6 Penjaga Gawang Brasil yang Merumput di Liga Top Eropa

Dua kiper topnya ada di Liga Inggris

Meski memiliki banyak pemain bintang, terutama di lini depan, tidak banyak penjaga gawang asal Brasil mencuat ke permukaan. Namun, tren tersebut seakan sirna belakangan ini.

Pasalnya, kini terdapat beberapa kiper asal Negeri Samba yang mampu menunjukkan kelasnya di tingkat dunia. Mereka tampil gemilang bersama klub-klub di liga top Eropa.

1. Matheus Magalhaes

6 Penjaga Gawang Brasil yang Merumput di Liga Top EropaMatheus saat memperkuat Sporting Braga di Liga Portugal. (instagram.com/matheus_magalhaes_oficial)

Pertama, ada penjaga gawang Brasil yang merumput di Liga Portugal bernama Matheus Magalhaes. Pesepak bola berusia 29 tahun itu membela klub Sporting Braga sejak musim panas 2014. Ia tiba di sana setelah didatangkan dari klub Brasil, America-MG. 

Matheus menjadi kiper andalan Sporting Braga di liga domestik maupun Liga Europa. Ia sudah diturunkan dalam 43 laga dan mampu menorehkan 17 cleen sheet pada 2021/2022 ini.

2. Daniel Fuzato

6 Penjaga Gawang Brasil yang Merumput di Liga Top EropaDaniel Fuzato saat membela AS Roma di Serie A. (instagram.com/danielfuzato)

Daniel Fuzato tengah merumput di Serie A Italia bersama AS Roma. Pemain berusia 24 tahun itu mengawali kariernya bersama Palmeiras pada 2017. Ia baru diboyong ke Roma setahun kemudian. Namun, lantaran tidak mendapatkan tempat utama, ia sempat dipinjamkan ke Gil Vicente pada 2020/2021 lalu. 

Penjaga gawang yang memiliki kewarganegaraan kedua Italia itu masih belum menjadi pilihan utama Serigala Roma. Pada 2021/2022 ini, ia baru diturunkan dalam satu pertandingan di Liga Konferensi Eropa.

3. Norberto Neto

6 Penjaga Gawang Brasil yang Merumput di Liga Top EropaNeto saat membela Barcelona di LaLiga. (instagram.com/netomurara)

Berikutnya, ada nama Neto yang dikenal sebagai penjaga gawang Barcelona. Pesepak bola asal Araxa, Brasil, itu didatangkan ke Camp Nou pada 2019 dari Valencia. Sebelumnya, ia sempat berkarier bersama Juventus, Fiorentina, dan Palmeiras.

Pemain berusia 29 tahun itu dikenal sebagai kiper pelapis Marc-Andre ter Stegen di skuad Blaugrana pada 2021/2022 ini. Maka dari itu, ia tidak memiliki menit bermain yang banyak. Bahkan, hanya diturunkan dalam tiga pertandingan sepanjang musim ini.

Baca Juga: Fitrul Dwi Rustapa, Rekrutan Teranyar Persib di Posisi Penjaga Gawang 

4. Leo Jardim

6 Penjaga Gawang Brasil yang Merumput di Liga Top EropaLeo Jardim saat memperkuat LOSC Lille di Ligue 1. (twitter.com/Ligue1_ENG)

Beralih ke Ligue 1, ada nama Leo Jardim yang sedang memperkuat klub LOSC Lille. Pemain asal Ribeirao Preto, Brasil, itu sudah bergabung ke Stade Pierre-Mauroy sejak musim panas 2019. Namun, lantaran tidak mendapat tempat utama, ia sempat dipinjamkan ke klub Portugal, Boavista, selama semusim. 

Pesepak bola 27 tahun itu kini menjadi salah satu kiper utama di Lille. Ia sudah diturunkan dalam lima belas pertandingan di semua kompetisi. Jardim mampu mencatatkan delapan cleen sheet sejauh ini.

5. Ederson Moraes

6 Penjaga Gawang Brasil yang Merumput di Liga Top EropaEderson saat membela Manchester City di English Premier League. (instagram.com/ederson93)

Ederson Moraes salah satu kiper asal Brasil yang tengah menuai pujian atas penampilan apiknya belakangan ini. Kiper andalan Manchester City itu berhasil menorehkan 23 cleen sheet dan hanya kebobolan 28 gol sepanjang 2021/2022. 

Sebelum berlabuh ke Etihad Stadium pada 2017, Ederson merupakan kiper utama klub raksasa Portugal, Benfica. Penjaga gawang berusia 28 tahun itu sendiri mengawali kariernya di dunia sepak bola bersama tim junior Sao Paulo.

6. Alisson Becker

6 Penjaga Gawang Brasil yang Merumput di Liga Top EropaAlisson saat memperkuat Liverpool di English Premier League. (instagram.com/alissonbecker)

Terakhir, ada nama Alisson Becker yang jadi penjaga gawang andalan Liverpool dalam beberapa musim terakhir. Pada 2021/2022 ini, pemain berusia 29 tahun itu sudah diturunkan dalam 44 pertandingan Liverpool. Ia mampu mencatatkan cleen sheet dalam 23 pertandingan. 

Penjaga gawang kelahiran Novo Hamburgo, Brasil, itu didatangkan Liverpool dari AS Roma pada musim panas 2018. Ia mengawali kariernya di dunia sepak bola sejak bergabung dengan klub Internacional. Alisson diboyong ke Roma pada 2016.

Selama ini, Brasil memang dikenal mampu menelurkan pemain bintang dengan segudang prestasi. Meski tidak dikenal memiliki penjaga gawang papan atas, belakangan ini Tim Samba mulai menggeser pamor itu dengan adanya penjaga gawang berprestasi.

Baca Juga: Penjaga Warkop Ini Dipanggil untuk Jaga Gawang Timnas U-23

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya