Cukur Tiongkok, Gareth Bale Jadi Top Skorer Timnas Wales Sepanjang Masa

Ia mencetak hattrick saat menghadapi timnas Tiongkok

Bintang timnas Wales, Gareth Bale, sukses menjadi top skorer sepanjang masa timnas Wales setelah mencukur timnas Tiongkok dengan skor telak 6-0 pada ajang turnamen China Cup. Sampai saat ini, Gareth Bale sudah mencetak 29 gol bersama timnas Wales dari 69 kali penampilannya. Bagaimana jalannya pertandingan?

1. Timnas Wales masih terlalu tangguh bagi Tiongkok

Cukur Tiongkok, Gareth Bale Jadi Top Skorer Timnas Wales Sepanjang Masadailymail.co.uk

Dilansir dari BBC, timnas Wales menjalani pertandingan pembuka turnamen China Cup menghadapi timnas Tiongkok di Stadion Guangxi Sports Center, Nanning, Tiongkok. Timnas Wales sendiri masih terlalu tangguh atas timnas Tiongkok sejak awal pertandingan. Di babak pertama, empat gol timnas Wales pun tercipta melalui Gareth Bale di menit ke-2 dan 21, Sam Vokes di menit ke-38, dan Harry Wilson di menit ke-45. Skor 4-0 pun tetap bertahan hingga akhir babak pertama.

Di babak kedua, timnas Wales masih melakukan berbagai serangan ke wilayah pertahanan timnas Tiongkok. Namun, tuan rumah tak mau kalah dengan beberapa kali menyerang ke gawang timnas Wales. Sayangnya, Sam Vokes berhasil mencetak gol keduanya di menit ke-58, namun tak lama kemudian Gareth Bale sukses mencetak hattrick di menit ke-62. Keperkasaan timnas Wales sendiri pun benar-benar terlihat di pertandingan ini dan hingga akhir pertandingan, skor 6-0 tetap bertahan dan Wales berhak melaju ke babak final China Cup dan menunggu lawannya yang akan bertanding pada Jumat, 23 Maret 2018 ini.

2. Debut manis Ryan Giggs sebagai pelatih timnas Wales

Cukur Tiongkok, Gareth Bale Jadi Top Skorer Timnas Wales Sepanjang Masadailymail.co.uk

Kemenangan 6-0 atas timnas Tiongkok ini mengawali debut manis Ryan Giggs sebagai pelatih timnas Wales. Ryan Giggs sendiri sejatinya sudah lama menganggur setelah memutuskan untuk mundur dari jabatan asisten pelatih Manchester United setelah kedatangan Jose Mourinho di awal musim 2016/2017. Giggs menggantikan posisi Chris Coleman yang memilih mengundurkan diri usai gagal membawa timnas Wales ke Piala Dunia 2018. Menurut Giggs, ini adalah momen paling membanggakan dalam hidupnya. Bahkan, Giggs sendiri mengaku gugup menjalani tugas pertama sebagai pelatih timnas Wales meski berakhir dengan debut yang manis.

3. Rekor Ian Rush berhasil dipecahkan oleh Bale dan menjadi kemenangan terbesar sejak tahun 1996

Cukur Tiongkok, Gareth Bale Jadi Top Skorer Timnas Wales Sepanjang Masadailymail.co.uk

Dilansir dari Goal.com, ada beberapa catatan menarik dari pertandingan ini. Gareth Bale sukses memecahkan rekor dari Ian Rush sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa timnas Wales. Bale sendiri berhasil mencetak 29 gol sejak debutnya bersama timnas Wales pada tahun 2006 lalu. Jumlah gol tersebut pun masih terus bertambah karena Bale sendiri masih terhitung aktif sebagai pesepakbola hingga saat ini. Tak hanya itu, hattrick Gareth Bale sendiri menjadi yang pertama sejak terakhir kali dilakukan oleh pemain timnas Wales saat itu, Robert Earnshaw, pada tahun 2004 lalu.

Untuk timnas Wales sendiri, kemenangan 6-0 ini menjadi kemenangan telak pertama setelah terakhir kali melakukannya saat menghadapi timnas San Marino pada Agustus 1996 dengan skor yang sama yakni 6-0. Di kubu lawan sendiri, pelatih timnas Tiongkok, Marcelo Lippi, untuk pertama kalinya merasakan kekalahan telak selama ia melatih tim nasional, baik itu Italia maupun Tiongkok.

Sumber:
http://www.bbc.com/sport/football/43465791
http://www.goal.com/en/match/china-pr-v-wales/report/a0qbdttnh7qj9ifej2fnzhega
https://www.standard.co.uk/sport/football/china-0-wales-6-gareth-bale-hat-trick-kicks-off-ryan-giggs-era-huge-china-cup-win-a3796671.html
http://www.dailymail.co.uk/sport/football/article-5531507/China-0-6-Wales-Gareth-Bale-makes-history-hat-trick.html

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya