5 Pemain Amerika Latin di Skuad Ajax Amsterdam Musim 2021/2022

Mayoritas berhasil masuk dalam skuad inti

Pesepak bola asal Amerika Latin sudah dikenal luas akan kemampuannya dalam mengolah si kulit bundar. Tak mengherankan apabila banyak pemain asal Amerika Latin yang merumput di Liga Eropa dan mampu bersinar di sejumlah klub papan atas. 

Salah satu klub besar yang memiliki jumlah pemain Amerika Latin yang cukup signifikan adalah Ajax Amsterdam. Bahkan, tim berjuluk De Godenzonen ini sudah terkenal mendatangkan beberapa bintang asal Amerika Latin, mulai dari Luis Suarez,  Filipe Luis, dan lainnya. 

Pada musim 2021/2022, tim asal Ibu Kota Belanda ini memiliki sederet pemain asal Amerika Latin yang berperan besar terhadap performa tim. Bahkan, atas kontribusi mereka, Ajax berhasil meraih trofi gelar juara Eredivise 2021/2022.

Lantas, siapa saja mereka? 

1. Nicolas Tagliafico (Argentina)

5 Pemain Amerika Latin di Skuad Ajax Amsterdam Musim 2021/2022Nicolas Tagliafico ketika memperkuat Ajax Amsterdam di Liga Belanda. (instagram.com/tagliafico3)

Pertama, ada nama Nicolas Tagliafico yang dikenal sebagai bek kiri dalam skuad Ajax Amsterdam. Semenjak bergabung pada Januari 2018, pemain berusia 29 tahun ini sudah menjadi andalan di pos lini belakang skuad De Godenzonen. Musim 2021/2022 lalu, ia sudah diturunkan dalam 30 pertandingan sekaligus menyumbangkan 3 gol dan 4 assists

Sebelum bergabung bersama Ajax, Tagliafico pernah membela klub Independiente, Banfield, dan Real Murcia. Di timnas Argentina, Tagliafico juga menjadi andalan untuk memperkuat lini belakang dengan koleksi 40 caps. Ia juga berhasil mengantarkan La Albiceleste meraih juara Copa America 2020 dan Finalissima 2022. 

2. Lisandro Martinez (Argentina)

5 Pemain Amerika Latin di Skuad Ajax Amsterdam Musim 2021/2022Lisandro Martinez ketika memperkuat Ajax Amsterdam di Liga Belanda. (instagram.com/lisandromartinezzz)

Selain Tagliafico, ada nama Lisandro Martinez yang menjadi pemain Argentina dalam skuad Ajax Amsterdam. Pemain berusia 24 tahun ini sudah menjadi andalan memperkokoh pertahanan De Godenzonen. Pada musim 2021/2022, ia sudah diturunkan dalam 37 pertandingan sekaligus membukukan satu gol dan 4 assists

Martinez sudah bergabung dengan tim Ibu Kota Belanda ini sejak musim panas 2019 dari klub Argentina, Defensa. Penampilan impresifnya bersama Ajax pun membuatnya berkesempatan membela timnas Argentina. Sejauh ini ia sudah mencatatkan enam caps bersama La Abiceleste

Baca Juga: 5 Pemain Ajax Amsterdam yang Bersinar di Musim 2021/2022

3. Edson Alvarez (Meksiko)

5 Pemain Amerika Latin di Skuad Ajax Amsterdam Musim 2021/2022Edson Alvarez saat membela Ajax Amsterdam di Liga Belanda. (instagram.com/edsonnalvarez)

Selanjutnya, ada nama Edson Alvarez yang dikenal sebagai gelandang bertahan tangguh asal Meksiko. Pemain berusia 24 tahun ini sudah bergabung dengan Ajax Amsterdam sejak musim panas 2019 dari Club America. 

Penampilan impresif Alvares membuatnya masuk sebagai salah satu pemain kunci skuad Ajax Amsterdam di bawah asuhan Erik ten Haag. Sepanjang musim 2021/2022, Alvarez bermain dalam 41 pertandingan sambil menorehkan 5 gol dan 1 assist

Selain jadi andalan di klub, pemain kelahiran Tlalnepantla de Baz ini juga menjadi andalan timnas Meksiko. Sejak debut timnas di tahun 2017, hingga saat ini ia sudah membukukan 55 caps bersama El Tri

4. Antony (Brasil)

5 Pemain Amerika Latin di Skuad Ajax Amsterdam Musim 2021/2022Antony bersama timnas Brasil (instagram.com/antony00)

Salah satu nama pemain Ajax Amsterdam yang banyak menjadi perbincangan saat ini tak lain adalah Antony. Pesepak bola berkebangsaan Brasil berusia 22 tahun itu sudah bergabung dengan skuad De Godenzonen sejak musim panas 2020.

Pada musim 2021/2022, Antony menjelma menjadi sosok pemain andalan di skuad Ajax. Ia pun berhasil menyumbangkan 12 gol dan 10 assists dalam 33 pertandingan. Penampilan apiknya tidak hanya ia berikan untuk klub, namun, ia juga tampil impresif di timnas Brasil; termasuk ketika mengantarkan Brasil meraih medali emas di Olimpiade Tokyo tahun lalu. 

Tak berhenti di situ saja, Antony pun kini menjadi incaran sejumlah klub raksasa. Klub-klub mapan, seperti Manchester United, Bayern Muenchen, Barcelona, hingga Liverpool dikabarkan berebut untuk mendapatkan jasa sang winger

5. Danilo Pereira (Brasil)

5 Pemain Amerika Latin di Skuad Ajax Amsterdam Musim 2021/2022Danilo Pereira saat masih berseragam FC Twente (instagram.com/danilo_pereira)

Terakhir, ada Danilo Pereira yang jadi pemain Brasil kedua di dalam skuad Ajax Amsterdam musim ini. Jadi pelapis Sebastian Haller, striker berusia 23 tahun ini memang belum menjadi ujung tombak utama di skuad Ajax Amsterdam. Kendati demikian, ia berhasil memberikan kontribusi yang signifikan lewat sumbangan 15 gol dan 5 assists sepanjang musim ini. 

Pereira diketahui sudah bergabung dengan Ajax sejak musim panas 2021 dari tim junior Ajax. Sebelum itu, ia didatangkan dari tim junior Santos pada tahun 2017. Ia juga sempat dipinjamkan selama satu musim ke FC Twente. 

Meski berhasil tampil impresif bersama Ajax Amsterdam, musim depan Pereira dipastikan pindah ke Feyenoord Rotterdam. Manajemen Ajax rupanya tak tertarik untuk memperpanjang kontrak sang striker yang berakhir musim panas ini. 

Kelima pemain asal Amerika Latin di skuad Ajax Amsterdam musim ini memang berhasil menunjukkan kepiawaiannya di liga domestik maupun kompetisi Eropa. Tak heran apabila beberapa di antaranya tengah menjadi incaran klub-klub besar Eropa. Akankah mereka bertahan di Ajax untuk mengarungi kompetisi musim depan? 

Baca Juga: 5 Pemain Ajax Amsterdam Terakhir yang Jadi Top Skor Eredivisie

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya