6 Klub Prancis yang Terancam Degradasi pada 2022/2023

Ada empat klub yang akan turun kasta

Terdapat peraturan baru untuk mengurangi anggota yang berlaga di Ligue 1 Prancis pada 2023/2024 menjadi 18 klub saja. Klub yang akan terdegradasi ke Ligue 2 pun naik dari hanya 3 menjadi 4 klub.

Persaingan zona degradasi Ligue 1 kini terpantau cukup ketat mendekati akhir 2022/2023. Sejumlah klub berjuang keras agar dapat mempertahankan diri di kasta tertinggi Liga Prancis tersebut.

1. Stade Brestois 29

6 Klub Prancis yang Terancam Degradasi pada 2022/2023pemain Stade Brestois 29 (instagram.com/stadebrestois29)

Stade Brestois 29 masuk daftar klub yang rawan terperosok ke jurang degradasi musim ini. Klub yang berbasis di Brest itu memang tampil kurang meyakinkan sejak awal. Tak heran jika mereka duduk di posisi ke-15 berkat 14 kekalahan dalam 29 pertandingan.

Klub berjuluk Les Pirates itu sendiri dikenal sebagai klub papan bawah di Prancis. Mereka tidak didukung pemain bintang berharga mahal. Namun, klub ini mampu tampil mengejutkan musim lalu dengan duduk di posisi ke-11 Ligue 1.

2. RC Strasbourg

6 Klub Prancis yang Terancam Degradasi pada 2022/2023pemain RC Strasbourg (instagram.com/rcsa)

RC Strasbourg memang tak segarang musim lalu, bahkan mengalami penurunan performa yang signifikan. Bayangkan, klub asal Alsace ini hampir saja masuk ke turnamen Eropa berkat duduk di papan atas. Strasbourg kini malah berada di posisi ke-16 dengan perolehan 26 poin.

Klub yang dikenal dengan julukan Le Racing ini mengalami kemerosotan tak lain karena ditinggal penggawa andalannya. Dengan pemain yang tersisa, Strasbourg harus bersusah payah mempertahankan diri agar tidak turun kasta musim depan.

3. AJ Auxerre

6 Klub Prancis yang Terancam Degradasi pada 2022/2023pemain AJ Auxerre (instagram.com/aja)

AJ Auxerre merupakan klub promosi yang baru saja kembali ke kasta tertinggi Liga Prancis pada 2022/2023. Meski sempat duduk di posisi ke-4 pada pekan ke-4, Auxerre akhirnya kembali ke zona merah pada pertengahan musim hingga pekan ke-29 ini.

Klub yang juga dikenal dengan nama Les Bleu et Blanc ini baru mengumpulkan 26 poin, poin yang sama dengan perolehan RC Strasbourg. Maka dari itu, Auxerre masih berpeluang besar untuk dapat lolos dari degradasi dan kembali tampil di kasta tertinggi.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal Dibeli Arsenal dari Klub Ligue 1 Prancis

4. Estac Troyes

6 Klub Prancis yang Terancam Degradasi pada 2022/2023pemain Estac Troyes (instagram.com/estac_troyes)

Masuknya Estac Troyes sebagai klub yang berpotensi terdegradasi bukanlah hal yang mengejutkan. Pasalnya, klub asal Troyes ini sempat berjibaku untuk keluar dari zona degradasi pada 2021/2022, meski akhirnya lolos dengan duduk di posisi ke-15.

Sayangnya, posisi mereka kini lebih berbahaya dibanding tahun lalu karena hanya duduk di posisi ke-18 dengan perolehan 21 poin pada pekan ke-29. Klub ini harus berjuang keras untuk bertahan di kasta tertinggi mengingat poinnya terpaut lima dari Auxerre dan Strasbourg.

5. AC Ajaccio

6 Klub Prancis yang Terancam Degradasi pada 2022/2023pemain AC Ajaccio (instagram.com/acajaccio)

Sebagai klub promosi pada 2022/2023, AC Ajaccio terlihat tampil kurang meyakinkan sejak awal. Bahkan, mereka sempat duduk di dasar klasemen selama beberapa pekan. Ajaccio baru keluar dari zona merah dengan duduk di posisi ke-15 pada pertengahan musim.

Pada pekan ke-29, klub asal Pulau Corsica ini harus menerima nasibnya. Mereka duduk di posisi ke-19 klasemen sementara dengan perolehan 21 poin. Memiliki poin yang sama dengan Estac Troyes tampaknya membuat jalan Ajaccio tetap berada di Ligue 1 cukup sulit.

6. Angers SCO

6 Klub Prancis yang Terancam Degradasi pada 2022/2023pemain Angers SCO (instagram.com/angers_sco)

Angers SCO mampu bertahan lama di Ligue 1. Mereka belum pernah terdegradasi sejak menapakkan kaki di kasta tertinggi pada 2015/2016. Bahkan, Angers pernah duduk di posisi ke-9 pada musim pertamanya. 

Pada 2022/2023, Angers mengalami penurunan performa. Mereka harus duduk di posisi juru kunci klasemen pada pekan ke-29. Jalan Angers untuk tetap berlaga di kasta tertinggi sangat terjal karena mereka baru memeroleh 11 poin dan terpaut 10 poin dari Estac Troyes dan AC Ajaccio. 

Aturan baru yang diterapkan di Ligue 1 tentu membuat jalan keenam klub Prancis di atas sangat sulit. Mereka harus berjuang sengit agar terhindar dari jurang degradasi yang kian menganga. Klub dengan penampilan paling konsisten akan memastikan diri bertahan di kasta tertinggi.

Baca Juga: 5 Pelatih asal Kroasia yang Pernah Melatih Tim Ligue 1 Prancis

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya