Comscore Tracker

5 Pemain yang Didatangkan Manchester United dari Klub Bundesliga

Seberapa sukses karier mereka di Inggris?

Diakui atau tidak, pamor Bundesliga mungkin tidak segemerlap Liga Spanyol, Liga Italia, atau Liga Inggris. Mungkin hanya Bayern Munchen atau Borussia Dortmund saja yang punya skuad mentereng. Namun, Liga Jerman sering melahirkan pemain-pemain berbakat, yang akhirnya membuat banyak klub besar tertarik membelinya, bahkan dengan nilai transfer fantastis.

Kasus demikian terjadi pula pada Manchester United. Tim berjuluk The Red Devils ini juga pernah mendatangkan sejumlah pesepak bola dari klub Bundesliga. Lalu, siapa saja pemain-pemain tersebut dan seberapa sukses karier mereka di Old Trafford?

1. Owen Hargreaves

5 Pemain yang Didatangkan Manchester United dari Klub BundesligaOwen Hargreaves (sportsmole.co.uk)

Gelandang berpaspor Inggris ini bergabung dengan Manchester United dari Bayern Munich pada medio 2007. Di musim pertamanya dengan Setan Merah, Owen Hargreaves langsung menyumbangkan titel Premier League dan Liga Champions Eropa edisi 2007/2008.

Sayangnya, setelah musim perdana yang hebat, performa Hargreaves cenderung menurun. Cedera berkepanjangan membuat pemain kelahiran Kanada ini melewatkan banyak pertandingan. Akhirnya, pada Agustus 2011, ia hengkang ke rival sekota, Manchester City.

2. Shinji Kagawa

5 Pemain yang Didatangkan Manchester United dari Klub BundesligaShinji Kagawa (manutd.com)

Shinji Kagawa bergabung dengan Manchester United pada Juni 2012, sekaligus menjadi pemain Jepang pertama yang membela The Red Devils. Ia didatangkan setelah tampil gemilang bersama Borussia Dortmund, dengan merebut titel Bundesliga dua musim beruntun.

Di tahun pertamanya, Kagawa langsung menyumbangkan gelar Premier League musim 2012/2013, disusul FA Community Shield edisi 2013. Sayangnya, ia gagal tampil konsisten. Cuma bertahan dua tahun, ia 'balik kucing' ke Borussia Dortmund pada Agustus 2014.

Baca Juga: Sempat Hengkang, 6 Pemain Ini Kembali Lagi ke Manchester United

3. Bastian Schweinsteiger

5 Pemain yang Didatangkan Manchester United dari Klub BundesligaBastian Schweinsteiger (twitter.com/premierleague)

Bastian Schweinsteiger bisa dikatakan sebagai salah satu legenda Bayern Munchen. Ia membela FC Hollywood sejak tahun 2002 hingga 2015 dan menyumbangkan banyak trofi, termasuk delapan titel Bundesliga dan sekali Liga Champions Eropa musim 2012/2013.

Pada Juli 2015, seperti dilansir Sky Sports, ia setuju bergabung dengan Manchester United. Di musim pertama, gelandang Jerman ini langsung meraih Piala FA. Musim berikutnya, Schweinsteiger merebut trofi UEFA Europa League, sebelum akhirnya hijrah ke Chicago Fire.

4. Henrikh Mkhitaryan

5 Pemain yang Didatangkan Manchester United dari Klub BundesligaHenrikh Mkhitaryan (twitter.com/premierleague)

Henrikh Mkhitaryan didatangkan Manchester United dari Borussia Dortmund pada Juli 2016. Musim pertamanya cukup sukses. Pasalnya, ia turut membawa Setan Merah meraup tiga trofi sekaligus, yakni FA Community Shield, Piala Liga Inggris, dan UEFA Europa League.

Namun, performa pemain asal Armenia ini meredup di musim berikutnya. Akhirnya, pada Januari 2018, manajemen setuju melepasnya ke Arsenal, sebagai bagian dari transfer Alexis Sanchez. Tidak lama di klub berjuluk Meriam London, ia kemudian dilepas ke AS Roma.

5. Jadon Sancho

5 Pemain yang Didatangkan Manchester United dari Klub BundesligaJadon Sancho (twitter.com/sanchooo10)

Lulusan akademi Manchester City ini bermain apik saat berseragam Borussia Dortmund. Bergabung sejak 2017, Jadon Sancho tampil dalam 104 pertandingan liga dan menyumbangkan 38 gol. Ia juga turut memberikan trofi DFB-Pokal dan DFL-Supercup untuk Die Borussen.

Pada pertengahan 2021, Manchester United dalam situs resminya mengumumkan bahwa klub sudah mencapai kesepakatan prinsip dengan Dortmund untuk transfer Sancho. Penandatanganan kontrak dan tes medis dilakukan setelah kejuaraan Piala Eropa 2020.

 

Meski sebagian besar mampu menyumbangkan trofi, tetapi perjalanan karier para mantan pemain Bundesliga di Manchester United memang tidak panjang. Lalu, bagaimana dengan nama terbaru, Jadon Sancho nanti?

Baca Juga: 5 Pemain yang Terkena Kutukan Nomor Punggung 7 di Manchester United

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya