5 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Arsenal, Bergkamp Salah Satunya!

Deretan legenda terbaik The Gunners!

Arsenal merupakan salah satu klub tersukses dalam sejarah Inggris. Tim yang dijuluki The Gunners ini sudah memenangi begitu banyak trofi domestik, termasuk gelar Liga Inggris. Keberhasilan yang dicapai oleh klub London Utara itu tentu tidak terlepas dari kontribusi para pemain andalannya.

Sejak dulu, Arsenal memang dikenal memiliki pemain-pemain berkualitas di skuad utama. Dalam sejarahya, sudah banyak pemain top yang mencetak banyak gol untuk Arsenal. Bahkan, tidak sedikit pula pemain veteran yang berhasil mencetak gol. Lantas, siapa saja pemain tersebut? Check this out!

Baca Juga: 8 Pemain Jebolan Serie A Italia yang Sukses Bersama Arsenal

1. Dennis Bergkamp

5 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Arsenal, Bergkamp Salah Satunya!goal.com

Pencetak gol tertua sepanjang sejarah Arsenal adalah Dennis Bergkamp. Pemain asal Belanda ini mencatatkan gol terakhirnya untuk The Gunners saat usianya 36 tahun, 11 bulan, dan 5 hari. Ketika itu, ia membukukan gol ke gawang West Bromwich Albion di ajang Premier League pada 15 April 2006.

Bergkamp sukses menciptakan gol pada menit ke-89 setelah menerima umpan dari Emmanuel Eboue. Gol tersebut sekaligus menutup pertandingan untuk kemenangan Arsenal dengan skor 3-1. Pada bulan Juli, ia kemudian memutuskan untuk gantung sepatu.

2. Lee Dixon

5 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Arsenal, Bergkamp Salah Satunya!express.co.uk

Lee Dixon mulai bermain dengan Arsenal pada tahun 1988. Saat itu, ia diboyong dari sesama klub Inggris, Stoke City. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini mencetak gol terakhirnya untuk Arsenal pada 30 Desember 2000 di ajang Premier League.

Dixon ketika itu mencetak gol ke gawang Sunderland pada menit ke-40 sekaligus membawa timnya unggul 2-0. Sayangnya, gol tersebut tidak mampu membawa Arsenal menang karena pertandingan itu berakhir dengan skor 2-2. Usia sang pemain saat itu masih 36 tahun, 9 bulan, dan 13 hari. Dixon sendiri berhasil mencetak 17 gol dan 9 assist dari 460 pertandingan bersama Arsenal di semua ajang.

3. Nigel Winterburn

5 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Arsenal, Bergkamp Salah Satunya!arsenal.com

Nigel Winterburn bermain dengan Arsenal selama 13 musim dari tahun 1987 hingga 2000. Pemain yang beroperasi di posisi bek kiri ini hanya menciptakan 6 gol selama kariernya di Arsenal. Gol terakhirnya untuk The Gunners tercipta saat sang pemain berusia 35 tahun 11 bulan 14 hari.

Ketika itu, Winterburn membukukan gol ke gawang FC Nantes dalam lanjutan UEFA Cup atau Liga Europa pada 25 November 1999. Di pertandingan yang berakhir dengan skor 3-0 itu, ia mencetak gol kedua bagi Arsenal pada menit ke-81 setelah menerima umpan dari Patrick Vieira.

4. Sol Campbell

5 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Arsenal, Bergkamp Salah Satunya!goal.com

Sol Campbell membela Arsenal pada dua periode yang berbeda. Di kesempatan pertama, ia bermain dengan Arsenal selama 5 musim dari tahun 2001 hingga 2006. Saat itu, pemain asal Inggris ini ikut menyumbangkan sejumlah gelar termasuk 2 trofi Premier League. Sempat bergonta-ganti klub, sang pemain kemudian kembali lagi ke tim asuhan Arsene Wenger pada tahun 2010.

Meski hanya membela tim selama 6 bulan, Campbell memberikan dampak yang lumayan bagi Arsenal. Ia juga turut menyumbang gol di ajang Liga Champions saat melawan FC Porto pada 17 Februari 2010. Akan tetapi, golnya itu tak mampu membawa Arsenal menang karena harus kalah dengan skor 2-1 di kandang Porto. Usia sang pemain saat itu 35 tahun, 4 bulan, dan 30 hari.

5. John Hollins

5 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Arsenal, Bergkamp Salah Satunya!arsenal.com

John Hollins merupakan pemain yang membela Arsenal di era '70-an akhir hingga awal '80-an. Ia berseragam The Gunners selama 4 musim. Meski usianya saat itu sudah tidak lagi muda, sang pemain tetap mendapatkan kepercayaan untuk bermain.

Dari 34 laga yang dijalani dengan Arsenal, Hollins hanya membukukan 3 gol. Gol terakhir diciptakan sang pemain saat melawan klub Belgia, KRC Genk di UEFA Cup atau Liga Europa pada 3 November 1981. Saat itu, pemain yang beroperasi di posisi gelandang ini berusia 35 tahun, 4 bulan, dan 18 hari.

 

Kini, kelima pemain tersebut sudah pensiun dari lapangan hijau. Dalam beberapa tahun ke depan, rekor tersebut sepertinya tidak akan berubah. Pasalnya, pemain Arsenal paling tua saat ini adalah David Luiz yang berusia 33 tahun.

Baca Juga: 5 Pemain yang di Luar Dugaan Dijual Arsenal, Ada Robin Van Persie!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya