4 Klub Eredivisie Ini Masih Berpeluang Degradasi Musim 2022/2023

Dua terbawah sudah dipastikan terdegradasi

Eredivisie tinggal menyisakan tiga pertandingan lagi. Di papan atas, Feyenoord Rotterdam selangkah lagi memastikan diri merebut gelar juara musim 2022/2023 ini, namun, dengan syarat mereka meraup kemenangan di laga berikutnya melawan Go Ahead Eagles. 

Di papan bawah, tersaji persaingan yang cukup ketat karena beberapa klub masih berpotensi terperosok ke jurang degradasi. Tentunya, klub-klub tersebut harus berusaha keras di sisa laga agar tidak terdepak dari kasta tertinggi Liga Belanda. 

Meski sudah ada dua tim yang dipastikan terdegradasi pada pekan ke-31 Eredivisie 2022/2023, masih ada beberapa klub yang belum bisa memastikan diri tetap berlaga di Eredivisie musim depan. Siapa saja dan bagaimana peluang mereka?

1. Vitesse Arnhem

4 Klub Eredivisie Ini Masih Berpeluang Degradasi Musim 2022/2023pemain Vitesse Arnhem (instagram.com/mijnvitesse)

Penampilan Vitesse Arnhem sejak awal 2022/2023 memang buruk. Hal itu terbukti dari kekalahan beruntun dalam tiga pertandingan perdana Eredivisie musim ini. Lambat laun, penampilan mereka membaik dan mulai merangkak keluar dari zona merah. 

Sayangnya, posisi klub asal Arnhem ini tak pernah menjauh dari papan bawah. Bahkan, posisi tertingginya hanya di peringkat 12 klasemen. Pada pekan ke-31, klub berseragam hitam kuning ini hanya duduk di posisi ke-13 dengan perolehan 31 poin. 

Meski tidak berada di zona degradasi, jika Vitesse lengah bukan tidak mungkin posisinya akan digantikan klub yang membuntutinya. Pasalnya, FC Volendam hanya terpaut satu poin dari mereka. 

Baca Juga: 6 Pemain Muda Eredivisie yang Bersinar pada 2022/2023

2. FC Volendam

4 Klub Eredivisie Ini Masih Berpeluang Degradasi Musim 2022/2023pemain FC Volendam (instagram.com/fcvolendam)

FC Volendam terus membuntuti Vitesse untuk memastikan diri tidak terperosok ke zona playoff degradasi. Duduk di posisi ke14 dengan perolehan 30 poin, klub asal Belanda Utara ini memiliki kans besar untuk bertahan di Eredivisie. Namun, mereka tetap harus fokus hingga laga terakhir mengingat Excelsior dan Emmen berniat menyalipnya.  

Menyandang status tim promosi, klub berjuluk Het Nieuwe Oranje ini tidak diunggulkan tetap bertahan di kasta tertinggi. Bahkan, Volendam pernah singgah di dasar klasemen selama beberapa pekan sebelum akhirnya mampu memperbaiki penampilan menjelang akhir musim 2022/2023. 

3. FC Emmen

4 Klub Eredivisie Ini Masih Berpeluang Degradasi Musim 2022/2023pemain FC Emmen (instagram.com/fc_emmen)

Meski tidak duduk di zona merah, FC Emmen masih harus berjuang keras hingga laga terakhir. Pada pekan ke-31, klub asal Kota Emmen ini hanya berada satu tingkat di atas zona playoff degradasi. Sejauh ini, mereka sudah mengantongi 28 poin dan terus dibuntuti Excelsior di bawahnya. 

Masuknya klub berjuluk The Kannibals ini di zona degradasi bukanlah sebuah kejutan mengingat status mereka hanyalah tim promosi di Eredivisie 2022/2023. Ujian bagi FC Emmen pun makin berat karena di tiga laga kritis sebab mereka harus melawan tim-tim papan atas Belanda, macam AZ Alkmaar, Feyenoord, dan FC Utrecht. 

4. Excelsior

4 Klub Eredivisie Ini Masih Berpeluang Degradasi Musim 2022/2023pemain Excelsior Rotterdam (instagram.com/excelsiorrdam)

Pada awal 2022/2023, Excelsior mampu menunjukkan permainan impresif. Klub asal Rotterdam ini mampu duduk di papan atas klasemen menyaingi dua tim sekota, Feyenoord dan Sparta. Sayangnya, penampilannya terus menurun hingga akhir musim dan memaksanya berjuang di zona degradasi. 

Pada pekan ke-31, Excelsior duduk di posisi ke-16 klasemen sementara dengan perolehan 28 poin. Meski tidak langsung terdegradasi, klub berjuluk Roodzwarten ini berada di zona playoff degradasi yang memaksanya bertanding untuk bertahan di Eredivisie. 

Pada tiga laga terakhir mendatang, Excelsior harus memanfaatkan peluang untuk memenangkan seluruh laga. Mengingat klub pesaingnya, FC Emmen akan berhadapan dengan tim-tim raksasa Belanda di tiga laga akhir. 

5. FC Groningen dan SC Cambuur sudah dipastikan terdegradasi

4 Klub Eredivisie Ini Masih Berpeluang Degradasi Musim 2022/2023pemain FC Groningen saat melawan Feyenoord (instagram.com/fcgroningen)

Pada pekan ke-31, dua tim terbawah Eredivisie 2022/2023, FC Groningen dan SC Cambuur sudah dipastikan bermain di kasta kedua musim depan. Ini karena kedua klub baru mengumpulkan 18 dan 16 poin. 

Bagi FC Groningen, musim ini adalah prestasi terburuknya selama lebih dari 25 tahun terakhir. Mereka terakhir kali terdegradasi ke Eerste Divisie pada 1997/1998. Saat itu, klub berjuluk Trots van het Noorden ini juga duduk di posisi ke-17. Mereka akhirnya bisa kembali ke Eredivisie pada 1999/2000. 

Sedangkan SC Cambuur memang bukanlah tim unggulan di Belanda. Namun, mereka sempat menunjukkan prestasi baik sebagai tim promosi dengan duduk di posisi ke-9 klasemen akhir Eredivisie 2021/2022. Kini, sayangnya mereka harus kembali ke kasta kedua. 

Keempat klub Belanda di atas bisa sedikit bernapas lega. Pasalnya, mereka setidaknya tidak akan terdegradasi secara otomatis ke Eerste Divisie, seperti FC Groningen dan SC Cambuur. Jika pun terperosok, mereka masih punya kesempatan terakhir dengan cara memenangi laga playoff degradasi. 

Baca Juga: 5 Eks Timnas Belanda yang Menjadi Pelatih di Eredivisie 2022/2023

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya