5 Striker Top yang Direkrut Chelsea pada Bursa Transfer Musim Dingin

Sebagian besar tampil tidak terlalu mengesankan 

Chelsea resmi mendatangkan Joao Felix dari Atletico Madrid pada bursa transfer Januari 2023 ini. Bintang asal Portugal itu digaet dengan status pinjaman selama 6 bulan. Kehadiran Felix tentu diharapkan dapat menambah daya dobrak The Blues yang tengah mengalami kesulitan.

Dalam sejarah transfer Chelsea selama beberapa tahun terakhir, klub asal London Barat tersebut memang kerap mendatangkan seorang striker pada bursa transfer musim dingin. Sebelum Joao Felix, berikut lima striker top yang pernah diboyong Chelsea pada jendela transfer Januari.

1. Fernando Torres 

5 Striker Top yang Direkrut Chelsea pada Bursa Transfer Musim DinginFernando Torres (twitter.com/ChelseaFC)

Chelsea mendatangkan Fernando Torres dari sesama klub Inggris, Liverpool, pada Januari 2011. Ketika itu, The Blues harus memecahkan rekor transfer klub dengan mengeluarkan biaya senilai 58,5 juta euro atau setara Rp959 miliar. Selama waktunya di Stamford Bridge, striker asal Spanyol itu turut mengantarkan tim meraih gelar Liga Europa dan Liga Champions.

Meski begitu, Torres dianggap sebagai salah satu pembelian gagal The Blues sepanjang sejarah. Sebab, ia gagal memberikan kontribusi besar dengan hanya mencetak 45 gol dalam 172 pertandingan di semua kompetisi. Setelah jasanya tidak lagi terpakai di Chelsea, Torres kemudian dilepas ke AC Milan secara gratis.

2. Nicolas Anelka 

5 Striker Top yang Direkrut Chelsea pada Bursa Transfer Musim DinginNicolas Anelka (twitter.com/ChelseaFC)

Nicolas Anelka merupakan striker yang sangat berpengalaman di kompetisi top Eropa. Sejumlah tim elite pernah dibelanya, macam mulai dari Arsenal, Real Madrid, Liverpool, Juventus, hingga Paris Saint-Germain. Ia bergabung bersama Chelsea dari Bolton dengan mahar 18 juta euro atau Rp295 miliar pada Januari 2008.

Anelka termasuk sebagai pembelian yang cukup sukses bagi Chelsea. Selama 4 tahun berseragam The Blues, ia mampu membukukan total 59 gol serta 35 assist dalam 184 laga di berbagai ajang. Anelka juga berhasil merasakan sejumlah gelar domestik, seperti Premier League, Piala FA, dan Piala Liga Inggris.

Baca Juga: 5 Pemain Chelsea yang Menggunakan Nomor Punggung 11 sebelum Joao Felix

3. Olivier Giroud 

5 Striker Top yang Direkrut Chelsea pada Bursa Transfer Musim DinginOlivier Giroud (twitter.com/ChelseaFC)

Setelah lama mengabdi pada Arsenal, Olivier Giroud memutuskan hengkang ke klub London lainnya, Chelsea. Ia pindah ke The Blues dengan biaya senilai 17 juta euro atau setara Rp278 miliar pada Januari 2018. Meski secara usia tidak lagi muda, Giroud masih mampu memberikan kontribusi yang cukup baik.

Striker berkebangsaan Prancis tersebut sukses mencetak 39 gol dan 17 assist dari 119 penampilan di semua kompetisi. Ia turut meraih trofi Liga Europa dan Liga Champions selama di Stamford Bridge. Setelah kontraknya berakhir, Giroud memilih hijrah ke AC Milan pada Juli 2021.

4. Demba Ba 

5 Striker Top yang Direkrut Chelsea pada Bursa Transfer Musim DinginDemba Ba (twitter.com/ChelseaFC)

Nama Demba Ba mencuat pertama kali ketika tampil impresif bersama Newcastle United. Performanya kala itu ternyata membuat Chelsea jatuh hati. Alhasil, ia diboyong ke Stamford Bridge seharga 8,5 juta euro atau Rp139 miliar pada Januari 2013.

Sayangnya, Ba gagal bersinar selama berkostum The Blues. Ia tercatat hanya mengoleksi 14 gol dan 5 assist dari 50 pertandingan di berbagai ajang. Lebih apesnya, Ba tidak meraih satu pun gelar juara. Hanya bertahan 1,5 tahun, sang pemain kemudian dilepas ke Besiktas pada Juli 2014.

5. Gonzalo Higuaín 

5 Striker Top yang Direkrut Chelsea pada Bursa Transfer Musim DinginGonzalo Higuain (twitter.com/ChelseaFC)

Gonzalo Higuaín direkrut Chelsea dari Juventus pada Januari 2019. Biaya senilai 7,8 juta euro atau setara Rp127 miliar dikeluarkan The Blues untuk meminjam sang pemain. Selama 6 bulan di Stamford Bridge, striker asal Argentina itu gagal tampil mengesankan.

Higuain hanya menorehkan 5 gol dalam 18 pertandingan di berbagai ajang. Karena tidak memenuhi ekspektasi, Higuain akhirnya dikembalikan ke Juventus tanpa dipermanenkan Chelsea.

Hampir sebagian besar striker yang didatangkan Chelsea pada transfer musim dingin tampil tidak terlalu mengesankan. Dengan waktu yang sangat singkat di Stamford Bridge, mampukah Joao Felix memberikan dampak yang besar bagi Chelsea?

Baca Juga: 5 Pemain yang Terkena Imbas Kehadiran Joao Felix di Chelsea

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya