5 Pemain Ajax yang Diboyong Bayern Munich, Ada Daley Blind

Blind juga sempat bermain untuk Manchester United

Ajax Amsterdam dikenal luas sebagai klub yang sering menghasilkan pemain-pemain hebat. Mereka punya akademi yang termasuk akademi terbaik di dunia. Pemain muda Ajax pun mampu tampil ganas dan dilirik banyak klub top Eropa.

Bayern Munich menjadi sebagian dari raksasa Benua Biru yang kesengsem dengan talenta De Godenzonen. Mereka beberapa kali memboyong pemain Ajax ke Jerman. Inilah deretan pemain Ajax yang diboyong Bayern Munich.

1. Daley Blind

5 Pemain Ajax yang Diboyong Bayern Munich, Ada Daley BlindDaley Blind (instagram.com/fcbayern)

Bayern Munich resmi mendatangkan Daley Blind dari Ajax Amsterdam dengan status bebas transfer pada Januari 2023. Pemain yang juga sempat membela Manchester United tersebut dikontrak untuk musim 2022/2023 saja.

Anak dari pemain legendaris Belanda, Danny Blind, ini mengawali karier di Ajax pada 2008. Ia sempat dilego ke MU pada 2014, tetapi balik kucing pada Juli 2018. Bersama De Godenzonen, Daley Blind tujuh kali juara Eredivisie Belanda.

2. Ryan Gravenberch

5 Pemain Ajax yang Diboyong Bayern Munich, Ada Daley BlindRyan Gravenberch (instagram.com/ryanjiro_)

Ryan Gravenberch resmi didatangkan Bayern Munich dari Ajax Amsterdam pada Juni 2022 lalu. Masih berusia 20 tahun ketika diboyong, pemain Timnas Belanda tersebut diikat Die Roten dengan kontrak 5 tahun.

Gravenberch sendiri bergabung dengan akademi Ajax saat berusia 8 tahun. Ia debut di tim utama pada 2018/2019. Usianya kala itu baru 16 tahun.

Sang pemain membuat 103 penampilan di semua kompetisi. Ia memenangi tiga gelar juara Eredivisie.

Baca Juga: 5 Pemain Bayern Munich yang Pakai Nomor 23 sebelum Daley Blind

3. Noussair Mazraoui

5 Pemain Ajax yang Diboyong Bayern Munich, Ada Daley BlindNoussair Mazraoui (instagram.com/nousmaz97)

Tidak lama sejak kedatangan Ryan Gravenberch, Bayern Munich merekrut rekan setimnya di Ajax Amsterdam, Noussair Mazraoui. Pemain asal Maroko tersebut diboyong dengan status bebas trasfer dan diikat kontrak selama 4 tahun.

Mazraoui juga lulusan akademi Ajax. Ia awalnya bermain untuk Jong Ajax pada 2016. Sekitar 2 tahun kemudian, Mazraoui dipanggil memperkuat tim senior.

Ia biasa bermain sebagai fullback selama di Ajax. Mazraoui tiga kali juara Eredivisie bersama mereka.

4. Jan Wouters

5 Pemain Ajax yang Diboyong Bayern Munich, Ada Daley BlindJan Wouters (twitter.com/afcajax)

Fans Ajax Amsterdam dan Timnas Belanda bisa jadi tidak asing lagi dengan Jan Wouters. Ia adalah pemain ternama Ajax era 1980-an hingga awal 1990-an. Wouters memenangi masing-masing satu gelar juara Eredivisie, UEFA Cup Winner's Cup, dan UEFA Cup.

Setelah 6 musim di Ajax, Wouters melanjutkan karier di Bayern Munich. Ia cuma bertahan 2 tahun di Jerman, tetapi sempat mencicipi manisnya gelar juara Bundesliga 1993/1994. Setelah itu, Wouters pulang ke Belanda untuk membela PSV Eindhoven dan pensiun di sana.

5. Soren Lerby

5 Pemain Ajax yang Diboyong Bayern Munich, Ada Daley BlindSoren Lerby (twitter.com/afcajax)

Soren Lerby bisa disebut sebagai pelopor pemain Denmark yang berkarier di Ajax Amsterdam. Ia datang ke De Joden pada 1975 dan bertahan selama 8 tahun. Selama kurun waktu tersebut, Lerby tercatat lima kali juara Eredivisie.

Pada 1983, ia setuju pindah ke Bayern Munich untuk menggantikan Paul Breitner. Selama 3 musim di Jerman, Lerby masing-masing dua kali juara Bundesliga dan DFB-Pokal. Sempat pindah ke AS Monaco, pemain kelahiran Copenhagen itu balik ke Belanda untuk membela PSV Eindhoven.

Rata-rata pemain yang didatangkan Bayern Munich dari Ajax sempat memenangi banyak gelar di Belanda. Prestasi tersebut akhirnya menjalar saat mereka berkarier di klub Bavaria.

Baca Juga: Daley Blind Menolak Tua, Bantu Belanda Melaju ke Perempat Final 

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya