5 Tim yang Tampil Mengejutkan pada Fase Grup Piala Dunia 2022

Berpotensi bikin kejutan lebih lanjut di sisa turnamen 

Piala Dunia 2022 Qatar telah merampungkan seluruh pertandingan fase grup pada, Sabtu (3/12/2022). Negara-negara unggulan, seperti Belanda, Inggris, Argentina, hingga Brasil berhasil mengisi slot pada babak 16 besar.

Namun, terdapat juga beberapa negara yang menciptakan kejutan di Piala Dunia edisi kali ini setelah mereka berhasil lolos ke fase gugur. Setidaknya, ada lima tim yang berpotensi bikin kejutan lebih lanjut di sisa Piala Dunia 2022. Siapa saja tim-tim tersebut?

1. Amerika Serikat 

5 Tim yang Tampil Mengejutkan pada Fase Grup Piala Dunia 2022Timnas Amerika Serikat (twitter.com/FIFAWorldCup)

Timnas Amerika Serikat sanggup menepis semua anggapan yang memprediksi mereka bakal kalah saing dari Inggris dan Wales di Grup B Piala Dunia 2022. Mendapatkan penilaian tersebut, Christian Pulisic dan kolega menunjukkan kualitasnya di atas lapangan.

The Yanks secara mengejutkan lolos ke fase gugur sebagai runner-up mendampingi Inggris. Amerika Serikat mengumpulkan 5 poin dari 3 pertandingan. Mereka akan bersua Belanda dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022..

2. Australia 

5 Tim yang Tampil Mengejutkan pada Fase Grup Piala Dunia 2022Kegembiraan para pemain Australia setelah dipastikan lolos ke fase gugur Piala Dunia 2022. (twitter.com/Socceroos)

Timnas Australia awalnya tidak diunggulkan untuk lolos dari Grup D Piala Dunia 2022. Sebab, grup itu diisi dua tim kuat macam Prancis dan Denmark, serta satu kuda hitam, Tunisia. Tanda-tanda itu makin terlihat saat Australia kalah 1-4 dari Prancis dalam laga pembuka.

Namun, Mathew Ryan dan rekan-rekannya bangkit di laga kedua dan ketiga; masing-masing memenangi pertandingan dengan skor 1-0. Alhasil, The Socceroos lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup D. Pada babak gugur, Australia akan menghadapi salah satu kandidat juara, Argentina.

Baca Juga: 3 Catatan Unik dari Kemenangan Jepang Atas Spanyol

3. Jepang 

5 Tim yang Tampil Mengejutkan pada Fase Grup Piala Dunia 2022Timnas Jepang (twitter.com/FIFAWorldCup)

Timnas Jepang tampil menggila di Piala Dunia 2022. Tergabung dalam grup negara yang diisi Jerman, Spanyol, dan Kosta Rika, wakil asal Asia itu justru mampu meraih hasil maksimal. Mereka secara mengejutkan finis sebagai juara Grup E dengan koleksi enam poin.

Samurai Biru bahkan sukses mengalahkan dua tim yang berpengalaman juara Piala Dunia, Spanyol dan Jerman, dengan skor identik 2-1. Pada babak 16 besar, Jepang akan bersua runner-up Grup F, Kroasia

4. Maroko 

5 Tim yang Tampil Mengejutkan pada Fase Grup Piala Dunia 2022Timnas Maroko (twitter.com/FIFAWorldCup)

Timnas Maroko tercatat memakai 14 pemain keturunan di Piala Dunia edisi kali ini. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak ketimbang negara lain. Ternyata, kehadiran pemain-pemain keturunan itu berhasil meningkatkan kualitas permainan The Atlas Lions.

Anak asuh Walid Regragui pun sukses finis sebagai juara Grup F dengan raihan tujuh poin, mengungguli Kroasia, Kanada, dan Belgia. Pada babak gugur, Maroko bakal menantang runner-up Grup E, Spanyol.

5. Korea Selatan 

5 Tim yang Tampil Mengejutkan pada Fase Grup Piala Dunia 2022Kegembiraan para pemain Korea Selatan setelah dipastikan lolos ke fase gugur Piala Dunia 2022. (twitter.com/theKFA)

Sebelum Piala Dunia 2022 bergulir, langkah Korea Selatan diprediksi bakal terhenti pada fase grup. Pasalnya, Grup H juga dihuni Portugal dan Uruguay yang di atas kertas jauh lebih kuat daripada mereka. Namun, siapa sangka, Taeguk Warriors sukses lolos ke babak selanjutnya dengan status runner-up.

Kepastian itu didapatkan setelah Son Heung Min dan kolega meraih kemenangan mengejutkan di laga pamungkas atas Portugal dengan skor 2-1. Korea Selatan pun lolos dengan torehan empat poin. Mereka unggul produktivitas gol dari Uruguay yang berada di urutan ketiga.

Tidak ada yang memprediksi tim-tim tersebut bisa lolos ke fase gugur Piala Dunia 2022. Dengan demikian, bukan tidak mungkin mereka bakal membuat kejutan lagi di sisa turnamen.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Korea Selatan Permalukan Portugal!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya