5 Klub yang Sukses Menjuarai UEFA Youth League Terakhir

Didominasi klub Spanyol dan Portugal

UEFA Youth League adalah turnamen sepak bola profesional yang menjadi wadah bakat-bakat muda klub Eropa unjuk gigi. Pola turnamen ini mirip seperti Liga Champions, tapi dikhususkan untuk pemain muda yang baru menginjak usia antara 17--20 tahun.

Terbukti ajang ini efektif dalam menilai dan mengukur kemampuan pemain jebolan masing-masing akademi klub. Tercatat sudah ada beberapa pemain muda Eropa yang mencuat lewat ajang ini, seperti Antonio Silva dan Fabio Vieira.

Apabila di turnamen antarklub Eropa senior klub Inggris, Spanyol, dan Italia mampu menunjukkan dominasinya, di UEFA Youth League terdapat perbedaan yang mencolok dan tak jarang tim yang tak diunggulkan mampu keluar sebagai juara. Berikut lima klub Eropa terakhir yang menjuarai UEFA Youth League. 

1. Barcelona

Barcelona tercatat sebagai salah satu klub tersukses di UEFA Youth League. Mereka adalah klub pertama yang menjuarai ajang ini pada 2013/2014. Empat tahun kemudian, Blaugrana muda kembali mencatatkan namanya sebagai yang terbaik di Eropa usai menundukkan Chelsea 3-0.

Kesuksesan Barcelona di turnamen ini membuktikan bahwa akademi La Masia masih menelurkan pemain muda berbakat meskipun tak semuanya dipromosikan ke tim senior Barcelona mengingat ketatnya persaingan masuk ke tim senior Blaugrana.

2. FC Porto

5 Klub yang Sukses Menjuarai UEFA Youth League Terakhirpemain FC Porto saat menjuarai UEFA Youth League 2018/2019 (twitter.com/UEFAYouthLeague)

FC Porto muda sukses menjadi yang terbaik di Eropa pada 2018/2019. Mereka merebut gelar perdananya usai menundukkan salah satu tim tersukses di UEFA Youth League, Chelsea, di laga pamungkas dengan skor 3-1. 

Tak bisa dimungkiri FC Porto saat itu diberkati sejumlah bintang muda di berbagai lini. Sebut saja Fabio Vieira, Fabio Silva, Joao Mario, dan Diogo Costa. Sampai saat ini, ketiga di antaranya sukses jadi andalan di timnya masing-masing.

Baca Juga: Capaian FC Porto di Liga Champions 5 Musim Terakhir, Naik Turun

3. Real Madrid

Dikenal sebagai raja Liga Champions, Real Madrid justru baru merasakan gelar juara UEFA Youth League pada 2019/2020. Tim asal ibu kota Spanyol ini keluar sebagai juara usai sukses meredam perlawanan sengit Benfica dengan skor tipis 3-2.

Keberhasilan ini menunjukkan bahwa Real Madrid masih membuahkan pemain bintang lewat akademi La Fabrica. Sayangnya, tak ada jebolan UEFA Youth League 2019/2020 yang berhasil masuk sebagai andalan tim senior Real Madrid saat ini.

4. SL Benfica

5 Klub yang Sukses Menjuarai UEFA Youth League Terakhirpemain Benfica saat melakukan selebrasi juara UEFA Youth League 2021/2022 (twitter.com/UEFAYouthLeague)

Setelah jadi runner-up pada 2019/2020, SL Benfica akhirnya merebut gelar juara UEFA Youth League perdananya pada 2021/2022. Di laga pamungkas, klub asal ibu kota Portugal itu keluar sebagai nomor satu dengan melibas Red Bull Salzburg dengan skor telak 6-0.

Kesuksesan Benfica memang tak bisa dilepaskan dari sepak terjang akademinya yang dikenal luas di Eropa. Meski belum semuanya dipromosikan ke tim senior, ada nama yang langsung ditarik tim senior Benfica, yakni Antonio Silva dan Ronald Araujo.

5. AZ Alkmaar

5 Klub yang Sukses Menjuarai UEFA Youth League Terakhirpemain AZ Alkmaar saat merayakan kemenangan UEFA Youth League 2022/2023 (twitter.com/UEFAYouthLeague)

Gelar juara UEFA Youth League 2022/2023 akhirnya diserahkan kepada AZ Alkmaar. Klub yang punya julukan Kaaskoppen ini menjadi klub Belanda pertama yang mampu menjuarai turnamen ini meskipun awalnya AZ tidak terlalu diunggulkan.

Terlepas dari itu, AZ mampu menunjukkan penampilan gemilang dengan mengalahkan tim-tim besar, seperti Eintracht Frankfurt (5-0), Barcelona (3-0), dan Real Madrid (4-0). Pada laga final, mereka pun sukses menggilas Hajduk Split dengan skor telak 5-0.

Meski tak setenar Ajax Amsterdam, AZ Alkmaar rupanya juga punya akademi sepak bola yang berkualitas. Kemenangan ini semakin membuktikan bahwa klub asal Alkmaar itu mampu menelurkan bakat muda Belanda calon bintang masa depan.

Selain kelima klub di atas, Chelsea rupanya juga punya sepak terjang apik di kompetisi ini berkat bantuan pemain jebolan akademi. Sayangnya, tim muda Chelsea justru mengalami penurunan dan gagal lolos dalam fase grup UEFA Youth League 2022/2023.

Baca Juga: 5 Pemain Muda Pinjaman yang Tampil Impresif di Ligue 1 2022/2023

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya