Catatan Penampilan 4 Pemain RB Salzburg di Piala Dunia 2022

Dua di antaranya jadi cadangan mati

RB Salzburg adalah klub paling sukses kedua di Austria, setelah Rapid Wina. Namun, klub saudara RB Leipzig ini telah merajai Bundesliga Austria dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, seakan tak ada pesaing sepadan dengan klub di bawah naungan perusahaan Red Bull tersebut. 

Kesuksesan RB Salzburg pada musim kompetisi 2022/2023 ini tak bisa dilepaskan dari sederet pemain bintang yang membela klub Austria tersebut. Beberapa pemain tersebut punya peran penting untuk kemajuan dan peningkatan performa Die Rotten Bullen pada 2022/2023. 

Oleh karenanya, pelatih tim nasional turut memanggil pemain RB Salzburg untuk mengisi skuadnya di Piala Dunia 2022 Qatar. Kira-kira siapa saja pemainnya dan bagaimana aksi mereka di Piala Dunia 2022? Simak ulasannya berikut ini!

1. Noah Okafor (Swiss)

Catatan Penampilan 4 Pemain RB Salzburg di Piala Dunia 2022Noah Okafor ketika memperkuat Swiss di Piala Dunia 2022. (instagram.com/noah.arinze)

Noah Okafor merupakan striker tumpuan RB Salzburg. Pada paruh musim 2022/2023, Okafor sudah membukukan 10 gol dalam 20 pertandingan Bundesliga Austria dan Liga Champions. Prestasi itu yang membuat Murat Yakin meliriknya sebagai stiker pelapis di Timnas Swiss. 

Sayangnya, Okafor belum berhasil menembus starting line-up Swiss di Piala Dunia 2022. Meski demikian, ia sudah diturunkan dalam tiga pertandingan sebagai pemain pengganti. Ia hanya absen dalam laga kedua melawan Brasil di penyisihan Grup G. 

2. Philipp Koehn (Swiss)

Catatan Penampilan 4 Pemain RB Salzburg di Piala Dunia 2022Philipp Köhn saat membela Swiss di Piala Dunia 2022. (instagram.com/philippkhn22)

Selain Okafor, Philipp Koehn juga masuk nama pemain Swiss yang ikut diboyong ke Qatar dalam perhelatan Piala Dunia 2022. Menjadi penjaga gawang keempat di A Team Nati membuat kiper andalan RB Salzburg ini sama sekali tidak diturunkan dalam turnamen akbar itu. 

Sebaliknya, di skuad RB Salzburg, Koehn merupakan sosok kiper andalan yang jarang tergantikan. Ia berhasil mencatatkan 9 clean sheet dalam 22 pertandingan liga domestik maupun turnamen antar klub Eropa. 

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir RB Leipzig dari RB Salzburg, Ada Benjamin Sesko!

3. Luka Sucic (Kroasia)

Catatan Penampilan 4 Pemain RB Salzburg di Piala Dunia 2022Luka Sucic saat membela Red Bull Salzburg. (instagram.com/luka_sucic)

Luka Sucic merupakan pemain RB Salzburg yang ikut ke Qatar untuk membela Kroasia. Sayangnya, ia tidak mendapatkan kesempatan bermain sama sekali di Piala Dunia 2022. Hal itu lantaran ketatnya persaingan sebagai gelandang serang Kroasia yang sudah diisi oleh Ivan Perisic dan Mario Pasalic. 

Meski begitu, Sucic ternyata masuk sebagai pemain reguler di skuad RB Salzburg pada musim 2022/2023. Ia sudah diturunkan dalam 12 pertandingan Bundesliga Austria dan 5 laga Liga Champions musim ini. 

4. Strahinja Pavlovic (Serbia)

Catatan Penampilan 4 Pemain RB Salzburg di Piala Dunia 2022Strahinja Pavlovic saat membela Serbia di Piala Dunia 2022. (instagram.com/fudbalskisavezsrbije)

Strahinja Pavlovic dikenal sebagai bek tengah andalan Serbia. Pada Piala Dunia 2022 Qatar, ia selalu masuk dalam starling line-up Serbia di bawah asuhan Dragan Stojković. Sayangnya, ia gagal membawa negaranya melaju ke babak 16 besar setelah kalah melawan Brasil dan Swiss. 

Selain tampil mengesankan bersama Serbia, Pavlovic juga mampu berprestasi di RB Salzburg. Pada paruh 2022/2023 ini, ia sudah mengemas 1 gol dan 1 assist untuk klubnya meski berperan sebagai seorang pemain belakang. 

5. Mantan pemain RB Salzburg yang ikut Piala Dunia 2022

Catatan Penampilan 4 Pemain RB Salzburg di Piala Dunia 2022Brenden Aaronson saat membela Timnas Amerika Serikat di Piala Dunia 2022. (instagram.com/baaronson7)

Pada Piala Dunia 2022, terpantau ada beberapa nama mantan pemain bintang RB Salzburg yang ikut tampil di Qatar. Beberapa pemain tersebut sempat membela klub Austria ini pada 2021/2022 sebelum memutuskan hengkang pada musim panas 2022. 

Nama-nama pemain tersebut meliputi Brenden Aaronson dan Rasmus Kristensen yang memilih pergi ke Liga Inggris untuk membela Leeds United. Adapun nama pemain muda potensial Jerman, Karim Adeyemi, yang menerima tawaran bermain di Bundesliga Jerman bersama Borussia Dortmund.

Tercatat hanya Kristensen yang jadi pemain utama di Timnas Denmark pada Piala Dunia 2022. Di sisi lain, Aaronson hanya berperan sebagai pemain cadangan di Timnas Amerika Serikat. Meski begitu, ia dimainkan sebagai pemaing pengganti tetap bagi timnya. Sementara itu, Adeyemi sama sekali tidak mendapat kesempatan bermain untuk Jerman.

Keempat pemain bintang di atas memang dikenal sebagai andalan bagi klubnya, RB Salzburg. Mereka punya kontribusi besar terhadap prestasi klubnya di liga domestik dan Liga Champions. Namun, hanya Pavlovic yang berhasil masuk dalam skuad utama tim nasionalnya di Piala Dunia 2022. 

Baca Juga: 7 Eks RB Salzburg di Premier League 2022/2023, Gak Cuma Haaland!

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya