5 Rekor yang Berhasil Dipecahkan Lionel Messi di Tahun 2020 

Apakah capaian ini telah membuatnya sebagai yang terbaik? 

Lionel Messi bisa dibilang sebagai salah satu pesepak bola dengan catatan rekor terbanyak di dunia. Semua itu tentu tidak terlepas dari kontribusinya yang diberikan kepada klub maupun negaranya. Walau usianya kini sudah tidak lagi muda, 33 tahun, ia masih mampu mencatatkan torehan terbaiknya bersama Barcelona.

Di tahun 2020 ini, sejumlah rekor berhasil dipecahkan oleh La Pulga. Lantas, rekor apa saja yang mampu diciptakan oleh pemain asal Argentina itu? Berikut ulasannya!

1. Pemain pertama yang berhasil mencatatkan 500 kemenangan di kancah sepak bola Spanyol 

5 Rekor yang Berhasil Dipecahkan Lionel Messi di Tahun 2020 bleacherreport.com/Quality Sport Images/Getty Images

Lionel Messi telah berlaga di La Liga selama satu setengah dekade. Ia sudah mencatatkan banyak keberhasilan bersama Barcelona di pentas tertinggi Spanyol tersebut. Tak mengherankan, jika jarang sekali ada pemain yang mampu memberikan kontribusi seperti yang dilakukan oleh Messi.

Di tahun ini, pemain asal Argentina itu menjadi pesepak bola pertama dalam sejarah LaLiga dengan mencatatkan 500 kemenangan selama kariernya. Catatan itu tercipta saat Barcelona berhasil mengalahkan Leganes pada Januari di musim 2019/20.

2. Pemain dengan catatan gol ke klub berbeda terbanyak di Liga Champions 

5 Rekor yang Berhasil Dipecahkan Lionel Messi di Tahun 2020 skysports.com

Kehebatan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi di ajang Liga Champions memang sangat mendominasi dalam beberapa tahun terakhir. Karena penampilan apik kedua pemain itu, tak banyak nama-nama yang menonjol di kompetisi tertinggi di Eropa tersebut, terlebih lagi saat Ronaldo masih di Real Madrid.

Messi sendiri berhasil melampaui catatan Ronaldo sebagai pemain dengan torehan gol ke tim berbeda terbanyak di Liga Champions. La Pulga telah mencetak gol melawan 36 tim yang berbeda di Liga Champions.

Sang pemain juga mencetak gol melawan tim dari 16 negara berbeda. Sementara itu, Ronaldo berada di belakangnya, dan telah mencetak gol melawan 33 tim berbeda di Liga Champions.

Baca Juga: 5 Faktor Tumpulnya Lionel Messi Bersama Ronald Koeman

3. Pemain pertama yang mencetak total 1000 gol dan assist

5 Rekor yang Berhasil Dipecahkan Lionel Messi di Tahun 2020 goal.com/Getty Images

Meski sudah tidak lagi muda dan tentunya sudah mulai menurun secara kualitas, Messi tetap menorehkan catatan apik di tahun ini. Ia masih memainkan peran besar di skuat Barcelona, walau dimainkan di posisi manapun. Karena visi permainannya yang sangat baik, sang pemain berhasil membukukan banyak gol serta assist.

Pada Februari awal tahun ini, Lionel Messi menjadi pemain pertama dalam sejarah sepak bola yang berhasil mencapai angka 1000 untuk gol dan assist jika digabungkan.

Sementara di musim 2019/20, Lionel Messi mencetak 28 gol dan memberikan 24 assist dari 41 pertandingan di La Liga dan Liga Champions. Angka tersebut tentu capaian yang sangat luar biasa, dan menunjukkan bahwa kualitas Messi berada di atas para pemain lain.

4. Pemain pertama yang mencetak 20 gol lebih dalam 12 musim beruntun di La Liga

5 Rekor yang Berhasil Dipecahkan Lionel Messi di Tahun 2020 football-espana.net

Lionel Messi sudah dipandang sebagai pesepak bola terbaik karena performanya yang stabil bersama Barcelona. Ia selalu tampil di level teratas dan mempu memberikan dampak yang signifikan di skuad Blaugrana.

Di tahun ini, La Pulga menjadi pemain pertama yang mencetak lebih dari 20 gol dalam 12 musim La Liga secara berturut-turut. Dari 12 musim itu, Messi berhasil mencetak 30 gol lebih dalam 8 musim.

Jika melihat penampilannya yang konsisten itu, tak mengherankan jika ia dijuluki sebagai pemain terbaik di dunia. Sementara untuk musim ini, ia sudah membukukan 7 gol dan 3 assist dari 14 pertandingan di La Liga.

5. Pencetak gol terbanyak hanya dengan satu klub

5 Rekor yang Berhasil Dipecahkan Lionel Messi di Tahun 2020 diazhub.com

Di era sepak bola yang modern seperti saat ini, kita sangat sulit menemukan pesepak bola yang setia hanya membela satu klub. Lionel Messi menjadi salah satu pemain yang masih memegang erat keyakinan itu dengan hanya membela Barcelona sepanjang kariernya. Karena hal itu, ia mendapatkan julukan ‘One Man One Club’.

Terbaru, Messi berhasil membuat rekor baru dengan melewati catatan legenda Brasil, Pele. La Pulga telah mencetakkan gol sebanyak 644 kali selama kariernya bermain di Barcelona. Torehan itu sekaligus melampaui milik Pele yang mampu membukukan 643 gol bersama Santos. Barang kali, catatan Messi yang satu ini akan bertahan cukup lama di buku rekor sepak bola.

 

Beberapa capaian Lionel Messi tersebut mungkin saja akan berlanjut hingga akhir musim ini. Sayangnya, pemain kelahiran Rosario, Argentina itu belum juga menandatangani kontrak baru bersama Barcelona yang akan berakhir di penghujung musim ini.

Baca Juga: 10 Top Skor Sepanjang Masa Barcelona, Lionel Messi Tak Terkejar!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya