5 Rekrutan Termahal Manchester United dari Klub LaLiga, Ada De Gea!

Siapa pembelian terbaik Manchester United?

Manchester United adalah salah satu klub tersukses dalam sejarah sepak bola. The Red Devils cukup sering merekrut pemain berkualitas dari klub-klub Eropa di luar Liga Inggris. Salah satu kompetisi yang beberapa kali pemainnya diboyong oleh Manchester United adalah LaLiga.

Setan Merah memilih LaLiga tentu bukan tanpa alasan. Pasalnya, kompetisi tertinggi di Spanyol itu selalu mengorbitkan bakat-bakat muda potensial. Berikut ini 5 pemain LaLiga yang dibeli Manchester United dengan biaya mahal.

1. Angel Di Maria – 75 Juta Euro

5 Rekrutan Termahal Manchester United dari Klub LaLiga, Ada De Gea!independent.co.uk

Angel Di Maria didatangkan ke Old Trafford dari Real Madrid pada musim panas 2014. Pemain Tim Nasional Argentina itu digaet Manchester United dengan biaya 75 juta euro atau setara dengan Rp1,2 triliun. Meski diboyong dengan harga yang sangat mahal, kebersamaan Di Maria dan Manchester United hanya bertahan semusim.

Pasalnya, ia merasa tak berhasil menemukan performa terbaiknya dan memilih hengkang ke Paris Saint-Germain. Selama di Inggris, pemain yang saat ini berusia 32 tahun itu hanya mencatatkan 4 gol dan 12 assist dari 32 pertandingan di semua ajang.

2. Eric Bailly – 38 Juta Euro

5 Rekrutan Termahal Manchester United dari Klub LaLiga, Ada De Gea!skysports.com

Manchester United membeli Eric Bailly dari Villarreal pada musim panas 2016. Bek asal Pantai Gading itu diboyong dengan biaya 38 juta euro atau setara dengan Rp643 miliar. Di beberapa musim awal, ia selalu menjadi andalan di lini pertahanan. Namun, masalah cedera membuat karier sang pemain sering kali terganggu di Old Trafford.

Bahkan, musim ini Bailly baru tampil sebanyak 7 laga di Premier League. Secara keseluruhan, bek berusia 26 tahun itu sudah membukukan 96 pertandingan bersama Setan Merah di berbagai kompetisi. Bailly juga berhasil memenangi trofi Piala Liga Inggris, Community Shield, dan Liga Europa.

3. Ander Herrera – 36 Juta Euro

5 Rekrutan Termahal Manchester United dari Klub LaLiga, Ada De Gea!manutd.com

Ander Herrera merupakan salah satu gelandang muda berbakat di LaLiga. Ia didatangkan Manchester United dengan biaya 36 juta euro atau setara Rp609 miliar pada musim panas 2014. Saat itu usia sang pemain masih tergolong muda, 24 tahun. Di awal kedatangannya, ia pun langsung menjadi idola baru bagi pendukung Setan Merah.

Meski posisi pelatih sering berganti, Herrera tetap mendapatkan tempat di lini tengah. Selama 5 musim membela Manchester United, pemain asal Spanyol itu berhasil mencatatkan 20 gol dan 27 assist dari 189 pertandingan di semua ajang. Ia memilih hengkang ke Paris Saint-Germain setelah kontraknya habis.

4. David De Gea – 25 Juta Euro

5 Rekrutan Termahal Manchester United dari Klub LaLiga, Ada De Gea!goal.com

David De Gea didatangkan Sir Alex Ferguson ke Old Trafford pada musim panas 2011. Ia dibeli dari Atletico Madrid saat usianya masih sangat muda, yaitu 20 tahun. Biaya sebesar 25 juta euro atau sekitar Rp423 miliar dikeluarkan oleh Setan Merah untuk merekrut sang kiper. Sempat dikritik karena tak cukup baik menjaga gawang MU, De Gea perlahan mulai menjelma menjadi salah satu kiper terbaik di Premier League.

Tak mengherankan jika kiper Tim Nasional Spanyol itu selalu menjadi andalan dalam beberapa musim terakhir. Sejauh ini, ia sudah menciptakan 152 clean sheet dari 431 pertandingan di semua ajang. De Gea juga berhasil memenangi 7 gelar bersama Setan Merah, termasuk 1 trofi Premier League.

5. Gerard Pique – 5,25 Juta Euro

5 Rekrutan Termahal Manchester United dari Klub LaLiga, Ada De Gea!express.co.uk

Gerard Pique merupakan pemain yang berasal dari akademi Barcelona. Saat usianya masih 17 tahun, ia direkrut oleh Manchester United pada musim panas 2004. Bek asal Spanyol itu digaet dengan biaya 5,25 juta euro atau setara Rp88 miliar. Sayangnya, sang pemain gagal mendapatkan kepercayaan untuk bermain reguler di skuad utama.

Pique hanya mencatatkan 23 pertandingan selama 4 musim di Old Trafford. Bek yang saat ini berusia 34 tahun itu kemudian dijual ke Barcelona pada musim panas 2008. Bersama raksasa Spanyol itu, Pique berhasil menemukan performa terbaiknya. Bahkan, ia sudah memenangi semua trofi bergengsi, termasuk gelar Piala Dunia Antarklub.

 

Dari kelima pemain itu, kini hanya menyisakan De Gea dan Bailly yang masih menjadi bagian dari Manchester United. Siapa pembelian terbaik Manchester United?

Baca Juga: 10 Potret Menawan Gerard Pique, Bek Barcelona yang Jadi Ayah Idaman

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya