5 Pembelian Pertama Jurgen Klopp di Liverpool, Bagaimana Kabarnya? 

Dari Marko Grujic hingga Loris Karius 

Jurgen Klopp menangani Liverpool pertama kali pada Oktober 2015. Kiprahnya bersama tim berjuluk The Reds ini bisa dibilang sangat mentereng, terutama dalam beberapa musim terakhir.

Sejauh ini, pelatih asal Jerman itu telah mempersembahkan empat trofi bagi pendukung Liverpool. Salah satu hal yang membuat perjalanan Klopp sukses sejauh ini tentu karena kejeliannya dalam memboyong pemain baru.

Bisa dibilang, hampir semua rekrutannya berhasil tampil apik bersama tim asal Merseyside tersebut, terutama yang transfernya melibatkan uang banyak. Lantas, siapa saja pembelian pertama Jurgen Klopp saat melatih Liverpool? Bagaimana kabar mereka saat ini? Berikut ulasannya.

1. Marko Grujic 

5 Pembelian Pertama Jurgen Klopp di Liverpool, Bagaimana Kabarnya? goal.com/Getty Images

Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini menjadi pembelian pertama Jurgen Klopp di Liverpool. Grujic diboyong pada musim dingin 2016 dari klub Serbia, Red Star Belgrade dengan biaya 7 juta euro atau sekitar Rp120 miliar.

Sayangnya selama waktunya di Anfield, ia tak pernah dipercayai untuk tampil secara kontinu. Tercatat, sang pemain hanya bermain sebanyak 16 laga di semua ajang.

Karena tak kunjung mendapatkan tempat inti di bawah asuhan Jurgen Klopp, Grujic sempat beberapa kali dipinjamkan. Saat ini, ia kembali dipinjamkan dan bermain untuk tim Portugal, FC Porto.

2. Steven Caulker 

5 Pembelian Pertama Jurgen Klopp di Liverpool, Bagaimana Kabarnya? teamtalk.com

Steven Caulker menjadi bagian dari Liverpool pada bursa transfer musim dingin 2016. Ia didatangkan dari sesama klub Inggris, Queens Park Rangers dengan status peminjaman. Selama waktunya di Liverpool, pemain yang berposisi sebagai bek ini hanya mencatatkan empat pertandingan saja.

Lebih mirisnya, ia hanya sekali mencatatkan permainan penuh selama 90 menit saat di ajang Piala FA. Sementara di tiga laga yang lain, Caulker hanya masuk sebagai pemain pengganti menjelang pertandingan selesai.

Karena minimnya menit bermain, ia hanya bertahan selama enam bulan di Liverpool. Kini, pemain berusia 28 tahun itu bermain untuk klub Turki, Alanyaspor.

3. Joel Matip 

5 Pembelian Pertama Jurgen Klopp di Liverpool, Bagaimana Kabarnya? liverpoolfc.com

Setelah cukup lama bermain dengan Schalke di kompetisi Jerman, Joel Matip melanjutkan perjalanan kariernya bersama Liverpool pada musim panas 2016. Ia saat itu diboyong oleh Jurgen Klopp dengan gratis karena kontraknya telah selesai dengan tim asal Jerman tersebut.

Selama berseragam Liverpool, pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini mampu tampil solid dan selalu menciptakan 30 pertandingan lebih setiap musimnya, kecuali pada periode musim lalu karena masalah cedera. Di musim ini, pemain asal Kamerun itu menjadi salah satu pemain yang mulai kehilangan tempat intinya di Liverpool.

Namun karena sebagian pemain andalan cedera, Matip sempat beberapa kali diberikan kepercayaan lagi untuk bermain oleh Klopp. Secara keseluruhan, sang pemain sudah memainkan 120 pertandingan bersama The Reds di semua ajang.

4. Sadio Mane 

5 Pembelian Pertama Jurgen Klopp di Liverpool, Bagaimana Kabarnya? goal.com/Getty Images

Sadio Mane diboyong oleh Jurgen Klopp pada musim panas 2016 dari sesama klub Premier League, Southampton. Untuk mendapatkan jasa pemain asal Senegal itu, The Reds harus mengeluarkan dana yang cukup dalam, yakni 41,2 juta euro atau sekitar Rp709 miliar.

Meski terbilang cukup mahal saat itu, Mane berhasil membayarnya dengan penampilan yang menjanjikan di atas lapangan. Ia menjadi sosok yang tak tergantikan di lini depan Liverpool hingga saat ini.

Bersama Mohamed Salah dan Roberto Firmino, mereka sukses membentuk trio penyerang yang menakutkan di Eropa. Selama bermain untuk Liverpool, Mane sudah membukukan 87 gol dan 38 assist dari 190 pertandingan di berbagai kompetisi.

5. Loris Karius 

5 Pembelian Pertama Jurgen Klopp di Liverpool, Bagaimana Kabarnya? bleacherreport.com/David Ramos/Getty Images

Loris Karius didatangkan oleh Liverpool dari klub Jerman, FSV Mainz 05 pada musim panas 2016 dengan biaya yang cukup murah, yaitu 6,2 juta euro atau sekitar Rp106 miliar. Awalnya, ia menjadi langganan di bawah mistar gawang Liverpool. Namun kesalahan besar yang dilakukannya pada final Liga Champions 2017/2018 melawan Real Madrid membalikkan semua cerita.

Ia mulai tersingkir dari skuad Liverpool dan sempat dipinjamkan ke klub Turki, Besiktas selama dua musim. Meski telah kembali menemukan kepercayaan dirinya, Karius tetap tak mampu menyakinkan Jurgen Klopp lagi.

Buktinya, ia saat ini kembali dipinjamkan ke tim Jerman, Union Berlin. Sepertinya, sudah tidak ada lagi tempat untuk sang kiper di Liverpool saat ini. Sebab, Klopp lebih mempercayakan Alisson Becker di posisi tersebut.

 

Dari kelima pemain tersebut, Mane sepertinya menjadi salah satu pembelian pertama paling sukses Jurgen Klopp saat di Liverpool. Setuju?

Baca Juga: 5 Rekrutan Terbaik Jurgen Klopp yang Sukses Membawa Liverpool Berjaya

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya