Ini Dia Beberapa Faktor Mengapa Jerman Tersingkir di Piala Dunia 2018

#WorldCup2018 Apakah benar karena "kutukan"?

Jerman dipastikan langkahnya terhenti di Piala Dunia 2018 setelah dicukur 2-0 oleh Korea Selatan pada Rabu (27/6). Jerman pun harus puas dengan posisi terbawah di grup F dengan perolehan 3 poin. Berikut ini beberapa faktor mengapa der Panzer secara mengejutkan tersingkir lebih cepat dari Piala Dunia 2018:

1. Taktik permainan telah terbaca

Ini Dia Beberapa Faktor Mengapa Jerman Tersingkir di Piala Dunia 2018fifa.com

Inilah faktor pertama mengapa Jerman tersingkir. Joachim Loew seakan-akan tidak memiliki ide untuk menambahkan variasi gaya permainan yang baru. Ia selalu menggunakan taktik permainan yang hampir sama yang sudah dipakai bertahun-tahun, jelas ini menjadi keuntungan bagi para lawannya untuk mencari celah dalam taktik yang digunakan Jerman selama ini.

2. Tidak adanya penyerang yang bisa menjadi ujung tombak

Ini Dia Beberapa Faktor Mengapa Jerman Tersingkir di Piala Dunia 2018fifa.com

Kehilangan seorang legenda bernama Miroslav Klose sangat terasa bagi skuat Jerman saat ini. Pada Piala Dunia yang berlangsung di Rusia ini tidak ada penyerang Jerman yang menyarangkan 1 gol pun ke gawang musuh.

Timo Werner yang diprediksi akan menjadi Bomber andalan Jerman justru tampil melempem dan mandul selama 3 laga. Dan juga Mario Gomez yang tampaknya sudah termakan oleh umur yang praktis mengurangi kualitasnya. Seharusnya Loew dapat mempertimbangkan Sandro Wagner yang cukup tajam sebagai pelapis Lewandowski di Bayern Munchen.

3. Tidak adanya susunan pemain yang pasti

Ini Dia Beberapa Faktor Mengapa Jerman Tersingkir di Piala Dunia 2018fifa.com

Jerman memang selalu mengandalkan taktik 4-2-3-1 selama 3 match ini. Tetapi tampaknya Low sangat bingung untuk menentukan susunan yang pasti dalam taktiknya tersebut. Hanya sektor lini depan dan penjaga gawang saja yang tidak pernah berubah selebihnya dalam menentukan sektor lini belakang dan lini tengah selalu berubah-berubah susunan pemainnya. Dimana sektor bek tengah yang paling sering diubah dan tandem Toni Kroos di lini tengah yang selalu diganti.

4. Benarkah adanya "kutukan" juara Piala Dunia?

Ini Dia Beberapa Faktor Mengapa Jerman Tersingkir di Piala Dunia 2018fifa.com

Kegagalan Jerman lolos ke fase 16 besar mengulang kembali sejumlah catatan buruk juara bertahan di Piala Dunia dalam hampir dua dekade terakhir. Tren buruk ini dimulai oleh Prancis pada Piala Dunia 2002.

Datang dengan status sebagai juara bertahan plus juara Piala Eropa 2000, Zinedine Zidane dan kawan-kawan malah tak dapat berbicara banyak dan menjadi juru kunci. Hanya timnas Brasil yang berhasil lolos dalam kutukan ini yang terjadi pada 2006. Selebihnya Italy dan Spanyol pun juga terkena kutukan ini.

Bobby Insja Photo Writer Bobby Insja

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya