6 Mantan Wonderkid yang Saat Ini Tak Memiliki Klub, Bernasib Miris!

Ada yang masih dalam usia emas lho

Istilah wonderkid atau pemain muda yang akan berkembang dimasa depan digunakan dalam sepak bola untuk seorang pemain muda yang memiliki bakat potensial. Mereka memiliki skill dan teknik olah bola tingkat tinggi jika dibandingkan rekan-rekan seusia mereka.

Namun, tak selamanya julukan wonderkid bakal menjadi kenyataan. Banyak faktor yang menyebabkan pemain berlabel wonderkid malah melempem, atau bahkan nasibnya tak menentu saat ini karena tak memiliki klub. Dan di bawah ini adalah enam mantan wonderkid yang tak memiliki klub. Siapa saja mereka?

1. Ahmed Musa

6 Mantan Wonderkid yang Saat Ini Tak Memiliki Klub, Bernasib Miris!en.as.com

Kamu masih ingat dengan nama Ahmed Musa? Yup, dia adalah seorang pesepak bola asal Nigeria. Musa pernah bersinar dengan beberapa klub Eropa seperti CSKA Moscow, dan puncak karirnya saat ia bermain untuk klub asal Inggris, Leicester City.

Namun pada 2018/2019, Musa lebih memilih meninggalkan Leicester City dan bergabung dengan klub Arab Saudi, Al-Nassr. Ia dilego dengan nilai transfer sebesar 16,5 juta euro atau sekitar Rp281 miliar.

Karirnya bersama Al-Nassr berjalan cukup singkat, Musa hanya bermain dalam 57 laga selama dua musim, dan kini kapten timnas Nigeria tersebut berstatus free agent setelah kontraknya diputus pada 26 Oktober lalu. Kabar terbarunya saat ini, Musa sedang dikaitkan dengan klub divisi Championship, Sheffield Wednesday.

2. Fabio Borini

6 Mantan Wonderkid yang Saat Ini Tak Memiliki Klub, Bernasib Miris!birminghammail.co.uk

Masih berada di usia emas bagi seorang pesepak bola yakni 29 tahun, namun Fabio Borini saat ini tak bermain untuk klub manapun. Ia terkahir kali bermain untuk klub Serie A yakni Hellas Verona. Bersama klub dengan jersey kuning tersebut, Borini memainkan 14 pertandingan saja dan mencetak tiga gol.

Mantan penyerang Liverpool dan AC Milan ini memiliki bakat yang luar biasa di usia mudanya, namun cedera selalu menghalangi karirnya. Kini, Fabio Borini berstatus bebas trasnfer setelah kontraknya habis bersama Hellas Verona pada 1 September lalu dan belum ada kabar satu klub yang tertarik untuk menggunakan jasanya.

Baca Juga: 7 Wonderkid Premier League dengan Banderol Termahal, Calon Bintang?

3. Jack Wilshere

6 Mantan Wonderkid yang Saat Ini Tak Memiliki Klub, Bernasib Miris!metro.co.uk

Pada 2010 saat usianya masih 18 tahun, Jack Wilshere berhasil menembus skuad utama Arsenal. Tahun-tahun pertamanya bersama Arsenal berjalan dengan cukup baik. Namun pada musim-musim berikutnya, Wilshere lebih sering bolak-balik meja operasi dan mengakibatkan penampilannya tidak konsisten.

Sempat dipinjamkan ke Bournemouth pada 2016/2017, Wilsehere akhirnya dijual secara permanen ke West Ham United pada 2018/2019 lalu. Performanya tak kunjung membaik, West Ham pun tak memperpanjang kontrak Wilshere yang berakhir pada 5 Oktober 2020. Dan kini saat usianya masih 28 tahun, mantan pemain bertalenta asal Arsenal luntang-lantung tanpa klub.

4. Daniel Sturridge

6 Mantan Wonderkid yang Saat Ini Tak Memiliki Klub, Bernasib Miris!talksport.com

Satu lagi mantan pemain muda yang saat ini nasibnya masih belum jelas. Ia adalah Daniel Sturridge. Striker asal Inggris yang pernah bermain untuk klub besar di Premier League seperti Manchester City, Chelsea, dan Liverpool kini berstatus sebagai free agent.

Klub terakhir yang dibela Sturridge adalha klub asal Turki, Trabzonspor. Bersama Trabzonspor, Sturridge hanya mencetak 7 gol saja dalam 16 pertandingan yang ia mainkan. Sejak 2 Maret 2020 lalu, Sturridge bukan lagi pemain Trabzonspor setelah kontraknya diputus oleh pihak klub. 

5. Alexandre Pato

6 Mantan Wonderkid yang Saat Ini Tak Memiliki Klub, Bernasib Miris!birminghammail.co.uk

Kamu masih ingat dengan nama Alexandre Pato? Di usia mudanya, Pato digadang-gadang akan menjadi striker andalan timnas Brasil dan menjadi penerus Ronaldo Nazario. Namun, hal tersebut tak pernah terjadi.

Pato yang pada awal kemunculannya di Eropa bermain cukup bagus bersama AC Milan harus diganggu oleh badai cedera yang tak kunjung pulih. Sempat mengalami masa peminjaman dengan beberapa klub seperti Chelsea dan klub asal Brasil yaitu S.C. Corinthians, namun hal tersebut tak membuat performa Pato kembali gemilang.

Terakhir kali Pato bermain untuk klub adalah pada 21 Agustus 2020 lalu untuk Sao Paulo. Kini, nasib dari striker asal Brasil ini makin tak menentu.

6. Jese Rodriguez

6 Mantan Wonderkid yang Saat Ini Tak Memiliki Klub, Bernasib Miris!sports.fr

Nama terakhir dalam daftar pesepak bola top yang tak memiliki klub saat ini adalah Jese Rodriguez. Jese merupakan pemain didikan akademi Real Madrid, La Fabrica. Jese mulai masuk skuat Los Blancos pada musim 2012/2013. Bersama El Real, Jese mencetak 18 gol dan 15 assist dalam 94 laga yang ia lakoni.

Namun pada Maret 2014, Jese mengalami cidera ligamen yang cukup parah dan membuat kariernya berangsur menurun. Pada 2016, Real Madrid menjual Jese ke PSG dan Jese juga beberapa kali dipinjamkan untuk klub lain seperti Las Palmas, Stoke City, Real Betis, dan Sporting Lisbon.

Setelah negosiasi yang alot, Jese dan PSG akhirnya mengakhiri kerjasama mereka pada 6 Desember 2020 lalu. Kini mantan wonderkid asal Spanyol ini tak memiliki klub.

 

Nah itulah enam mantan wonderkid yang tak memiliki klub saat ini. Menurut kamu, klub mana yang akan menggunakan jasa mereka pada jendela transfer Januari 2021 mendatang?

Baca Juga: 9 Wonderkid dengan Banderol Termahal Saat Ini, Fati Hingga Bellingham 

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Alumni Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya