8 Gelandang yang Pernah Membela Arsenal dan West Ham, Ada Declan Rice

Siapa yang paling jago?

Arsenal dan West Ham United adalah dua dari sekian banyak klub Inggris yang bermarkas di London. Mereka merupakan lawan di atas lapangan, tetapi tidak demikian saat bursa transfer. Banyak pesepak bola The Gunners yang pindah ke The Hammers. Begitu pun sebaliknya. Mereka cukup akur soal transfer pemain.

Dari sekian banyak pemain yang pernah membela dua tim tersebut, beberapa di antaranya berposisi sebagai gelandang. Mereka bukan pemain tengah sembarangan karena pernah menjadi andalan. Inilah gelandang yang pernah membela Arsenal dan West Ham.

1. Luis Boa Morte

8 Gelandang yang Pernah Membela Arsenal dan West Ham, Ada Declan RiceLuis Boa Morte (arsenal.com)

Luis Boa Morte adalah salah satu rekrutan pertama Arsene Wenger ketika ditunjuk menukangi Arsenal. Ia didatangkan dari Sporting CP pada 1997. Pada musim perdana, pemain yang bisa berposisi sebagai gelandang dan winger ini langsung membawa The Gunners menjuarai Premier League dan Piala FA.

Sayangnya, kebersamaan Boa Morte bersama Meriam London berlangsung singkat. Ia dilego ke Southampton pada 1999. Sempat juga membela Fulham, mantan pemain Timnas Portugal ini berlabuh ke West Ham United pada 2007. Di klub berjuluk The Hammers tersebut, ia bertahan selama 3 musim.

2. Freddie Ljungberg

8 Gelandang yang Pernah Membela Arsenal dan West Ham, Ada Declan RiceFreddie Ljungberg (twitter.com/premierleague)

Fans Arsenal pasti tidak asing lagi dengan pemain ini. Freddie Ljungberg adalah salah satu winger legendaris The Gunners. Ia membela klub tersebut pada 1998—2007. Selama di klub London Utara, Ljungberg menyumbangkan dua titel juara Premier League. Ia juga sempat menjuarai Piala FA dan FA Charity Shield.

Setelah 9 musim berseragam The Gunners, pemain asal Swedia tersebut melanjutkan karier bersama West Ham United. Cuma semusim bareng The Hammers, ia sempat hiatus dari lapangan hijau. Setelah itu, Ljungberg kembali merumput bersama klub Major League Soccer (MLS), Seattle Sounders FC.

3. Yossi Benayoun

8 Gelandang yang Pernah Membela Arsenal dan West Ham, Ada Declan RiceYossi Benayoun (twitter.com/WestHam)

West Ham United merupakan klub pertama Yossi Benayoun saat menginjakkan kaki di Inggris. Ia mendarat di Upton Park, markas The Hammers, pada 2005. Saat itu, gelandang asal Israel ini sempat membawa klubnya melaju ke final Piala FA 2005/2006.

Setelah 2 musim di London, Benayoun dikontrak Liverpool. Ia pun tidak lama membela The Reds. Cuma 3 musim. Akhirnya ia pindah ke Chelsea. Nah, di klub ini, Benayoun pernah dipinjamkan ke Arsenal pada 2011/2012 dan West Ham United pada paruh pertama 2012/2013.

4. Alex Song

8 Gelandang yang Pernah Membela Arsenal dan West Ham, Ada Declan RiceAlex Song (twitter.com/WestHam)

Alex Song didatangkan Arsenal dari Bastia pada Agustus 2005 dengan status pinjaman. Memikat hati Arsene Wenger, ia lantas dikontrak permanen pada musim selanjutnya. Gelandang asal Kamerun ini cukup lama berseragam The Gunners (hingga 2012) walau gagal meraih gelar bergengsi.

Selepas Arsenal, Song bergabung dengan Barcelona. Sempat menjadi bagian El Barca saat juara LaLiga 2012/2013, penampilannya memang kurang memuaskan. Klub memutuskan meminjamkannya ke West Ham United pada 2014—2016. Selesai peminjaman, Song dilepas ke Rubin Kazan pada Juli 2016.

Baca Juga: Declan Rice: Saya Ingin Meraih Prestasi Bersama Arsenal

5. Henri Lansbury

8 Gelandang yang Pernah Membela Arsenal dan West Ham, Ada Declan RiceHenri Lansbury (whufc.com)

Dalam game Football Manager 2008, Henri Lansbury adalah salah satu wonderkid Arsenal. Sayangnya, di dunia nyata, ia tidak cukup bagus. Bahkan, gelandang berpaspor Inggris tersebut lebih sering dipinjamkan ke klub lain, termasuk ke West Ham United pada 2011/2012.

Uniknya, saat berseragam The Hammers, Lansbury pernah menjadi kiper dadakan saat melawan Blackpool pada 2012 silam. Namun, penampilannya bersama West Ham United tidak membuat Arsenal terkesan. Kelar masa peminjaman, ia langsung dilepas ke Nottingham Forest pada Agustus 2012.

6. Samir Nasri

8 Gelandang yang Pernah Membela Arsenal dan West Ham, Ada Declan RiceSamir Nasri (whufc.com)

Samir Nasri bergabung dengan Arsenal pada Juni 2008 setelah bermain impresif bareng Olympique Marseille. Berposisi sebagai gelandang serang, pemain asal Prancis ini sebenarnya tampil memikat. Namun, ia gagal meraih trofi bersama The Gunners dan memutuskan pindah ke Manchester City pada Agustus 2011.

Bersama The Cityzens, Nasri akhirnya mencicipi trofi Premier League. Setelah di Etihad, ia sempat membela Sevilla dan Antalyaspor sebelum menandatangani kontrak jangka pendek dengan West Ham United pada 2018/2019. Selepas di London, Nasri bergabung dengan klub asal Belgia, Anderlecht.

7. Jack Wilshere

8 Gelandang yang Pernah Membela Arsenal dan West Ham, Ada Declan RiceJack Wilshere (twitter.com/europaleague)

Jack Wilshere adalah produk akademi Arsenal. Ia mentas ke tim senior pada 2008. Awalnya, gelandang asal Inggris ini mampu tampil baik. Ia sempat meraih PFA Young Player of the Year 2010/2011 dan menjadi bagian The Gunners saat memenangi Piala FA 2013/2014 dan 2014/2015.

Sayangnya, pada 2016/2017, Wilshere tersisih karena kerap cedera. Ia harus rela dipinjamkan ke AFC Bournemouth. Wilshere memang sempat kembali ke Arsenal pada musim berikutnya, tetapi itu adalah tahun terakhirnya bersama The Gunners. Wilshere tidak memperpanjang kontrak dan pindah ke West Ham United pada Juli 2018.

8. Declan Rice

8 Gelandang yang Pernah Membela Arsenal dan West Ham, Ada Declan RiceDeclan Rice (twitter.com/_DeclanRice)

Declan Rice menjadi salah satu komoditas panas pada awal musim 2023/2024. Ditaksir banyak klub, jebolan akademi Chelsea dan West Ham United ini akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Arsenal. The Gunners lalu mengumumkan kedatangan pemain Timnas Inggris ini pada 15 Juli 2023 dengan kontrak jangka panjang.

Sebagai seorang gelandang bertahan, permainan Rice memang terus meningkat sejak debut untuk The Hammers pada 2015. Ia bahkan sudah ditunjuk sebagai kapten tim saat usianya baru 24 tahun. Di bawah kepemimpinannya, West Ham sukses menjuarai UEFA Europa Conference League 2022/2023.

Selain gelandang, ada beberapa striker yang juga pernah membela Arsenal dan West Ham United. Nama-nama yang cukup populer adalah Ian Wright dan Davor Suker. Sementara itu, penjaga gawang yang sempat berseragam dua klub ini adalah Manuel Almunia dan Lukasz Fabianski.

Baca Juga: Declan Rice Resmi Diperkenalkan Sebagai Penggawa Anyar Arsenal

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya