9 Pemain Everton yang Sempat Juara Bersama Manchester United

Ashley Young menjadi nama terbaru

Manchester United dan Everton termasuk dua klub Inggris yang cukup bersahabat dalam urusan perpindahan pemain. Banyak pemain Everton yang diboyong MU. Sebaliknya, tidak sedikit pemain Setan Merah yang akhirnya hengkang ke The Toffees.

Dari sejumlah nama tersebut, beberapa di antaranya sempat meraih titel juara English Premier League (EPL) bersama MU. Mereka akhirnya memutuskan pindah ke sejumlah klub, termasuk Everton. Nah, ini sederet pemain Everton yang sempat juara bersama Manchester United.

1. Andrei Kanchelskis

9 Pemain Everton yang Sempat Juara Bersama Manchester UnitedAndrei Kanchelskis (evertonfc.com)

Andrei Kanchelskis bergabung dengan Manchester United pada 1991. Bersama Setan Merah, ia dua kali menjuarai Premier League. Setelah 4 musim bermain di Old Trafford, winger berpaspor Rusia tersebut pindah ke Everton pada awal musim 1995/1996 sebelum hijrah ke Fiorentina pada 1997.

2. Mark Hughes

9 Pemain Everton yang Sempat Juara Bersama Manchester UnitedMark Hughes (jersey merah) (twitter.com/manutd_id)

Mark Hughes adalah salah satu striker top yang pernah membela Manchester United. Ia memenangi Premier League 1992/1992 dan 1993/1994 bersama Setan Merah. Selepas di MU, pemain asal Wales ini sempat berseragam Chelsea dan Southampton, lalu berlabuh ke Everton pada Maret 2000.

3. Jesper Blomqvist

9 Pemain Everton yang Sempat Juara Bersama Manchester UnitedJesper Blomqvist (manutd.com)

Nama Jesper Blomqvist sebagai sayap kiri Manchester United memang kalah tenar dibandingkan Ryan Giggs. Namun, ia menjadi bagian tim saat meraih treble winners 1998/1999. Setelah membela Setan Merah selama tiga musim, pemain asal Swedia ini pindah ke Everton pada 2001.

4. Phil Neville

9 Pemain Everton yang Sempat Juara Bersama Manchester UnitedPhil Neville (premierleague.com)

Phil Neville adalah bagian dari Class of 92 yang melegenda. Membela Manchester United pada 1994—2005, ia 6 kali memenangi Premier League dan 1 kali memenangi UEFA Champions League (UCL). Selepas di MU, saudara Gary Neville ini bergabung dengan Everton.

5. Louis Saha

9 Pemain Everton yang Sempat Juara Bersama Manchester UnitedLouis Saha (facebook.com/Everton)

Louis Saha didatangkan Manchester United pada 2004 setelah tampil impresif bersama Fulham. Bermain bareng Wayne Rooney dan Cristiano Ronaldo, striker asal Prancis ini dua kali menjuarai Premier League. Sayangnya, karena rentan cedera, ia dilego ke Everton pada 2008.

Baca Juga: 5 Pemilik Nomor Punggung 7 Manchester United sebelum Mason Mount

6. Darron Gibson

9 Pemain Everton yang Sempat Juara Bersama Manchester UnitedDarron Gibson (manutd.com)

Darron Gibson adalah produk akademi Manchester United yang mentas ke tim senior pada 2005. Sempat dipinjamkan ke sejumlah klub, ia menjadi bagian MU saat merebut Premier League 2010/2011. Namun, demi mendapatkan lebih banyak kesempatan, Gibson memutuskan hijrah ke Everton pada Januari 2012.

7. Tom Cleverley

9 Pemain Everton yang Sempat Juara Bersama Manchester UnitedTom Cleverley (twitter.com/ManUtd_ID)

Seperti Darron Gibson, Tom Cleverley adalah binaan akademi Manchester United. Ia dipanggil tim senior pada 2008. Walau lebih sering dipinjamkan, ia masuk tim MU kala menjuarai Premier League 2012/2013. Setelah 7 musim di Old Trafford, mantan gelandang Timnas Inggris ini hengkang ke Everton pada Juli 2015.

8. Wayne Rooney

9 Pemain Everton yang Sempat Juara Bersama Manchester UnitedWayne Rooney (twitter.com/ManUtd_ID)

Wayne Rooney dibeli Manchester United dari Everton pada 2004. Sejak saat itu, ia menjadi pemain penting bagi Setan Merah. Ia bahkan mengantarkan klub lima kali menjuarai Premier League. Setelah 13 musim bermain di Old Trafford, mantan striker Timnas Inggris ini kembali ke Everton.

9. Ashley Young

9 Pemain Everton yang Sempat Juara Bersama Manchester UnitedAshley Young (twitter.com/youngy18)

Ashley Young bergabung dengan Manchester United dari Aston Villa pada Juni 2011. Ia ikut mengantarkan Setan Merah memenangi Premier League 2012/2013. Sempat kembali ke tim lamanya, pemain yang bisa berposisi sebagai full-back dan winger ini setuju pindah ke Everton pada Juli 2023 sebagai pemain bebas.

Selain nama-nama di atas, masih ada beberapa pemain Manchester United yang akhirnya membela Everton. Tim Howard pindah ke The Toffees pada 2006, sedangkan Morgan Schneiderlin berganti warna merah menjadi biru pada 2017. Namun, mereka memang tidak berhasil meraih titel juara kasta tertinggi Liga Inggris bersama Setan Merah.

Baca Juga: 4 Pemain Veteran yang Membela Everton, Ashley Young yang Paling Baru!

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya