8 Pemain yang Pernah Bermain untuk Manchester City dan Everton

Kebanyakan berposisi sebagai bek

Saat dibeli Sheikh Mansour pada 2008, Manchester City seolah tidak pernah kehabisan dana untuk membeli pemain. Tidak cuma dari klub luar negeri, mereka pun sering mendatangkan pesepak bola dari kompetitor di Premier League. Salah satunya pemain Everton.

Ada sejumlah pemain Everton yang setuju bergabung dengan Manchester City dan meraih sukses di sana. Sebaliknya, sejumlah penggawa The Citizens juga memutuskan hijrah ke Everton, biasanya setelah tersingkir dari tim utama.

1. Richard Dunne

8 Pemain yang Pernah Bermain untuk Manchester City dan EvertonRichard Dunne (twitter.com/mancity)

Untuk kamu penggemar Liga Inggris era 1990-an sampai awal 2000-an, mungkin tidak asing dengan Richard Dunne. Bek asal Irlandia ini mengawali karier bersama Everton pada 1996. Empat tahun di Goodison Park, Dunne pindah ke Manchester City dan menjadi legenda di sana.

Dunne memang gagal memenangi trofi mayor bersama tim Manchester Biru. Namun, ia mampu tampil reguler di lini belakang Manchester City. Bergabung hingga 2009, Dunne bahkan empat kali terpilih sebagai pemain terbaik Manchester City, yakni pada 2005, 2006, 2007, dan 2008.

2. Sylvain Distin

8 Pemain yang Pernah Bermain untuk Manchester City dan EvertonSylvain Distin (skysports.com)

Sylvain Distin adalah salah satu bek tengah terbaik yang pernah dimiliki Manchester City pada awal 2000-an. Ia memainkan total 207 pertandingan dan mencetak 6 gol di semua kompetisi. Pemain Prancis ini sempat menjadi pemain terbaik klub untuk musim 2002/2003.

Lima musim membela City, Distin menyeberang ke Portsmouth. Namun, ia tidak lama berseragam The Pompey, karena dirinya memutuskan hengkang ke Everton pada 2009. Distin tercatat membela Everton hingga 2015 dan memainkan 174 pertandingan di liga domestik.

3. Joleon Lescott

8 Pemain yang Pernah Bermain untuk Manchester City dan EvertonJoleon Lescott (mancity.com)

Mengawali karier profesional bersama Wolverhampton Wanderers, nama Joleon Lescott bersinar saat pindah ke Everton pada 2006. Di klub asal Liverpool tersebut, ia menjadi salah satu pemain reguler di lini belakang. Ia akhirnya dipanggil memperkuat timnas Inggris.

Tertarik dengan talentanya, Manchester City memboyong Lescott pada Agustus 2009. Lescott bergabung dengan mereka yang sedang memiliki banyak dana dan diperkuat banyak pemain bintang. Hasilnya, ia dua kali menjuarai Premier League bersama klub tersebut.

4. Gareth Barry

8 Pemain yang Pernah Bermain untuk Manchester City dan EvertonGareth Barry (premierleague.com)

Nama Gareth Barry sangat identik dengan Aston Villa karena lama memperkuat klub tersebut pada 1998—2009. Namun, pemain Inggris ini justru meraih kesuksesan saat pindah ke Manchester City. Barry sempat sekali mencicipi trofi Premier League dan FA Cup.

Pada 2013/2014, manajemen Manchester City meminjamkan Barry ke Everton. Mampu tampil reguler, The Toffees pun mengontrak Barry secara permanen. Ia menghabiskan waktu 3 musim di Everton dengan memainkan 99 pertandingan liga dan pernah menjadi pemain terbaik klub musim 2015/2016.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Membela Manchester City dan Everton, Siapa Saja?

5. Jack Rodwell

8 Pemain yang Pernah Bermain untuk Manchester City dan EvertonJack Rodwell (twitter.com/mancity)

Jack Rodwell adalah produk akademi Everton dan mentas ke tim utama pada 2007. Bisa bermain sebagai bek maupun gelandang bertahan, pesepak bola kelahiran Inggris ini sempat mengantarkan The Toffees mencicipi final Piala FA 2008/2009 walau gagal menjadi kampiun.

Setelah 5 musim bersama Eveton, Rodwell setuju pindah ke Manchester City dengan durasi kontrak 5 tahun. Sayangnya, ia tidak berhasil menembus tim utama. Setelah menjuarai Premier League 2013/2014, Rodwell dilepas ke Sunderland pada Agustus 2014.

6. John Stones

8 Pemain yang Pernah Bermain untuk Manchester City dan EvertonJohn Stones (twitter.com/everton)

Nama John Stones mencuri perhatian saat memutuskan bergabung dengan Everton pada Januari 2013. Belum genap berusia 20 tahun, ia langsung menjadi pilihan utama di lini belakang The Toffees, dan membuatnya terpilih masuk timnas Inggris pada 2014.

Setelah 3 tahun di Goodison Park, Stones memutuskan melanjutkan karier bersama Manchester City. Keputusan pemain kelahiran Barnsley ini terbilang tepat, karena ia akhirnya merasakan manisnya juara Premier League. Trofi lainnya termasuk FA Cup dan EFL Cup.

7.  Eliaquim Mangala

8 Pemain yang Pernah Bermain untuk Manchester City dan EvertonEliaquim Mangala (id.mancity.com)

Eliaquim Mangala didatangkan Manchester City dari Porto pada 2014 untuk mengisi slot di lini belakang. Saat itu, ia memang mampu tampil reguler di bawah asuhan Manuel Pellegrini dan membentuk benteng tangguh bersama bek asal Belgia, Vincent Kompany.

Sayangnya, Mangala gagal tampil konsisten dan akhirnya tergusur dari tim utama. Pada Agustus 2016, Manchester City meminjamkannya ke Valencia. Sempat balik ke klub, ia dipinjamkam ke Everton pada Januari 2018, sebelum akhirnya pindah secara permanen ke Valencia.

8. Fabian Delph

8 Pemain yang Pernah Bermain untuk Manchester City dan EvertonFabian Delph (instagram.com/fabian_delph)

Selain Gareth Barry, Fabian Delph adalah pemain Manchester City yang direkrut dari Aston Villa. Ia datang ke Stadion Etihad pada Juli 2015. Meski tidak sering menempati sebelas pertama, Delph menjadi bagian klub saat merebut trofi Premier League 2017/2018 dan 2018/2019.

Cuma bertahan 4 musim dari 5 tahun kontrak awal, Delph setuju pindah ke Everton pada Juli 2019. Pada usianya yang sudah tidak lagi muda, mantan gelandang timnas Inggris ini memang jarang bermain reguler untuk The Toffees, tetapi masih bertahan di Goodison Park.

Walau saat ini kekuatan Manchester City dan Everton terpaut jauh, kedua klub tersebut merupakan tim tradisional di persepakbolaan Inggris. Jadi, tidak sedikit pemain yang tertarik membela salah satu atau dua-duanya.

Baca Juga: 6 Pemain yang Pernah Membela Manchester City dan Leicester City

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya