Comscore Tracker

5 Kiper Amerika Latin yang Merumput di Liga Prancis

Jadi kiper andalan klub!

Pesepak bola asal Amerika Latin memang dikenal memiliki skill dalam mengolah bola yang bagus. Tak heran apabila banyak pemain asal Amerika Latin yang diincar klub-klub Eropa untuk membantunya dalam memperkuat sejumlah lini sekaligus mengejar gelar juara. 

Pada musim ini, terdapat sejumlah pemain asal Amerika Latin yang tengah merumput bersama klub Liga Prancis, baik Ligue 1 dan Ligue 2. Tak ketinggalan, di antaranya adalah berposisi sebagai penjaga gawang. Siapa saja?

1. Donovan Léon (AJ Auxerre)

5 Kiper Amerika Latin yang Merumput di Liga PrancisDonovan Léon saat masih berseragam Stade Brest. (instagram.com/donleonofficiel)

Nama pertama adalah Donovan Léon yang pada musim ini tengah memperkuat AJ Auxerre di Ligue 2. Penjaga gawang berkebangsaan Guyana Prancis ini sudah bergabung ke Auxerre usai diboyong dari Stade Brest 29 pada musim panas 2020 dengan status bebas transfer. 

Pada musim ini, pemain berusia 29 tahun itu sudah dipercaya sebagai penjaga gawang utama tim berjuluk Les diplomates. Ia sudah diturunkan dalam 37 pertandingan dan mampu menorehkan 14 kali clean sheets. Leon juga tengah berusaha untuk mengembalikan tim ke Ligue 1. 

2. Wuilker Fariñez (RC Lens)

5 Kiper Amerika Latin yang Merumput di Liga PrancisWuilker Fariñez saat membela Lens. (instagram.com/wuilkerfarinez98)

Kemudian, ada nama Wuilker Fariñez yang menjadi satu-satunya kiper berkebangsaan Venezuela di Ligue 1. Penjaga gawang berusia 24 tahun itu kini sedang memperkuat RC Lens usai didatangkan dari klub Kolombia, Millonarios FC pada musim panas 2021. 

Fariñez didatangkan Lens setelah tampil impresif bersama Timnas Venezuela di Copa Amerika 2020. Pada musim ini, kiper kelahiran Caracas itu sudah diturunkan dalam 13 pertandingan dan berhasil mencatatkan 4 clean sheets

Baca Juga: 9 Kiper dengan Clean Sheet Lebih Banyak dari David De Gea di EPL

3. Walter Benítez (OGC Nice)

5 Kiper Amerika Latin yang Merumput di Liga PrancisWalter Benitez ketika memperkuat AS Monaco. (instagram.com/walterbenitezoficial)

Tak ketinggalan, ada nama Walter Benítez yang masuk sebagai salah satu penjaga gawang terbaik di Ligue 1 musim ini. Pasalnya, kiper berkebangsaan Argentina itu sudah mencatatkan 14 kali clean sheets dari 33 pertandingan bersama OGC Nice.

Penjaga gawang berusia 29 tahun itu sempat berseragam klub Argentina, Quilmes selama tiga musim. Sebelum akhirnya diboyong ke Allianz Riviera pada 2016 dan menjadi kiper andalan di skuad tim berjuluk Les Aiglons itu. 

Meski memiliki penampilan yang gemilang musim ini dan berperan membawa timnya ke zona Eropa. Akan tetapi, Benítez belum pernah sekalipun dipanggil untuk membela tim nasional senior Argentina.

4. Leo Jardim (LOSC Lille)

5 Kiper Amerika Latin yang Merumput di Liga PrancisLeo Jardim saat memperkuat LOSC Lille di Ligue 1. (twitter.com/Ligue1_ENG)

Leo Jardim adalah salah satu kiper asal Amerika Latin yang kini merumput di Ligue 1 bersama LOSC Lille. Pesepak bola berkebangsaan Brasil ini sudah bergabung bersama tim yang berkandang di Stade Pierre-Mauroy itu sejak 2019 dan sempat dipinjamkan ke Boavista selama satu musim. 

Kini, pemain Brasil yang memiliki keturunan Italia itu sudah dipercaya menjadi salah satu kiper utama di skuad Les Dogues. Kiper berusia 27 tahun itu sudah diberi mandat untuk melakoni 18 pertandingan dan mampu menorehkan 9 kali clean sheets

5. Keylor Navas (Paris Saint-Germain)

5 Kiper Amerika Latin yang Merumput di Liga PrancisKeylor Navas ketika memperkuat PSG di Ligue 1. (instagram.com/keylornavas1)

Terakhir, ada Keylor Navas yang merupakan penjaga gawang senior yang sedang memperkuat klub Paris Saint-Germain (PSG). Pemain berusia 35 tahun itu didatangkan dari Real Madrid pada tahun 2019. Ia dikenal luas sebab pernah tampil mengesankan bersama Timnas Kosta Rika pada gelaran Piala Dunia 2014 di Brasil. 

Navas dikenal sebagai menjadi salah satu pilihan andalan pelatih Mauricio Pochettino untuk menjaga mistar gawang, bersama dengan kiper asal Italia, Gianluigi Donnarumma. Navas sudah diturunkan dalam 25 laga dan berhasil menorehkan 9 kali clean sheets sepanjang musim ini. 

 

Meski tak sebanyak pesepak bola yang berposisi sebagai penyerang, gelandang, maupun defender. Namun, penjaga gawang asal Amerika Latin juga dikenal memiliki skill yang mumpuni. Pada musim ini, terdapat kiper asal Amerika Latin yang berhasil menunjukkan kepiawaiannya.

Baca Juga: 5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di Ligue 1 Prancis 2021/2022

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya