5 Pemain Andalan Le Havre, Pilar Tim Juara Ligue 2

Pilar Le Havre didominasi pemain bertahan

Terjerembap di kasta kedua selama 14 tahun, Le Havre akhirnya kembali berkompetisi di Ligue 1 2023/2024. Keberhasilan ini berkat kerja sama kepala pelatih Luka Elsner dan jajarannya yang sukses meramu tim sepanjang 2022/2023. 

Menariknya, Elsner mengandalkan strategi penguatan pertahanan saat menangani Les Ciel et Marine. Alhasil, tim asal Prancis Utara ini punya lini bertahan yang super kokoh, bahkan disebut salah satu tim dengan pertahanan terbaik di Eropa. Le Havre sempat hanya kebobolan 6 gol dari 17 laga Ligue 2

Selain peran Elsner, Le Havre dibantu oleh lima pemain kunci yang berperan besar membantu menjuarai Ligue 2 2022/2023. Karena menitikberatkan pada pertahanan, maka kelima pemain andalan Le Havre ini didominasi oleh jajaran pemain bertahan. 

1. Arouna Sangante

5 Pemain Andalan Le Havre, Pilar Tim Juara Ligue 2Arouna Sangante saat membela Le Havre di Ligue 2. (instagram.com/sangante.a)

Arouna Sangante didapuk sebagai pengawal utama pertahanan Le Havre sepanjang 2022/2023. Duetnya bersama Gautier Lloris atau Terence Kongolo mampu membuat lini belakang Les Ciel et Marine begitu kokoh. Ia pun sudah diturunkan dalam 35 pertandingan dan tercatat hanya 3 kali absen. 

Punya peran vital di barisan belakang Le Havre, rupanya Sangante masih berusia belia, 21 tahun. Pemain asal Senegal ini pun dikenal sebagai jebolan akademi Le Havre. Karena termasuk pemain menonjol, ia langsung masuk starting line-up ketika dipromosikan ke tim senior pada 2021. 

Baca Juga: Daftar Top Skor Ligue 1 Prancis dari Tahun ke Tahun Sejak 1933-2023

2. Christopher Operi

5 Pemain Andalan Le Havre, Pilar Tim Juara Ligue 2Christopher Operi saat membela Le Havre. (instagram.com/operi.c)

Christopher Operi masuk salah satu penggawa lini belakang paling berpengaruh di Le Havre pada 2022/2023. Sebagai pengisi pos bek kiri, Operi punya peran ganda sebagai pembantu pertahanan dan serangan lewat sisi kiri. Tak heran, ia mampu membukukan 2 gol dan 2 assist pada musim ini. 

Operi bergabung dalam Les Ciel et Marine pada musim panas 2022 usai kontraknya bersama KAA Gent berakhir. Sebelumnya, pemain jebolan SM Caen ini tidak pernah masuk dalam tim inti. Berkat penampilan apiknya di Le Havre, harga pasarannya pun meningkat sampai 2 juta euro (Rp33,7 miliar). 

3. Oualid El Hajjam

5 Pemain Andalan Le Havre, Pilar Tim Juara Ligue 2Oualid El Hajjam saat memperkuat Le Havre. (instagram.com/elhajjam_oualid)

Masih di lini pertahanan, Oualid El Hajjam masuk dalam jajaran pemain yang paling berpengaruh di Le Havre. Selayaknya bek kanan, ia diharuskan maju mundur untuk membantu pertahanan maupun serangan. Pada 2022/2023, ia sudah diturunkan dalam 36 pertandingan dan hanya dua kali absen. 

El Hajjam termasuk pemain baru di Le Havre yang didatangkan pada musim panas 2022 dari Troyes. Sebelum membela dua klub itu, ia sempat membela Le Mans dan Amiens. Namun, pemain berkebangsaan Maroko ini belum pernah merumput di luar Prancis. 

4. Victor Lekhal

5 Pemain Andalan Le Havre, Pilar Tim Juara Ligue 2Victor Lekhal saat membela Le Havre. (instagram.com/victorlekhal)

Victor Lekhal berperan sebagai gelandang bertahan sekaligus kapten tim Le Havre pada 2022/2023. Ia punya tugas utama membantu pertahanan dan menjadi jenderal lapangan tengah. Meski sebagai pemain tengah, ia mampu mencetak 6 gol dan masuk salah satu pencetak gol terbanyak di klubnya. 

Lekhal sudah menjadi bagian tim senior Le Havre sejak musim panas 2016. Sebelumnya, ia sempat dipinjamkan ke US Avranches selama semusim. Sayangnya, kontrak Lekhal di Les Ciel et Marine tidak diperpanjang pada 2023. Ia akhirnya berlabuh di klub Qatar, Umm Salal SC.

5. Josué Casimir

5 Pemain Andalan Le Havre, Pilar Tim Juara Ligue 2Josué Casimir ketika memperkuat Le Havre. (instagram.com/j.casimir_)

Josué Casimir termasuk pemain andalan Le Havre untuk mengisi lini serang. Pemain asal Guadeloupe ini diandalkan untuk mengisi pos sayap kanan dalam skema 3-3-4 yang diterapkan Elsner. Pada paruh kedua 2022/2023, Casimir lebih banyak dipasang sebagai striker utama.  

Pemain berusia 21 tahun ini baru bergabung dalam tim senior Les Ciel et Marine pada 2021/2022. Namun, ia baru mendapat kesempatan masuk di tim inti sejak Le Havre dipegang oleh Elsner. Melihat usianya yang masih muda, ia punya kesempatan unjuk gigi di Ligue 1 2022/2023. 

Kelima pemain Le Havre di atas mampu menunjukkan permainan terbaiknya di bawah mentor Luka Elsner. Mayoritas dari mereka adalah pemain bertahan yang seirama dengan strategi penguatan pertahanan. Mayoritas pemain andalan ini masih bertahan di tim. Layak dinantikan strategi dan penampilan Le Havre di Ligue 1 2023/2024. 

Baca Juga: 4 Fakta Keberhasilan Le Havre AC Juara Ligue 2 2022/2023

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya