5 Pemain yang Performanya Paling Impresif di Piala Afrika Sejauh Ini

Sebagian besar merupakan pemain di kompetisi elite Eropa 

Piala Afrika 2021 sebentar lagi akan berakhir. Pasalnya, turnamen tersebut sudah sampai pertandingan final. Laga puncak akan mempertemukan Senegal melawan Mesir pada Senin (7/2/2022) pukul 02.00 WIB.

Sejauh ini ada beberapa pemain yang mendapatkan sorotan lebih di turnamen itu. Sebab, penampilan mereka sangat impresif. Siapa saja mereka? Check this out!

1. Mohamed Salah (Mesir) 

5 Pemain yang Performanya Paling Impresif di Piala Afrika Sejauh IniMohamed Salah ketika bermain untuk Timnas Mesir. (africatopsports.com)

Mohamed Salah tampil sangat luar biasa bersama Liverpool pada musim 2021/2022. Namun, penampilannya belum terlalu menjanjikan bersama Mesir di turnamen Piala Afrika sejauh ini. Ia baru menciptakan 2 gol dan 1 assist dari 6 pertandingan yang telah dilalui.

Meski kontribusinya belum terlalu besar, tetapi Salah berhasil membawa klubnya mencapai pertandingan final. Perjalanan Mesir sendiri tidak mudah untuk mencapai laga puncak. Pasalnya, mereka harus mengalahkan Maroko di babak perempat final dan mengalahkan Kamerun di semifinal.

2. Sadio Mane (Senegal) 

5 Pemain yang Performanya Paling Impresif di Piala Afrika Sejauh IniSadio Mane ketika bermain untuk Timnas Senegal. (thisisanfield.com)

Sadio Mane adalah pemain kunci Senegal sepanjang pergelaran Piala Afrika 2021. Pemain berusia 29 tahun itu sudah tampil baik sejauh ini dengan mengoleksi 3 gol serta 2 assist dalam 6 pertandingan. Catatan golnya itu membuat Mane berada di urutan ketiga dalam daftar top skor sementara.

Mane masih berpeluang menambah koleksi golnya mengingat Senegal bakal menghadapi Mesir di pertandingan final. Penampilan terbaik Mane datang ketika timnya menghadapi Burkina Faso di babak semifinal. Ketika itu ia mampu mencetak 1 gol dan 1 assist sekaligus membawa Senegal menang dengan skor 3-1.

3. Achraf Hakimi (Maroko) 

5 Pemain yang Performanya Paling Impresif di Piala Afrika Sejauh IniAchraf Hakimi ketika bermain untuk Timnas Maroko. (psgtalk.com)

Achraf Hakimi merupakan salah satu pemain yang performanya sangat konsisten sepanjang pergelaran Piala Afrika 2021. Sayangnya, Maroko harus tersingkir di babak perempat final karena kalah 1-2 dari Mesir lewat babak tambahan waktu. Meski berposisi sebagai bek sayap, tetapi Hakimi tampil sangat menjanjikan di ajang tersebut.

Ia mampu menciptakan 2 gol serta 1 assist dari 5 pertandingan. Momen terbaiknya tercipta saat Maroko melawan Malawi di babak 16 besar. Hakimi saat itu berhasil menyumbangkan satu gol di menit ke-70 sekaligus membawa klubnya menang dengan skor tipis 2-1.

Baca Juga: Sadio Mane Akhirnya Bikin Gol Lagi di Piala Afrika 2021

4. Karl Toko Ekambi (Kamerun) 

5 Pemain yang Performanya Paling Impresif di Piala Afrika Sejauh IniKarl Toko Ekambi ketika bermain untuk Timnas Kamerun. (twitter.com/English_AS)

Kamerun adalah tuan rumah Piala Afrika 2021. Dengan status tersebut, tidak mengherankan jika para pemain Kamerun sangat bersemangat menyambut turnamen kali ini. Penyerang sayap Kamerun, Karl Toko Ekambi bermain sangat impresif sejauh ini.

Dari 6 laga yang telah dilalui, ia mampu menciptakan 5 gol. Torehan itu membuat pemain Olympique Lyon itu berada di urutan kedua dalam daftar top skor.

5. Vincent Aboubakar (Kamerun) 

5 Pemain yang Performanya Paling Impresif di Piala Afrika Sejauh IniVincent Aboubakar ketika bermain untuk Timnas Kamerun. (as.com)

Vincent Aboubakar merupakan penyerang andalan Kamerun di Piala Afrika 2021. Pria berusia 30 tahun itu tampil sangat menjanjikan sepanjang babak fase grup. Hanya dari 3 laga, ia mampu menciptakan 5 gol.

Setelah itu, Aboubakar kembali mencetak 1 gol dan 1 assist di babak 16 besar ketika melawan Komoro. Jika ditotal, Aboubakar mampu membukukan 6 gol sejauh ini. Catatan itu membuat dirinya menjadi pencetak gol terbanyak di turnamen tersebut.

Mengingat masih ada perebutan tempat ketiga dan laga final, mereka masih berpeluang untuk menambah lagi koleksi golnya, kecuali Achraf Hakimi. Kira-kira siapa yang bakal meraih penghargaan top skor di akhir turnamen?

Baca Juga: 6 Pemain Premier League yang Jadi Top Skor Timnas, Mane Terbaru

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya