4 Fakta Keberhasilan RB Leipzig Merebut Trofi DFB Pokal 2022/2023

Sukses back-to-back juara DFB Pokal

RB Leipzig memastikan diri sebagai raja DFB Pokal 2022/2023. Mereka mengandaskan perlawanan Eintracht Frankfurt 2-0 di laga pemungkas yang berlangsung pada Sabtu (4/5/2023) di Olympiastadion Berlin. Tim berjuluk Die Rotten Bullen ini pun juara back-to-back usai merengkuhnya tahun lalu. Kini, terdapat empat fakta keberhasilan RB Leipzig merebut trofi DFB Pokal 2022/2023.

1. RB Leipzig merebut trofi DFB Pokal untuk kedua kalinya

4 Fakta Keberhasilan RB Leipzig Merebut Trofi DFB Pokal 2022/2023Pemain RB Leipzig saat merayakan gelar juara DFB Pokal 2022/2023. (twitter.com/RBLeipzig_EN)

Gelar juara DFB Pokal 2022/2023 merupakan yang kedua kalinya bagi RB Leipzig. Tim asal Leipzig itu bahkan sukses merebut gelar keduanya berturut-turut usai merengkuh gelar perdana tahun lalu. Sementara, pada 2020/2021, mereka harus puas dengan status runner-up DFB Pokal setelah kalah dari Borussia Dortmund (1-4).

Perjalanan RB Leipzig di DFB Pokal musim ini tidak mudah. Mereka harus bertemu sejumlah tim besar Jerman, termasuk Borussia Dortmund, di perempat final. Die Rotten Bullen juga bersua SC Freiburg di semifinal, lawan yang mereka kalahkan di final tahun lalu.

Statistik menunjukkan bahwa RB Leipzig memang unggul dalam segala aspek dibanding rivalnya tahun ini, Eintracht Frankfurt. Namun, tim asal Leipzig tersebut baru dapat mencetak gol pada menit ke-71 lewat sontekan Christopher Nkunku. Tepat 14 menit kemudian, Dominik Szoboszlai menggandakan keunggulan sekaligus memastikan kemenangan RB Leipzig.

2. Timo Werner dan Dominik Szoboszlai masuk dalam daftar top skor

Sebagai juara, RB Leipzig ikut mencatatkan nama pemainnya dalam daftar top skor DFB Pokal 2022/2023. Dua strikernya, Timo Werner dan Dominik Szoboszlai, menyumbang masing-masing 5 dan 3 gol. Catatan itu diikuti Christopher Nkunku yang mencetak 3 gol dalam 3 pertandingan.

Sementara itu, finalis DFB Pokal 2022/2023 lainnya, Eintracht Frankfurt, ikut menyumbang dua pemainnya dalam top skor. Randal Kolo Muani bertengger di puncak top skor dengan sumbangan 6 gol dalam 6 laga. Daichi Kamada masuk di posisi keempat dengan kontribusi empat gol untuk timnya di turnamen ini.

Baca Juga: 5 Pemain RB Leipzig yang Menorehkan Banyak Gol pada Musim 2022/2023

3. Marco Rose memperoleh gelar pertama bersama tim kampung halamannya

4 Fakta Keberhasilan RB Leipzig Merebut Trofi DFB Pokal 2022/2023pelatih RB Leipzig, Marco Rose (twitter.com/DFBPokal_EN)

Keberhasilan RB Leipzig merengkuh gelar juara DFB Pokal 2022/2023 tak bisa lepas dari peran pelatihnya, Marco Rose. Hebatnya, Rose baru menukangi Die Rotten Bullen pada September 2022. Sebagai putra asli Leipzig, raihan gelar juara DFB Pokal bersama tim asal kampung halamannya terasa spesial.

Ini merupakan momen pertamanya merebut gelar juara di salah satu turnamen domestik paling bergengsi di Jerman. Sebelumnya, ketika melatih Red Bull Salzburg, Rose hanya pernah mengantarkan timnya menjuarai Bundesliga Austria 2 musim berturut-turut. Ia juga ikut mengantarkan tim raksasa Austria itu merengkuh gelar juara Austrian Cup 2018/2019 dan UEFA Youth League 2016/2017.

4. RB Leipzig layak masuk kategori tim elite Jerman

Sejak promosi pada 2016/2017, RB Leipzig berhasil mengukuhkan diri sebagai tim papan atas Bundesliga Jerman. Mereka mampu menembus turnamen antartim Eropa dan bersaing dengan tim raksasa Benua Biru. Sayangnya, RB Leipzig belum pernah mengangkat trofi apa pun sebelum 2021/2022.

Berkat tambahan trofi DFB Pokal untuk kedua kalinya, tim yang dibentuk pada 2009 ini pantas masuk ke jajaran tim elite Jerman. Mereka sudah mengungguli Bayer Leverkusen dan VfL Wolfsburg yang baru menorehkan satu gelar juara DBF Pokal. Hanya satu kekurangan Die Rotten Bullen, yakni belum pernah menjuarai Bundesliga.

Di bawah kendali pelatih baru, RB Leipzig terbukti mampu mempertahankan gelar juara DFB Pokal. Ini membuktikan mereka adalah tim yang punya mental juara. Ke depannya, bukan tidak mungkin tim ini bisa merengkuh gelar-gelar bergengsi. Patut dinanti prestasi RB Leipzig selanjutnya.

Baca Juga: 6 Pemain Kunci yang Membawa RB Leipzig Juara DFB Pokal 2022/2023

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya