

Dari seluruh torehan itu, 73 gol tercipta pada tahun 2012. Catatan itu membuat Messi berhasil memecahkan beberapa rekor di panggung Eropa.

2. Andres Iniesta 

5 Pemain Terbaik Barcelona Era Pep Guardiola, Messi hingga AlvesAndres Iniesta (90min.com)

Peran Andres Iniesta juga tidak terlepas dari keberhasilan Barcelona era Pep Guardiola. Berkat dirinya, lini tengah Blaugrana saat itu mampu tampil sangat dominan setiap pertandingannya. Kreativitas dan visi permainan yang baik dari sang pemain membuat Guardiola sangat nyaman untuk menerapkan strategi tiki-taka.

Selama ditangani Guardiola, Iniesta nyaris memenangi penghargaan Ballon d’Or sebanyak tiga kali pada tahun 2010, 2011, dan 2012. Uniknya, Iniesta saat itu harus mengakui kekalahan dari rekan setimnya, yakni Lionel Messi.

Baca Juga: Duet Xavi dan Iniesta Bisa Ancam Posisi Koeman di Barcelona

3. Xavi Hernandez 

5 Pemain Terbaik Barcelona Era Pep Guardiola, Messi hingga AlvesXavi Hernandez (eurosport.com)

Xavi Hernandez merupakan salah satu legenda terbaik yang dimiliki oleh Blaugrana. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu sudah promosi ke tim utama sejak musim 1998/1999. Namun, kariernya semakin meningkat sejak tim dilatih oleh Pep Guardiola.

Xavi tercatat bermain sebanyak 208 kali di bawah Guardiola. Dari seluruh laga itu, sang pemain sukses membukukan 36 gol serta 82 assist. Di samping itu, Xavi juga beberapa kali masuk podium dalam penghargaan Ballon d’Or.

4. Sergio Busquets 

5 Pemain Terbaik Barcelona Era Pep Guardiola, Messi hingga AlvesSergio Busquets (eurosport.com)

Sergio Busquets memang sangat jarang mencetak gol bagi Barcelona. Namun, perannya sangat penting di lini tengah, khususnya pada era Pep Guardiola. Kehadirannya membuat Iniesta dan Xavi bisa leluasa untuk membantu penyerangan.

Busquets sendiri merupakan roda penggerak utama dalam gaya permainan tiki-taka. Ia tercatat dimainkan Guardiola sebanyak 191 pertandingan di enam kompetisi berbeda selama 4 tahun. Bahkan, setelah kepergian Guardiola, Busquets tetap menjadi sosok berpengaruh di Camp Nou.

5. Dani Alves 

5 Pemain Terbaik Barcelona Era Pep Guardiola, Messi hingga AlvesDani Alves (eurosport.com)

Dani Alves adalah salah satu pesepak bola paling berprestasi sepanjang sejarah. Pemain asal Brasil ini bergabung dengan Barcelona ketika Guardiola pertama kali diangkat sebagai pelatih utama. Pelatih yang saat ini berusia 50 tahun itu tanpa ragu langsung mengandalkan Alves di posisi bek sayap kanan.

Selama dilatih Guardiola, Alves tercatat bermain sebanyak 208 kali di semua kompetisi. Lebih istimewanya lagi, sang pemain mampu menciptakan 15 gol serta 68 assist dari seluruh laga itu. Dengan kualitasnya itu, Guardiola tak ragu menyebut Alves sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah dilatihnya.

 

Selain kelima nama di atas, Pep Guardiola juga tentunya mengandalkan pemain lainnya. Momen apa saja yang paling kamu ingat ketika Guardiola menangani Blaugrana?

Baca Juga: 5 Bek Kanan Terbaik Sepanjang Sejarah Sepak Bola, Ada Dani Alves!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya