5 Pemain Top yang Pernah Singgah di Chelsea dalam Waktu Singkat

Ada pemain yang hanya tampil dua kali, lho! 

Chelsea dikenal sebagai klub dengan segudang prestasi. Dalam beberapa tahun terakhir, klub asal London Barat itu selalu diperkuat oleh deretan pemain bintang. Ada pemain bintang yang didapatkan secara gratis, ada juga yang dibeli dengan nominal besar.

Dari sekian pemain top itu, ada beberapa nama yang singgah di Stamford Bridge dalam waktu yang cukup singkat. Siapa saja mereka?

1. Alexandre Pato 

5 Pemain Top yang Pernah Singgah di Chelsea dalam Waktu SingkatAlexandre Pato (twitter.com/squawka)

Alexandre Pato merupakan salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki timnas Brasil. Sepanjang kariernya, ia tercatat delapan kali bergonta-ganti klub. Sang pemain bergabung bersama Chelsea dengan status pinjaman selama 6 bulan pada Januari—Juli 2016.

Ketika itu, Pato hanya tampil sebanyak 2 kali dan mencetak 1 gol. Karena performanya dianggap tidak memuaskan, ia dikembalikan ke Corinthians. Kini pria berumur 32 tahun tersebut membela tim MLS, Orlando City.

2. Samuel Eto’o  

5 Pemain Top yang Pernah Singgah di Chelsea dalam Waktu SingkatSamuel Eto'o (planetfootball.com)

Samuel Eto’o bisa dibilang sebagai penyerang terhebat dalam sejarah sepak bola Kamerun. Ia pernah membela sejumlah tim elite Eropa, seperti Real Madrid, Barcelona, Inter Milan, hingga Chelsea. Ia bergabung dengan klub terakhir tersebut dengan status bebas transfer pada musim panas 2013.

Eto’o hanya tampil di Stamford Bridge selama 1 musim. Dari 35 pertandingan di semua ajang, sang pemain mampu menciptakan 12 gol serta 7 assist. Setelah membela The Blues, Eto’o melanjutkan kariernya bersama Everton.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Pernah Membela Chelsea dan PSG, Kurzawa menyusul?

3. Ricardo Quaresma 

5 Pemain Top yang Pernah Singgah di Chelsea dalam Waktu SingkatRicardo Quaresma (skysports.com)

Chelsea menjadi satu-satunya klub asal Inggris yang pernah diperkuat Ricardo Quaresma. Pria asal Portugal itu hengkang ke Stamford Bridge dari Inter Milan dengan status pinjaman pada Januari 2009. Ia bermain di Premier League sampai Juli 2009.

Dalam periode yang singkat tersebut, Quaresma tampil sebanyak lima kali. Di samping itu, sang pemain hanya mencatatkan satu assist di pertandingan Piala FA saat melawan Coventry. Kini pemain berusia 38 tahun itu bermain untuk tim Portugal, Vitoria Guimaraes SC.

4. Juan Cuadrado  

5 Pemain Top yang Pernah Singgah di Chelsea dalam Waktu SingkatJuan Cuadrado (twitter.com/chelseafc)

Juan Cuadrado direkrut Chelsea dari klub Italia, Fiorentina, pada bursa transfer musim dingin 2015. Pemain asal Kolombia ini dibeli dengan nominal sebesar 31 juta euro atau setara Rp503 miliar. Sang pemain tercatat hanya bermain di Stamford Bridge selama 6 bulan.

Setelah itu, Cuadrado dipinjamkan ke Juventus selama 2 musim. Pada musim panas 2017, Cuadrado dipermanenkan Bianconeri seharga 20 juta euro atau Rp324 miliar. Sementara itu, sang pemain hanya mencatatkan 15 laga dan menciptakan 1 assist bersama Chelsea.

5. Deco  

5 Pemain Top yang Pernah Singgah di Chelsea dalam Waktu SingkatDeco (skysports.com)

Deco menghabiskan sebagian besar kariernya untuk bermain bersama klub-klub asal Portugal. Pada musim panas 2004, ia direkrut oleh Barcelona dari Porto dengan biaya senilai 21 juta euro atau setara Rp341 miliar. Deco tampil cukup impresif bersama tim Spanyol itu dan sukses memenangi sejumlah trofi bergengsi, termasuk gelar Liga Champions 2005/2006.

Deco kemudian digaet Chelsea dengan harga 10 juta euro atau Rp162 miliar pada 2008. Selama 2 tahun membela The Blues, ia sukses menciptakan 6 gol dan 5 assist dalam 58 pertandingan di semua ajang. Sempat hengkang ke Fluminense, Deco lalu memutuskan gantung sepatu pada 2013.

Tentunya ada banyak faktor yang membuat mereka gagal bertahan lama di Stamford Bridge. Kendati begitu, kelima pemain di atas patut berbangga diri karena pernah menjadi bagian dari klub yang baru saja menjadi juara Piala Dunia Antarklub tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain yang Membuat Momen Singkat tapi Mengesankan di Premier League

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya