Comscore Tracker

Damir Skomina: Wasit Senior yang Pimpin Pertandingan Swedia vs Swiss

#WorldCup2018 Ini merupakan ajang Piala Dunia pertamanya

Pertandingan antara Swedia menghadapi Swiss akan digelar pada malam ini dan wasit yang memimpin pertandingan ini berasal dari Slovenia, Damir Skomina. Ia merupakan salah satu wasit senior yang tampil di ajang Piala Dunia 2018. Berikut profil lengkap mengenai Damir Skomina:

1. Memulai karier sebagai wasit profesional sejak tahun 2000

Damir Skomina: Wasit Senior yang Pimpin Pertandingan Swedia vs Swisstwitter.com/sportingindex

Dilansir dari Soccerway.com, Damir Skomina memulai karier sebagai wasit profesional sejak tahun 2000 lalu. Ketika itu, ia dipercaya memimpin beberapa pertandingan di kompetisi kasta tertinggi Liga Slovenia. Selang 3 tahun kemudian, Skomina akhirnya mendapatkan lisensi UEFA dan FIFA sekaligus dan dari pencapaian itu juga, Skomina berhak memimpin beberapa pertandingan di kompetisi internasional Eropa dan dunia.

2. Skomina juga pernah memimpin di kompetisi domestik negara lain

Damir Skomina: Wasit Senior yang Pimpin Pertandingan Swedia vs Swisstwitter.com/khaledalnouss1

Skomina ternyata tak hanya memimpin berbagai pertandingan di kompetisi domestik negaranya saja, ia juga pernah dipercaya memimpin kompetisi domestik negara lain, seperti Liga Arab Saudi dan Liga Qatar. Tentunya, dengan penunjukkan Skomina untuk memimpin pertandingan di sana menunjukkan bahwa kepemimpinan Skomina sebagai seorang wasit tak diragukan lagi. Apalagi, Skomina sudah mendapatkan lisensi FIFA sejak tahun 2003 lalu.

3. Beberapa kali ditunjuk memimpin pertandingan-pertandingan penting di kompetisi Eropa

Damir Skomina: Wasit Senior yang Pimpin Pertandingan Swedia vs Swisstwitter.com/barcacentre

Skomina juga seringkali ditunjuk memimpin beberapa pertandingan penting di kompetisi antarklub Eropa, seperti Liga Champions Eropa dan Liga Eropa. Dilansir dari Worldreferee.com, pada musim 2017/2018, Skomina memimpin pertandingan-pertandingan seperti Barcelona vs Chelsea di babak perempatfinal leg kedua dan AS Roma vs Liverpool di babak semifinal leg kedua. Skomina dikenal jarang memberikan kartu, namun hampir setiap pertandingan Skomina mengeluarkan kartu setidaknya 1 kali.

4. Berbagai turnamen besar yang pernah dipimpin Skomina

Damir Skomina: Wasit Senior yang Pimpin Pertandingan Swedia vs Swisstwitter.com/CFootRTBF

Skomina pernah memimpin di berbagai turnamen besar, seperti Piala Eropa U-17 2003, Piala Eropa U-19 2005, Piala Eropa U-21 2007, Olimpiade 2008, Piala Eropa 2012, Piala Dunia U-20 2013, Piala Gulf 2014, Piala Eropa 2016, Piala Konfederasi 2017, dan puncaknya adalah Piala Dunia 2018.

Uniknya, ajang Piala Dunia 2018 merupakan ajang Piala Dunia pertama selama sebagai wasit internasional. Di level klub sendiri, Skomina juga memimpin berbagai pertandingan di Liga Champions Eropa, Liga Eropa, dan Piala Super Eropa. Pada Piala Dunia 2018, pertandingan antara Swedia vs Swiss merupakan pertandingan ke-3 yang dipimpin oleh Skomina. Sebelumnya, ada 2 pertandingan yakni Kolombia vs Jepang (fase grup) dan Inggris vs Belgia (fase grup).

Christ Bastian Waruwu Photo Community Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You