4 Fakta Promosi Deportivo Alaves ke LaLiga 2023/2024

Sukses merebut tiket terakhir ke LaLiga

Deportivo Alaves memastikan diri sebagai peserta LaLiga Spanyol 2023/2024. Mereka sukses merebut tiket terakhir ke kasta tertinggi dengan perjuangan yang tidak mudah. Alaves harus menempuh laga playoff promosi di Segunda Division 2022/2023. Terdapat empat fakta menarik di balik kesuksesan tim berjuluk Los blanquiazules dalam menapakkan kakinya kembali ke divisi utama.

1. Alaves konsisten di papan atas Segunda Division

4 Fakta Promosi Deportivo Alaves ke LaLiga 2023/2024Pemain Deportivo Alaves saat merayakan kemenangan. (instagram.com/deportivoalaves)

Dicap sebagai tim relegasi, Deportivo Alaves membuktikan diri punya skuad lebih baik dibanding pesaingnya di Segunda Division. Alhasil, sejak awal 2022/2023, Alaves mampu tampil konsisten dan duduk di papan atas. Mereka pun mengakhiri musim di posisi ke-4 klasemen akhir dan berhak ikut playoff promosi. 

Perjalanan Alaves pada laga playoff bisa dibilang sangat mulus. Mereka mampu melewati adangan Eibar dengan mudah dan menang dengan agregat 3-1. Alaves lalu melawan tim kuat, Levante, yang berada satu tingkat di atasnya pada partai puncak. 

Alaves vs Levante terpantau sangat alot. Kedua tim berkeinginan kuat kembali tampil di LaLiga. Bahkan, laga harus digelar hingga babak tambahan. Namun, Alaves akhirnya mampu memetik kemenangan 1-0 lewat gol semata wayang Asier Villalibre pada meni 120+9.

2. Hanya satu pemain yang masuk top skor

4 Fakta Promosi Deportivo Alaves ke LaLiga 2023/2024Luis Rioja saat melakukan selebrasi gol. (instagram.com/luisrioja_11)

Penampilan apik Deportivo Alaves tak bisa dilepaskan dari pemain andalannya. Luis Rioja tercatat sebagai satu-satunya pemain yang masuk dalam daftar top skor Segunda Division 2022/2023. Pemain sayap kiri itu berhasil menyumbang 10 gol dan 4 assist untuk Los blanquiazules. 

Kiper Antonio Sivera juga layak disebut pahlawan Alaves. Ia berhasil masuk dalam daftar top clean sheet Segunda Division 2022/2023. Sepanjang 41 laga di kasta kedua, Sivera berhasil mengakhiri 17 pertandingan tanpa kemasukan.

Baca Juga: 6 Kiper Terbaik 2023 yang Merumput Bersama Tim LaLiga Spanyol

3. Peran Luis Garcia di Deportivo Alaves

4 Fakta Promosi Deportivo Alaves ke LaLiga 2023/2024Pelatih Deportivo Alaves, Luis Garcia. (instagram.com/deportivoalaves)

Kepala Pelatih Luis Garcia juga sosok yang tak bisa dilepaskan dari perjuangan Deportivo Alaves. Ia resmi ditunjuk untuk menangani tim asal Basque ini setelah dipastikan berlaga di Segunda Division. Target utamanya adalah membawa timnya kembali ke LaLiga. 

Meski baru melatih pada Juli 2022, mantan pelatih RCD Mallorca ini ternyata mampu menangani tim asuhannya dengan baik. Sepanjang 2022/2023, Alaves mampu meraih 19 kemenangan dan hanya menderita 9 kekalahan. Mereka pun duduk di posisi ke-4 klasemen akhir. 

Taktik yang diadopsi Garcia sebenarnya tidak begitu istimewa. Ia hanya mengandalkan formasi 4-4-2 dengan dua striker utama Marcos de la Fuente dan Asier Villalibre. Menariknya, ia lebih menitikberatkan serangan dari sisi kiri. Itu terlihat dari Luis Rioja dan Ruben Duarte yang banyak memberikan umpan dan gol.

4. Menjadi tim asal Basque ketiga di LaLiga 2023/2024

4 Fakta Promosi Deportivo Alaves ke LaLiga 2023/2024Pemain Deportivo Alaves saat merayakan kemenangan. (instagram.com/deportivoalaves)

Deportivo Alaves menjadi klub asal Basque ketiga yang berkompetisi di LaLiga 2023/2024. Itu dihitung setelah dua klub terbesar Basque, Athletic Bilbao dan Real Sociedad. Selain derbi Basque antara Real Sociedad dan Athletic Bilbao, akan ada pula duel melawan Alaves. 

Meski Los blanquiazules bukanlah apa-apa dibanding dua tim besar tersebut, kemungkinan besar tim Vitoria-Gasteiz ini akan mampu memberikan perlawanan sengit. Mengingat mereka punya rekam jejak yang tidak buruk di LaLiga dalam beberapa musim terakhir. Alaves punya potensi untuk bertahan.

Keberhasilan Deportivo Alaves menembus kasta tertinggi pada 2023/2024 memang diliputi sedikit unsur keberuntungan. Meski begitu, mereka tak boleh menyia-nyiakan kesempatan untuk bertahan di LaLiga. Kini, saatnya Los blanquiazules untuk berbenah dan menambal sejumlah lini yang tumpul.

Baca Juga: 5 Pertandingan dengan Gol Terbanyak di LaLiga Spanyol 2022/2023

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya