9 Pemain Andalan FC Union Berlin pada 2021/2022

Mayoritas berusia di atas 25 tahun

Union Berlin salah satu tim kuda hitam yang mampu tampil mengesankan gelaran di Bundesliga Jerman 2021/2022. Tim yang berbasis di Koepenick, Berlin Timur, itu berhasil tampil konsisten dan menduduki peringkat ke-5 klasemen sementara hingga pekan ke 34 Bundesliga. 

Keberhasilan Union Berlin menembus papan atas Liga Jerman sudah terlihat sejak 2020/2021. Maka dari itu, tim yang berkandang di Stadion An der Alten Foersterei ini berhasil masuk sebagai salah satu kontestan Liga Konferensi Eropa, meski gagal melaju ke babak 32 besar.

Penampilan memukau tim berjuluk Eisern Union ini tentu tidak dapat dilepaskan dari peran pemain bintangnya. Pada musim ini, ada sejumlah pemain andalan yang masuk dalam skuad utama Union Berlin.

1. Robin Knoche

9 Pemain Andalan FC Union Berlin pada 2021/2022Robin Knoche saat masih berseragam VfL Wolfsburg. (instagram.com/robinknoche31)

Pertama, ada nama Robin Knoche yang dipercaya mengisi pos bek tengah Union Berlin musim ini. Pemain berkebangsaan Jerman berusia 29 tahun ini sudah diturunkan dalam 46 pertandingan dan mampu membukukan 1 gol dan 1 assist.

Pemain bertubuh jangkung ini sudah bergabung dengan Union Berlin sejak musim panas 2020 dari VfL Wolfsburg. Knoche dikenal sebagai salah satu pemain jebolan akademi Die Woelfe. Ia bermain bersama dengan tim itu mulai 2012.

2. Timo Baumgartl

9 Pemain Andalan FC Union Berlin pada 2021/2022Timo Baumgartl saat membela Union Berlin di Bundesliga. (instagram.com/timo_baumgartl)

Kemudian, ada nama Timo Baumgartl yang menjadi rekan duet dari Robin Knoche untuk menjaga lini pertahanan Union Berlin. Pesepak bola berusia 26 tahun itu masih berstatus pemain pinjaman dari PSV Eindhoven, tetapi terdapat opsi untuk dipermanenkan di tim Eisern Union musim depan. 

Pesepak bola berkebangsaan Jerman ini sudah diturunkan dalam 34 pertandingan Union Berlin musim ini. Sayangnya, Baumgartl mengalami cedera dan baru dapat dimainkan kembali pada Juni nanti. 

3. Niko Giesselmann

9 Pemain Andalan FC Union Berlin pada 2021/2022Niko Giesselmann saat membela Fortuna Düsseldorf. (instagram.com/niko_g23)

Niko Giesselmann adalah pemain yang mengisi pos bek kiri dalam skuad Union Berlin musim ini. Pesepak bola asal Jerman ini sudah bergabung ke Stadion An der Alten Foersterei sejak musim panas 2020 dari Fortuna Duesseldorf. Sebelum itu, ia membela Greuther Fuerth dan Hannover 96.

Sepanjang musim ini, pesepak bola berusia 30 tahun itu selalu menjadi andalan pelatih Urs Fischer dan sudah dimainkan dalam 37 pertandingan. Kerap maju ke depan dan memberi umpan, Niko Giesselmann berhasil menorehkan 3 gol dan 7 assist bagi timnya.

4. Christopher Trimmel

9 Pemain Andalan FC Union Berlin pada 2021/2022Christopher Trimmel ketika membela Union Berlin di Bundesliga. (instagram.com/christopher_trimmel28)

Masih di lini pertahanan, ada nama Christopher Trimmel yang diutus untuk mengisi pos bek kiri Union Berlin. Pemain senior berusia 35 tahun ini sudah memiliki banyak pengalaman bersama tim Eisern Union sebab sudah bergabung sejak 8 tahun lalu. Ia diketahui pernah membela Rapid Wien dan Horitschon. 

Pemain yang dipercaya menjadi kapten Union Berlin ini sudah dikeluarkan dalam 37 pertandingan. Pesepak bola asal Austria ini berhasil menorehkan 3 gol dan 3 assist bagi timnya meski termasuk pemain belakang.

Baca Juga: Union Berlin Permalukan Hertha Berlin di Kandangnya

5. Rani Khedira

9 Pemain Andalan FC Union Berlin pada 2021/2022Rani Khedira ketika membela RB Leipzig di Bundesliga. (twitter.com/RBLeipzig_EN)

Beralih ke lini tengah, ada nama Rani Khedira yang dikenal sebagai pengisi pos gelandang bertahan di Union Berlin. Pemain berkebangsaan Jerman keturunan Tunisia ini baru bergabung dengan Eisern Union pada musim panas 2021 setelah diboyong dari FC Augsburg. Ia pernah membela VfB Stuttgart dan RB Leipzig. 

Pada musim ini, Khedira berhasil masuk skuad utama Union Berlin yang diasuh Urs Fischer dan sudah diturunkan dalam 45 pertandingan. Pesepak bola berusia 28 tahun ini merupakan adik kandung dari Sami Kedhira.

6. Grischa Proemel

9 Pemain Andalan FC Union Berlin pada 2021/2022Grischa Prömel saat menjalani sesi latihan bersama Union Berlin. (instagram.com/grischaproemel)

Berikutnya, ada Grischa Proemel yang dipercaya untuk mengisi posisi gelandang bertahan di skuad Union Berlin dalam beberapa musim terakhir. Pemain asal Jerman ini mampu tampil impesif dengan menorehkan 8 gol dan 2 assist dalam 39 pertandingan. 

Pesepak bola berusia 27 tahun ini berseragam Union Berlin sejak Juli 2017 setelah didatangkan dari Karlsruher SC. Akan tetapi, pada musim depan, ia memutuskan untuk pindah ke Hoffenheim setelah kontraknya bersama Union Berlin resmi berakhir.

7. Genki Haraguchi

9 Pemain Andalan FC Union Berlin pada 2021/2022Genki Haraguchi saat menjalani latihan bersama Union Berlin. (twitter.com/fcunion)

Ada pula nama Genki Haraguchi yang menjadi sosok andalan di lini tengah Union Berlin sebagai gelandang serang. Pemain asal Jepang ini bergabung bersama Eisern Union dari Hannover 96 sejak musim panas 2021. Ia pernah membela Hertha Berlin dan Fortuna Duesseldorf.

Meski baru semusim bersama Union Berlin, pesepak bola berusia 31 tahun ini mampu menunjukkan kualitasnya. Pada musim ini, Haraguchi berhasil menorehkan 2 gol dan 6 assist dalam 42 pertandingan.

8. Taiwo Awoniyi

9 Pemain Andalan FC Union Berlin pada 2021/2022Taiwo Awoniyi saat membela Union Berlin di Bundesliga. (instagram.com/awoniyi18)

Berpindah ke lini depan, ada nama Taiwo Awoniyi. Striker berusia 24 tahun asal Nigeria itu mampu menunjukkan kemampuannya bersama Union Berlin. Padahal ia dikenal sebagai pemain buangan Liverpool yang tidak pernah mendapat tempat utama dalam skuad The Reds. Sebelum dipermanenkan Union Berlin, ia selalu dipinjamkan ke berbagai klub di Eropa.

Pada musim ini, Awoniyi selalu menjadi pilihan utama Urs Fischer untuk menjadi juru gedor Eisern Union. Ia berhasil mencatatkan 20 gol dan 5 assist dalam 43 pertandingan bersama klub asal Koepenick itu.  

9. Sheraldo Becker

9 Pemain Andalan FC Union Berlin pada 2021/2022Sheraldo Becker ketika memperkuat Union Berlin di Bundesliga. (instagram.com/sheraldobecker)

Terakhir, ada Sheraldo Becker yang diandalkan sebagai rekan duet Taiwo Awoniyi di lini depan. Pesepak bola asal Suriname berusia 27 tahun ini sudah didatangkan Union Berlin dari ADO Den Haag pada musim panas 2019. Sebelum itu, ia memperkuat Ajax Amsterdam dan PEC Zwolle. 

Becker yang berposisi sebagai striker dan sayap kiri mampu tampil menawan dengan menorehkan 6 gol dan 9 assist dalam 40 pertandingan Union Berlin musim ini. Ia sempat membela Timnas Belanda, tetapi mulai 2021 memutuskan untuk membela Timnas Suriname.

Lewat bantuan para pemain andalannya, Union Berlin berhasil tampil mengesankan pada musim ini. Meskipun tidak meraih gelar juara, tetapi tim berjuluk Eisern Union ini berhasil menunjukkan diri sebagai klub Jerman Timur yang layak berkompetisi di kasta tertinggi Liga Jerman.

Baca Juga: Secara Dramatis, Union Berlin Akhirnya Tumbangkan Hertha Berlin 2-0

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya