Comscore Tracker

5 Tim Pendatang Baru di Turnamen Piala Afrika 2021

Berpotensi tampil mengejutkan

Piala Afrika 2021 akhirnya resmi diselenggarakan pada 9 Januari 2022. Perhelatan sepak bola akbar di Benua Hitam ini sebenarnya dijadwalkan pada musim panas 2021, tetapi tertunda selama 6 bulan lantaran merebaknya pandemik COVID-19.

Pada gelaran Piala Afrika 2021 ini terdapat sejumlah tim debutan yang sebelumnya belum pernah masuk atau sudah lama tidak hadir dalam gelaran sepak bola akbar di Afrika ini. Meskipun termasuk pendatang baru, bukan berarti tim tersebut tidak memiliki kans untuk lolos ke fase gugur.

1. Gambia

5 Tim Pendatang Baru di Turnamen Piala Afrika 2021timnas Gambia (twitter.com/GambiaAfcon2021)

Salah satu tim debutan di Piala Afrika 2021 ini adalah Gambia. Negara yang terletak di Afrika Barat itu baru pertama kali masuk ke turnamen sepak bola terbesar di Afrika. Bahkan, negara kecil yang terletak di tengah Senegal tersebut hanya masuk peringkat 150 dalam peringkat FIFA. 

Meskipun termasuk pendatang baru, Gambia berhasil tampil meyakinkan dalam Kualifikasi Piala Afrika dan berhasil menjadi juara grup. Sedangkan, pada laga pertama Piala Afrika, tim ini berhasil mengalahkan Mauritania dengan skor tipis 1-0.

2. Komoro

5 Tim Pendatang Baru di Turnamen Piala Afrika 2021timnas Komoro (twitter.com/fedcomfootball)

Tim debutan lain di Piala Afrika yang diselenggarakan tahun ini adalah Komoro. Negara kepulauan di Samudra Hindia itu belum pernah masuk dalam turnamen ini dan hanya menduduki peringkat 132 FIFA. 

Masuknya Komoro dalam Piala Afrika 2021 ini berkat usaha keras dari para pemain dan manajerial tim. Pasalnya, mereka berada di grup kualifikasi dengan persaingan yang cukup ketat bersama Mesir, Kenya, dan Togo. 

Timnas Komoro dalam dua laga penyisihan grup ini harus menelan kekalahan usai dihempaskan Maroko dan Gabon. Maka, jalan satu-satunya agar bisa lolos dengan mengalahkan tim kuat Afrika, Ghana.

Baca Juga: Julukan 24 Tim Nasional Negara Peserta Piala Afrika 2021

3. Mauritania

5 Tim Pendatang Baru di Turnamen Piala Afrika 2021timnas Mauritania (twitter.com/ffrim)

Mauritania memang bisa dibilang sebagai salah satu pendatang baru di gelaran Piala Afrika 2021 ini. Namun, tim asal Afrika Barat ini pernah masuk dalam turnamen ini pada 2019 lalu. Penampilannya saat itu membuat mereka terhenti pada fase penyisihan grup.

Sementara itu, tim ini diketahui menduduki peringkat 103 FIFA. Mereka berhasil lolos ke turnamen ini setelah tampil cukup baik dalam kualifikasi. Sayangnya, pada laga pertama, Mauritania harus menerima kekalahan dari tim debutan Gambia.

4. Sierra Leone

5 Tim Pendatang Baru di Turnamen Piala Afrika 2021timmas Sierra Leone (instagram.com/slfa_sl)

Berikutnya ada timnas Sierra Leone yang mampu masuk ke turnamen Piala Afrika 2021 usai menduduki peringkat kedua kualifikasi. Penampilan Sierra Leone dalam kualifikasi juga tidak begitu mengesankan, bahkan tim ini lolos karena unggul margin gol dari Benin yang memiliki poin sama.

Sierra Leone bisa dibilang pendatang baru dalam turnamen Piala Afrika lantaran tim ini telah absen selama sekitar 25 tahun lamanya. Tim asal Afrika Barat ini terakhir kali masuk ke ajang ini pada 1994 dan 1996.

Di sisi lain, Sierra Leone menduduki peringkat 108 dunia sesuai peringkat FIFA. Namun, pada laga pembuka, Sierra Leone berhasil menahan imbang tim kuat Aljazair dengan skor 0-0.

5. Malawi

5 Tim Pendatang Baru di Turnamen Piala Afrika 2021timnas Malawi (twitter.com/FYIonlinemw)

Terakhir ada tim asal Afrika Timur, yakni Malawi. Negara terkunci ini tidak termasuk tim debutan dalam ajang Piala Afrika, tetapi Malawi terakhir kali tampil di turnamen ini pada 2010 silam. Selain itu, tim ini juga baru dua kali ikut serta dalam Piala Afrika dan melakoni debutnya pada 1984. 

Malawi menduduki peringkat 129 dunia versi FIFA. Penampilan Malawi bisa dibilang cukup mengesankan di ajang kualifikasi dan berhasil menduduki peringkat kedua.

Namun, pada laga awal, tim ini harus menelan pil pahit usai dikalahkan Guinea. Pada laga selanjutnya, Malawi berhasil menang melawan Zimbabwe dan membuka kans untuk lolos fase play-off

Itu tadi beberapa tim nasional pendatang baru yang berhasil tampil di ajang Piala Afrika 2021. Walaupun tergolong pendatang baru dan bukan tim unggulan, bukan berarti tim tersebut tidak dapat melangkah jauh di Piala Afrika 2021.

Baca Juga: 5 Penyerang Top yang Bermain di Piala Afrika 2021, Siapa Saja?

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya