Comscore Tracker

5 Penyerang Arsenal Terhebat Sepanjang Sejarah, Rajanya Mencetak Gol!

Mereka merupakan pemain kunci Arsenal pada eranya

Arsenal adalah salah satu klub dengan penggemar terbanyak di dunia. Semua itu tidak terlepas dari prestasi yang diraih oleh The Gunners sejauh ini. Klub yang bermarkas di Stadion Emirates ini selalu dikenal memiliki deretan pemain hebat di setiap musimnya. Khusus posisi penyerang, banyak sekali pemain ternama yang sukses bersama Arsenal.

Beberapa nama bahkan dianggap sebagai legenda klub karena dedikasi yang luar biasa. Berikut ini lima penyerang terhebat dalam sejarah The Gunners.

1. Robin van Persie

5 Penyerang Arsenal Terhebat Sepanjang Sejarah, Rajanya Mencetak Gol!Robin van Persie. (goal.com)

Robin van Persie banyak digunakan sebagai pemain sayap selama lima musim pertamanya bersama Arsenal karena kehadiran Thierry Henry dan Emmanuel Adebayor. Namun, pemain asal Belanda itu berkembang menjadi salah satu striker paling mematikan di Premier League selama tiga musim terakhirnya bersama The Gunners.

Bersama Arsenal, van Persie sukses menciptakan 96 gol dalam 194 pertandingan di Premier League. Ia mencetak 57 gol dari 79 penampilan dalam tiga musim terakhirnya di Stadion Emirates. Van Persie bahkan meraih sepatu emas di musim terakhirnya bersama Arsenal dengan mencetak 30 gol dalam 38 laga. Ia kemudian bermain untuk Manchester United, Fenerbahce, dan Feyenoord sebelum akhirnya pensiun pada 2019.

2. Cliff Bastin 

5 Penyerang Arsenal Terhebat Sepanjang Sejarah, Rajanya Mencetak Gol!Cliff Bastin. (arsenal.com)

Nama Cliff Bastin mungkin tidak terlalu familier bagi para pendukung Arsenal saat ini. Maklum saja, sang pemain merupakan bagian dari Arsenal pada tahun 1920-an hingga 1940-an. Ia menghabiskan kariernya bersama Arsenal selama 18 musim sejak tahun 1929 hingga 1947.

Penyerang asal Inggris ini sempat menjadi pencetak gol terbanyak The Gunners selama beberapa dekade sebelum akhirnya dipecahkan oleh Ian Wright pada tahun 1997. Selama berseragam Arsenal, Bastin berhasil memenangi total 7 gelar juara, termasuk 5 trofi Liga Inggris. Saat ini ia berada di urutan ketiga dalam daftar pencetak gol terbanyak Arsenal sepanjang masa.

Baca Juga: 10 Pemain Era Modern yang Membela Arsenal Lebih dari Satu Dekade

3. Ian Wright 

5 Penyerang Arsenal Terhebat Sepanjang Sejarah, Rajanya Mencetak Gol!Ian Wright. (goal.com)

Selama 7 musim berseragam Arsenal, Ian Wright merupakan salah satu penyerang yang sangat ditakuti di Premier League. Ia dikenal memiliki kecepatan lari yang kencang, akselerasi, dan finishing-nya yang sangat baik. Wright juga ikut mengantarkan Arsenal meraih gelar juara Premier League, Piala FA, Piala EFL, dan Piala Winners Eropa.

Wright berhasil memenangi sepatu emas di musim debutnya bersama Arsenal dengan mengoleksi 24 gol dalam 30 pertandingan. Semasa membela The Gunners, ia mampu menciptakan total 185 gol dari 288 pertandingan. Catatan itu sempat membuat dirinya menjadi pencetak gol terbanyak sebelum akhirnya dilewati oleh para pemain lain. Meski tampil baik bersama Arsenal, Wright kesulitan untuk menemukan performa terbaiknya dengan Timnas Inggris karena adanya sosok Alan Shearer, Andy Cole, dan Teddy Sheringham di lini depan.

4. Dennis Bergkamp 

5 Penyerang Arsenal Terhebat Sepanjang Sejarah, Rajanya Mencetak Gol!Dennis Bergkamp. (fifa.com)

Visi dan gaya permainannya yang bagus membuat nama Dennis Bergkamp langsung mencuat bersama Arsenal. Pemain asal Belanda ini didatangkan oleh The Gunners pada tahun 1995 dari Inter Milan. Ia kerap kali dipasang oleh Arsene Wenger sebagai penyerang kedua di belakang Thierry Henry dan Ian Wright.

Berkat kehadiran Bergkamp, Arsenal semakin dominan dalam gaya passing yang berbasis penguasaan bola. Ia memang bukanlah pencetak gol yang produktif bagi Arsenal. Namun, Bergkamp sering berperan aktif dalam menciptakan peluang dan memberikan assist untuk para rekannya. Bergkamp berhasil mencetak 120 gol dalam 423 pertandingan bersama The Gunners. Ia membantu tim memenangi tiga gelar Premier League dan empat trofi Piala FA.

5. Thierry Henry 

5 Penyerang Arsenal Terhebat Sepanjang Sejarah, Rajanya Mencetak Gol!Thierry Henry. (goal.com)

Thierry Henry baru-baru ini menjadi salah satu dari dua pemain pertama yang masuk ke dalam daftar Hall of Fame Premier League bersama Alan Shearer. Semua itu tidak terlepas dari performa impresifnya selama berseragam Arsenal. Pria asal Prancis itu dianggap sebagai salah satu penyerang paling lengkap yang pernah berkarier di Premier League.

Henry tercatat memenangi penghargaan sepatu emas Premier League sebanyak 4 kali bersama Arsenal. Ia juga turut menyumbangkan 2 gelar Premier League dan 2 Piala FA. Henry juga sukses membukukan 226 gol hanya dari 370 pertandingan untuk Arsenal. Catatan itu membuat mantan pemain AS Monaco tersebut menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Arsenal. Sebagai bentuk tanda terima kasih, klub membuat patung Henry di luar Stadion Emirates.

 

Itulah lima penyerang terhebat sepanjang sejarah Arsenal. Dari nama-nama tersebut, siapa penyerang idolamu, Gonners?

Baca Juga: 7 Pemain Jebolan Akademi Arsenal yang Tampil di Piala Eropa 2020

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya