6 Klub Bundesliga 2 yang Berpotensi Masuk Kasta Tertinggi

Beberapa termasuk klub besar Jerman

Menjelang akhir musim 2021/2022, persaingan memperebutkan gelar juara maupun menghindari jurang degradasi kian sengit. Hal serupa terjadi di kompetisi kasta kedua Liga Jerman atau 2. Bundesliga.

Sejumlah klub yang terjerembap di kasta kedua Liga Jerman tengah berupaya untuk kembali berkompetisi di kasta tertinggi. Beberapa di antaranya merupakan klub besar langganan juara yang berusaha pulang ke habitatnya di Bundesliga.

1. FC Nuernberg

6 Klub Bundesliga 2 yang Berpotensi Masuk Kasta TertinggiPemain FC Nuernberg saat merayakan gol. (instagram.com/1_fc_nuernberg)

Pada musim ini, FC Nuernberg memiliki penampilan yang cukup baik dan mampu konsisten berada di papan atas 2. Bundesliga. Namun, jalan klub asal Nuernberg ini cukup terjal. Pasalnya, mereka masih berada di posisi keenam klasemen sementara. 

Hanya meninggalkan tiga pertandingan, tentu peluang Der Club untuk masuk ke zona play-off di peringkat ketiga cukup ketat. Untuk mengejar asa kembali ke Bundesliga, FC Nuernberg harus memenangi semua laga.

2. Hamburger SV

6 Klub Bundesliga 2 yang Berpotensi Masuk Kasta TertinggiPemain Hamburger SV saat merayakan kemenangan di DFB Pokal. (instagram.com/hsv)

Kemudian, ada klub besar Liga Jerman, Hamburger SV, yang berkeinginan kuat kembali berkompetisi di kasta tertinggi. Pasalnya, klub berseragam putih biru merah ini sudah terjerembap di 2. Bundesliga selama 4 tahun lamanya. 

Pada musim ini, klub berjuluk Die Rothosen ini memiliki penampilan yang cukup baik, meski sempat terseok-seok di awal. Lambat laun, Hamburger SV menunjukkan performanya dan berhasil mengumpulkan 51 poin dari 31 pertandingan. 

Dengan sisa tiga laga, Hamburger SV yang berada di posisi kelima klasemen sementara harus dapat memaksimalkan poin mereka. Apabila meraih hasil positif dalam tiga laga, bukan tidak mungkin klub asal Hamburg ini promosi tanpa melalui play-off.

3. FC St Pauli

6 Klub Bundesliga 2 yang Berpotensi Masuk Kasta TertinggiPemain FC St Pauli bertepuk tangan usai pertandingan. (instagram.com/fcstpauli)

Sejak awal musim ini, St Pauli terlihat sangat konsisten berada di zona promosi ke Bundesliga. Namun, dalam beberapa pertandingan terakhir, klub ini justru kecolongan setelah mengalami rentetan kekalahan dan hasil imbang. 

Dengan hasil poin 53, klub yang berasal dari distrik St Pauli di Hamburg ini masuk sebagai salah satu klub yang berpotensi besar promosi ke Bundesliga. Klub ini harus memaksimalkan laga selanjutnya demi mengamankan posisinya. 

Meski begitu, pada dua laga selanjutnya, St Pauli menghadapi tantangan besar. Pasalnya, mereka harus melawan klub kuat yang juga berambisi masuk ke kasta tertinggi, yakni FC Nuernberg dan FC Schalke 04.

Baca Juga: 5 Klub Juara Liga Prancis yang Harus Turun Kasta

4. SV Darmstadt 98

6 Klub Bundesliga 2 yang Berpotensi Masuk Kasta TertinggiPemain SV Darmstadt 98 yang merayakan gol. (instagram.com/svdarmstadt1898)

SV Darmstadt 98 termasuk klub yang mempunyai kans besar untuk promosi ke Bundesliga musim depan. Klub ini juga mampu menunjukkan performa baiknya sejak awal musim. Mereka sukses konsisten bertengger di papan atas 2. Bundesliga. 

Meski begitu, klub berjuluk Die Lilien ini sempat mengalami kekalahan beruntun yang membuatnya bergeser ke posisi ketiga. Untungnya, Darmstadt masih dapat mengakhiri musim di posisi pertama atau kedua musim ini.

Apabila tidak, klub ini sebenarnya hanya perlu mempertahankan posisinya saat ini. Posisi ketiga berarti berada di zona play-off dan berpeluang masuk ke Bundesliga.

5. FC Schalke 04

6 Klub Bundesliga 2 yang Berpotensi Masuk Kasta TertinggiPemain Schalke 04 saat merayakan gol. (instagram.com/s04)

Tak ketinggalan, ada FC Schalke 04 yang merupakan klub raksasa Jerman yang terpaksa berkutat di kasta kedua. Kali ini, klub asal Gelsenkirchen ini berpeluang besar untuk promosi ke Bundesliga setelah semusim berada di 2. Bundesliga. 

Klub berjuluk Die Koenigsblauen ini berhasil menduduki peringkat kedua klasemen 2. Bundesliga dengan torehan 56 poin. Schalke memiliki catatan cukup baik dalam beberapa pertandingan terakhir. Namun, pada laga terakhir melawan Werder Bremen, klub ini kalah telak dengan skor 1-4. 

Meski berada di posisi kedua klasemen, Schalke masih harus berjuang untuk memenangi semua laga sampai pertandingan terakhir. Pasalnya, beberapa klub di bawahnya masih punya peluang besar untuk menggesernya.

6. Werder Bremen

6 Klub Bundesliga 2 yang Berpotensi Masuk Kasta TertinggiPemain Werder Bremen saat merayakan kemenangan. (instagram.com/werderbremen)

Terakhir, ada Werder Bremen yang memiliki catatan positif sepanjang musim ini. Padahal klub asal Bremen ini sempat terseok-seok di awal dan tercecer di papan tengah klasemen sementara. Klub ini kini berhasil menduduki puncak klasemen dan punya kans besar untuk berlaga di Bundesliga musim depan. 

Walaupun bertengger di puncak klasemen, klub berjuluk Sphinx des Nordens ini hanya mengumpulkan 57 poin. Artinya, klub ini hanya terpaut satu poin dengan Schalke di posisi kedua. Maka, Werder Bremen harus mengupayakan kemenangan agar memastikan langkahnya kembali ke Bundesliga.

Baca Juga: 6 Klub Juara Liga Jerman yang Turun Kasta

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya