10 Pemain Baru Girona pada Musim Panas 2023

Datangkan pemain berkualitas berharga miring

Girona sukses bertengger di papan tengah LaLiga Spanyol 2022/2023 meski tergolong sebagai tim promosi. Keberhasilan ini diraih dengan mendatangkan pemain-pemain berkualitas berharga miring pada musim panas 2022 lalu. 

Pada jornada ke-4 LaLiga 2023/2024, Girona juga berhasil merangsek ke papan atas, bahkan belum merasakan kekalahan sejauh ini. Performa apik yang ditampilkan Blanquivermells terlihat dari hasil uji coba pramusim dengan 4 kemenangan, 1 kekalahan, dan 1 hasil imbang. 

Pada musim panas 2023, klub asal Katalonia itu kembali melanjutkan trik transfernya dengan mendatangkan pemain bintang berharga murah. Selain itu, Girona mendatangkan sejumlah pemain pinjaman dan free agent yang mampu membantu menguatkan skuad mereka.

1. Pablo Torre datang untuk menambah pilihan gelandang

10 Pemain Baru Girona pada Musim Panas 2023Pablo Torre saat memperkuat Girona. (instagram.com/gironafc)

Pablo Torre datang ke Estadi Montilivi untuk menambah pilihan gelandang tengah skuad Girona. Pemain muda ini setuju merapat ke Girona lantaran tidak mendapat tempat utama di skuad Barcelona. Sebelum berseragam Blaugrana dan Blanquivermells, ia sempat membela Racing Santander. 

2. Sávio tiba untuk menambah amunisi lini serang

10 Pemain Baru Girona pada Musim Panas 2023Savinho saat membela Girona. (instagram.com/savinho)

Savio didatangkan dengan status pinjaman dari klub Prancis, Troyes, setelah gagal masuk dalam skuad inti. Sebelum bergabung dengan Girona, pemain asal Brasil ini sempat dipinjamkan ke PSV Eindhoven sepanjang 2022/2023. Setelah gagal bersinar di PSV dan Troyes, ia sukses masuk skuad inti Girona pada 2023/2024. 

3. Paulo Gazzaniga dipermanenkan untuk jadi kiper utama Girona

10 Pemain Baru Girona pada Musim Panas 2023Paulo Gazzaniga (instagram.com/gazzanigapaulo)

Paulo Gazzaniga tiba di Estadi Montilivi setelah kontraknya bersama Fulham berakhir pada musim panas 2023. Sebelum dipermanenkan, ia sudah membela tim asal Katalonia itu sepanjang 2022/2023. Pemain asal Argentina ini juga didapuk sebagai kiper utama di Girona pada musim ini. 

4. Daley Blind didatangkan untuk memperkokoh tembok pertahanan

10 Pemain Baru Girona pada Musim Panas 2023Daley Blind (instagram.com/gironafc)

Daley Blind memutuskan hengkang ke Girona setelah kontraknya bersama Bayern Muenchen tidak diperpanjang. Bek tengah asal Belanda ini diboyong untuk menggantikan peran Santiago Bueno yang hengkang ke Wolverhampton Wanderers. Alhasil, ia selalu dipasang menjadi bek tengah Girona dalam empat laga terakhir.

5. Eric Garcia dipinjam dari Barcelona

10 Pemain Baru Girona pada Musim Panas 2023Eric Garcia (instagram.com/gironafc)

Pemain pinjaman lain yang tiba di Estadi Montilivi adalah Eric Garcia. Eks penggawa Manchester City ini memutuskan bergabung ke skuad Girona lantaran tidak mendapat tempat utama di Barcelona. Ia punya kesempatan lebih untuk berkembang di Girona dibanding bersama Blaugrana. 

Baca Juga: 4 Rekrutan Girona dari Sesama Klub Spanyol pada Musim Panas 2023

6. Portu tiba untuk memperkuat lini serang Girona

10 Pemain Baru Girona pada Musim Panas 2023Portu (instagram.com/cristianportugues)

Portu sebenarnya pemain Girona pada 2016—2019. Ia akhirnya dibeli lagi oleh mantan klubnya dari Getafe dengan banderol sebesar 1,5 juta euro (Rp24,6 miliar). Portu masih dijadikan pelapis untuk memperkokoh lini serang tim barunya karena tingginya persaingan di lini serang Girona. 

7. Iván Martín dipermanenkan dari Villarreal

10 Pemain Baru Girona pada Musim Panas 2023Ivan Martin saat bergabung dengan Girona. (instagram.com/ivanmartinn7)

Iván Martín akhirnya dipermanenkan Girona pada musim panas 2023 dengan harga 2 juta euro (Rp32,8 miliar). Ia telah menjalani masa pinjaman bersama tim asal Katalonia itu dengan impresif sepanjang 2022/2023. Sejak dipromosikan di tim senior Villarreal pada 2020, Martin gagal masuk skuad inti dan telah menjalani masa pinjaman ke Mirandes, Deportivo Alaves, hingga Girona. 

8. Yangel Herrera dipermanenkan dari Manchester City

10 Pemain Baru Girona pada Musim Panas 2023Yangel Herrera (instagram.com/yangelh_8)

Yangel Herrera akhirnya dipermanenkan Girona setelah menjalani serangkaian peminjaman saat dikontrak Manchester City. Ia didatangkan dengan banderol sebesar 5 juta euro (Rp82,1 miliar) dan sudah menandatangani kontrak untuk 4 tahun ke depan. Pada 2023/2024, ia pun dipercaya sebagai striker andalan Girona. 

9. Jhon Solís diboyong dari Atletico Nacional

10 Pemain Baru Girona pada Musim Panas 2023Jhon Solís (twitter.com/GironaFC)

Kedatangan Jhon Solís dalam skuad Girona merupakan bukti bahwa pelatih Míchel menginginkan regenerasi dalam skuadnya. Pemain muda asal Kolombia ini diboyong dengan banderol sebesar 6 juta euro (Rp98,5 miliar) dari Atletico Nacional. Mengingat usianya yang masih belia, ia pun belum dipercaya masuk tim inti Girona. 

10. Artem Dovbyk didatangkan dari SK Dnipro-1

10 Pemain Baru Girona pada Musim Panas 2023Artem Dovbyk (instagram.com/tema_dovbyk)

Melihat penampilan gemilang Viktor Tsygankov, Girona kembali memboyong penyerang Ukraina, Artem Dovbyk. Ketertarikan itu timbul lantaran Dovbyk masuk dalam daftar top skor di Liga Ukraina 2022/2023. Melihat penampilan apiknya, ia pun menjadi pemain termahal yang didatangkan Blanquivermells dengan banderol sebesar 15 juta euro (Rp246,2 miliar). 

Banyaknya pemain baru di skuad Girona menunjukkan bahwa kepala pelatih Miguel Ángel Sánchez Muñoz alias Michel dan manajemen klub punya tekad besar menembus papan atas LaLiga 2023/2024. Melihat kualitas pemain baru yang datang, sepertinya bukan tidak mungkin Blanquivermells dapat menyaingi klub papan atas Spanyol. Layak dinanti seperti apa penampilan Girona pada paruh musim 2023/2024!

Baca Juga: 7 Pemain yang Dipinjamkan Girona pada Musim Panas 2023

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya