5 Pemain yang Bersinar Setelah Meninggalkan Barcelona, Ada Thiago 

Deretan pemain-pemain top! 

Bermain bersama tim sekelas Barcelona merupakan mimpi dari kebanyakan pemain sepak bola. Namun pada kenyataannya, tidak semua pemain mampu tampil apik bersama raksasa Spanyol tersebut. Alhasil, para pemain yang gagal di Blaugrana tersebut memilih untuk melanjutkan karier bersama tim lain demi mendapatkan performa terbaiknya lagi.

Bahkan tidak sedikit para pemain yang memilih meninggalkan Barcelona malah mampu tampil menjanjikan bersama klub lain. Lalu, siapa saja pemain tersebut? Check this out!

1. Yaya Toure 

5 Pemain yang Bersinar Setelah Meninggalkan Barcelona, Ada Thiago bleacherreport.com/Manuel Queimadelos Alonso/Getty Images

Yaya Toure meninggalkan Barcelona pada musim panas 2010. Ia memilih melanjutkan kariernya bersama Manchester City setelah ditebus dengan biaya 30 juta euro atau sekitar Rp519 miliar. Meski nilainya cukup besar saat itu, kualitas yang dipertontonkan sang pemain sangat sebanding dengan harga tersebut.

Ia sukses memerankan diri sebagai gelandang box-to-box di lini tengah Manchester City dengan sangat baik. Pemain asal Pantai Gading itu menjadi sosok yang tak tergantikan di bawah asuhan Roberto Mancini.

Total selama delapan musim bermain untuk The Cityzens, Toure telah bermain sebanyak 316 pertandingan dan membukukan 79 gol dan 50 assist. Tak hanya itu, ia juga menyumbang tiga gelar Premier League, yaitu pada musim 2011/12, 2013/14 dan 2017/18.

2. Zlatan Ibrahimovic 

5 Pemain yang Bersinar Setelah Meninggalkan Barcelona, Ada Thiago goal.com

Transfer Zlatan Ibrahimovic ke Barcelona pada musim panas 2009 membuat Samuel Eto’o bergabung dengan Inter Milan. Sayangnya, karier Ibra di Spanyol tidak sesuai yang diharapkan. Hubungannya yang kurang baik dengan sang pelatih, Pep Guardiola membuat ia dipinjamkan ke AC Milan semusim setelahnya.

Tercatat, pemain asal Swedia itu hanya membukukan 22 gol dari 46 pertandingan di semua ajang. Sempat dipinjamkan beberapa musim, Ibra kemudian dipermanenkan oleh AC Milan pada musim panas 2011.

Performanya yang apik membuat sang pemain direkrut oleh Paris Saint-Germain pada musim panas 2012. Bersama raksasa Prancis tersebut, ia berhasil menemukan permainan terbaiknya dan menjadi penyerang yang haus gol di Eropa.

Baca Juga: Jarang Diketahui, 5 Pemain Top Ini Ternyata Pernah Main di Barcelona

3. Cesc Fabregas 

5 Pemain yang Bersinar Setelah Meninggalkan Barcelona, Ada Thiago goal.com

Cesc Fabregas bermain untuk Barcelona sebanyak dua kali dan meninggalkannya sebanyak dua kali pula. Gelandang asal Spanyol itu merupakan pemain yang menimba ilmu di akademi La Masia. Namun, ia dibeli Arsenal saat usianya masih 16 tahun pada musim panas 2003. Bersama klub asal London itu, ia tampil sangat memukau sebagai pemain muda dan bahkan dipercayai sebagai kapten tim.

Fabregas berhasil membukukan 57 gol dan 92 assist dari 304 pertandingan bersama Arsenal. Performa apiknya itu membuat ia direkrut oleh Barcelona pada musim panas 2011.

Karena sang pemain terlihat kesulitan untuk mendapatkan starter reguler di klub asal Catalan tersebut, ia memilih kembali lagi ke Premier League bersama Chelsea. Performa Fabregas sendiri cukup menjanjikan bersama The Blues karena berhasil mempersembahkan trofi Premier League, Piala FA, Piala Liga, dan Piala Europa.

4. Alexis Sanchez 

5 Pemain yang Bersinar Setelah Meninggalkan Barcelona, Ada Thiago bleacherreport.com/Getty Images

Alexis Sanchez meninggalkan Barcelona dengan bergabung bersama Arsenal pada musim panas 2014. Pemain asal Chile itu harus angkat kaki dari Camp Nou karena Barca mendatangkan Neymar dari Santos. Setelah sempat menjadi penghangat bangku cadangan di Barcelona, Sanchez sukses tampil gemilang bersama Arsenal.

Ia menjadi pemain andalan dan perannya tak tergantikan di lini depan. Tercatat ia berhasil mencetak 60 gol dan 25 assist dari 122 pertandingan di Premier League. Kecepatan serta fleksibilitas sang pemain membuat Sanchez langsung menyetel dengan kultur sepak bola Inggris. Sayangnya keputusan sang pemain untuk meninggalkan Arsenal malah membuat kariernya menurun drastis. Kini, ia bermain di Serie A bersama Inter Milan.

5. Thiago Alcantara 

5 Pemain yang Bersinar Setelah Meninggalkan Barcelona, Ada Thiago bleacherreport.com/David Ramos/Getty Images

Thiago Alcantara melakukan debutnya dengan tim senior Barcelona pada tahun 2009. Selama bermain untuk tim utama tersebut, ia mampu mencatatkan 100 pertandingan  dan menciptakan 11 gol dan 20 assist. Karena jarang menjadi starter reguler, ia memilih untuk hengkang dan bergabung dengan Bayern Munchen pada musim panas 2013.

Bersama raksasa Jerman itu, Thiago tampil lebih menjanjikan dan berhasil menjadikan dirinya sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia. Kualitas permainan di atas rata-rata yang dimiliki sang pemain sukses mengantarkan Bayern Munchen meraih sejumlah trofi bergengsi, termasuk Liga Champions di musim lalu. Saat ini, ia bermain untuk klub raksasa Premier League, Liverpool.

 

Bermain dengan klub elite seperti Barcelona memang tidak menjamin karier seorang pemain akan bersinar. Buktinya, para pemain tersebut malah lebih bersinar setelah tampil dengan tim lain.

Baca Juga: 5 Pemain yang Kariernya Meredup Setelah Bergabung dengan Barcelona 

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya