7 Pemain Top yang Menerima Kartu Merah di Laga Debut, Ada Messi!

Pertandingan perdana yang apes

Membuat debut untuk klub baru atau timnas negara tentu menjadi suatu kebanggaan. Karena itu, tidak heran jika penampilan perdana dibarengi harapan dapat bermain dengan baik, apalagi kalau bisa memberikan dampak positif bagi kesebelasan yang dibela.

Sayangnya, harapan memang tidak selalu sejalan dengan kenyataan. Alih-alih bagus, banyak pemain, termasuk yang top, yang justru tampil melempem saat debut. Bahkan, beberapa di antaranya harus menerima kartu merah. Lalu, siapa saja pesepak bola yang apes ini?

1. Jonathan Woodgate 

7 Pemain Top yang Menerima Kartu Merah di Laga Debut, Ada Messi!Jonathan Woodgate (thesun.co.uk)

Laga perdana Jonathan Woodgate untuk Real Madrid pada September 2005 mungkin bisa dikatakan sebagai debut terburuk pemain bola. Pasalnya, bek berpaspor Inggris ini tidak hanya menciptakan gol bunuh diri, tetapi juga diusir keluar lapangan karena menerima kartu merah.

Sebelum berseragam El Real, Woodgate sebenarnya merupakan salah satu bek tangguh di pentas Premier League. Ia adalah bintang Leeds United pada akhir 1990-an hingga awal 2000-an dan sempat membela Newcastle United sebelum dibeli Madrid pada Agustus 2004.

2. Lionel Messi

7 Pemain Top yang Menerima Kartu Merah di Laga Debut, Ada Messi!Lionel Messi (twitter.com/squawka)

Selain di Barcelona, Lionel Messi merupakan bintang utama timnas Argentina pada medio 2000-an hingga detik ini. Sejauh ini, La Pulga sudah memberikan titel Copa America untuk negaranya dan menjadi top skor sepanjang masa tim Tango melewati raihan Gabriel Batistuta.

Sebelum menjadi superstar seperti sekarang, ternyata laga debut Messi bersama Argentina tidak berujung indah. Melawan Hongaria pada Agustus 2005, ia menerima kartu merah hanya 40 detik setelah masuk lapangan karena dianggap menyikut salah satu pemain lawan.

3. Luis Suarez

7 Pemain Top yang Menerima Kartu Merah di Laga Debut, Ada Messi!Luis Suarez (indystar.com)

Rekan sehati Lionel Messi saat membela Barcelona ini juga menjalani debut yang buruk bersama timnas Uruguay. Luis Suarez harus diusir wasit saat La Celeste melakoni pertandingan persahabatan melawan negara tetangga, Kolombia, pada 7 Februari 2007 silam.

Selama karier profesionalnya sebagai pemain Uruguay, Suarez memang sering terlibat kontroversi. Dia pernah menggigit bek Italia, Giorgio Chiellini, pada Piala Dunia 2014. Empat tahun sebelumnya, ia menggagalkan 'gol kemenangan' timnas Ghana dengan tangannya.

Baca Juga: 5 Pemain yang Menerima Kartu Merah di Laga Pertama Grup Liga Champions

4. Laurent Koscielny

7 Pemain Top yang Menerima Kartu Merah di Laga Debut, Ada Messi!Laurent Koscielny (mirror.co.uk)

Sebelum menjadi palang pintu tangguh bagi Arsenal, Laurent Koscielny mengalami pengalaman yang buruk di awal penampilan dengan klub tersebut. Ia menerima kartu merah dalam laga debut Premier League saat timnya bersua Liverpool pada musim 2010/2011.

Bek yang didatangkan dari Lorient ini menerima kartu kuning pertama pada menit ke-90. Empat menit kemudian, Koscielny kembali mendapatkan kartu kuning sehingga dirinya terpaksa keluar lapangan. Untung saja, pertandingan tersebut berkesudahan imbang 1-1.

5. Joe Cole

7 Pemain Top yang Menerima Kartu Merah di Laga Debut, Ada Messi!Joe Cole (si.com)

Masih dalam laga Arsenal kontra Liverpool pada Agustus 2010, selain Laurent Koscielny, pemain Liverpool, Joe Cole, juga harus menerima kartu merah. Uniknya, kartu merah itu diterima gelandang Inggris ini setelah dia melanggar keras Koscielny di akhir babak pertama.

Partai melawan Arsenal sendiri merupakan debut Cole untuk Liverpool setelah dirinya didatangkan secara gratis dari Chelsea. Selama di The Reds, peforma Cole memang cenderung biasa-biasa saja. Cuma bertahan tiga tahun, ia akhirnya hengkang ke West Ham United.

6. Gervinho

7 Pemain Top yang Menerima Kartu Merah di Laga Debut, Ada Messi!Gervinho (bleacherreport.com)

Partai melawan Newcastle United pada 14 Agustus 2011 menjadi debut Gervinho bersama Arsenal. Sayangnya, pemain asal Pantai Gading tersebut harus diusir keluar lapangan karena terlibat pertikaian dengan Joey Barton. Laga pun berkesudahan imbang tanpa gol.

Dibeli dari Lille pada Juli 2011, karier Gervinho di Meriam London berlangsung cukup singkat. Ia cuma bertahan di Arsenal selama dua musim, mencatatkan 46 penampilan dan 9 gol di liga domestik. Selepas di klub London, ia membela AS Roma dan bisa tampil lebih baik.

7. Federico Chiesa

7 Pemain Top yang Menerima Kartu Merah di Laga Debut, Ada Messi!Federico Chiesa (twitter.com/iftvofficial)

Resmi menjadi pemain Juventus pada awal musim 2020/2021, Federico Chiesa melakoni pertandingan perdana bersama La Vecchia Signora saat melawan Crotone. Dalam laga itu, ia memang mampu memberikan assist, tetapi juga harus mendapatkan kartu merah.

Mantan pemain Fiorentina tersebut diusir keluar lapangan pada menit ke-60 karena ketahuan wasit menginjak gelandang Crotone, Luca Cigarini. Dengan hanya 10 pemain di 30 menit tersisa, tim asal Turin akhirnya harus puas berbagi angka 1-1 melawan Crotone.

 

Menerima kartu merah memang menjadi salah satu pengalaman yang buruk bagi seorang pemain. Namun, itu bukan berarti karier mereka selanjutnya tidak bisa berkembang. Bahkan, tidak sedikit yang akhirnya meraih sukses besar meskipun pernah diusir keluar lapangan.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola yang Paling Sering Diganjar Kartu Merah, Brutal!

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya