5 Pemain Boyongan St. Louis City pada Musim Panas 2022

Semuanya berasal dari Bundesliga

MLS (Major League Soccer) merupakan salah satu liga sepak bola terbesar di Benua Amerika. Meskipun tidak sebesar liga-liga di Eropa, tetapi liga di Amerika Serikat ini mulai mengalami perubahan dan telah bertransformasi ke arah yang lebih baik dalam beberapa tahun belakangan terakhir. 

Perubahan itu bisa ditilik dari kualitas pemain yang bertanding di MLS dalam beberapa tahun ke belakang. Bahkan, beberapa pemain yang didatangkan klub asal negeri Paman Sam dalam beberapa tahun ini adalah pemain-pemain yang sarat pengalaman di liga-liga sepak bola top Eropa. 

Salah satu tim MLS yang gencar berburu pemain baru dalam bursa transfer musim panas 2022 ini adalah St. Louis City. Bahkan, tim asal Kota St. Louis itu berhasil mendatangkan sejumlah nama pemain beken asal Eropa. Siapa saja mereka? 

1. Tomas Ostrak (FC Köln)

5 Pemain Boyongan St. Louis City pada Musim Panas 2022Tomas Ostrak ketika memperkuat FC Koeln di Bundesliga. (instagram.com/tomas_ostrak)

Pertama ada nama Tomas Ostrak yang sebelumnnya dikenal sebagai pemain di tim junior FC Köln. Pemain berusia 22 tahun itu belum pernah membela tim senior klub asal Kota Köln tersebut. Namun, namanya sudah termasuk dalam skuad utama Die Geißböcke U-19 sejak 2017. Ia juga sempat dipinjamkan ke klub MFK Karvina. 

Kepindahan pemain asal Republik Ceko ini bersamaan dengan habisnya masa kontrak dengan klub yang bermarkas di Rheinenergiestadion itu. Bersama St. Louis City, ia sudah menandatangani kontrak selama tiga tahun hingga 2025. 

2. Roman Burki (Borussia Dortmund)

5 Pemain Boyongan St. Louis City pada Musim Panas 2022Roman Bürki ketika menjalani sesi latihan bersama St. Louis City. (instagram.com/rbuerki)

Roman Burki masuk sebagai salah satu pemain bintang yang memilih berkarier di St. Louis City musim 2022/2023 mendatang. Penjaga gawang asal Swiss ini sempat menjadi andalan untuk menjaga jala Borussia Dortmund selama tujuh musim. 

Sayangnya, penjaga gawang berusia 31 tahun ini belakangan kalah bersaing dengan Gregor Kobel yang selalu menjadi pilihan utama. Bersama St. Louis City, Burki akan dikontrak selama tiga tahun hingga musim panas 2025. 

Baca Juga: 9 Mantan Pemain Real Madrid yang Akhirnya Pindah ke MLS

3. Joakim Nilsson (Arminia Bielefeld)

5 Pemain Boyongan St. Louis City pada Musim Panas 2022Joakim Nilsson ketika membela Timnas Swedia. (instagram.com/swemnt)

Pemain Eropa lain yang memutuskan bergabung dengan St. Louis City adalah Joakim Nilsson. Pemain asal Swedia ini sudah menandatangani kontrak bersama tim asal Kota St. Louis itu selama empat musim hingga Desember 2026 mendatang. 

Kepindahan Nilsson ke St. Louis City ini bersamaan dengan habisnya masa kontraknya bersama Arminia Bielefeld. Di samping itu, tim lamanya juga sudah dipastikan terdegradasi ke Bundesliga 2 usai hanya duduk di posisi 17 klasemen akhir. 

4. Eduard Lowen (Hertha Berlin)

5 Pemain Boyongan St. Louis City pada Musim Panas 2022Eduard Löwen saat membela VfL Bochum. (twitter.com/ManuelVeth)

Berikutnya, ada Eduard Lwen yang memutuskan untuk pindah dari klub lamanya, Hertha Berlin, ke St. Louis City. Pesepak bola berkebangsaan Jerman ini sudah dikontrak klub MLS tersebut selama dua musim ke depan; hingga 30 Juni 2024. 

Pemain berusia 25 tahun ini dibeli oleh St. Louis City dengan banderol 1,1 juta euro (Rp16,5 miliar). Pada 2021/2022, Lowen sudah menjadi salah satu pemain andalan di lini tengah VfL Bochum meski hanya berstatus sebagai pemain pinjaman. 

5. Joao Klauss (Hoffenheim)

5 Pemain Boyongan St. Louis City pada Musim Panas 2022Joao Klauss ketika masih berseragam Standart Liege. (instagram.com/joaoklauss07)

Terakhir, ada nama Joao Klauss yang dikenal sebagai striker berkebangsaan Brasil. Pemain berusia 25 tahun itu diboyong dari Hoffenheim dengan mahar sebesar 3,25 juta euro (Rp48,9 miliar). Sesuai kontraknya, ia akan membela St. Louis City hingga Desember 2025 mendatang. 

Klauss diketahui sudah masuk dalam skuad junior Hoffenheim dari Gremio sejak 2018 silam. Namun, ia gagal memperebutkan tempat di skuad utama. Maka dari itu, penyerang yang sudah beberapa kali dipinjamkan ke beberapa tim lain, seperti LASK Linz, Standard de Liège, dan Sint-Truiden ini akhirnya memutuskan untuk menyelamatkan kariernya dengan bermain di MLS. 

MLS memang bisa dibilang masih belum sebanding dengan liga-liga besar di Benua Biru. Akan tetapi, hal itu tidak menyurutkan niat sederet pemain top Eropa untuk hijrah ke Amerika Serikat. Mampukah sederet pemain eks Bundesliga ini mengantarkan St. Louis City ke tangga kesuksesan? 

Baca Juga: 6 Pemain Liga Eropa yang Gabung MLS pada Musim Panas 2022

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya