Hasil Akhir Liga Inggris: Man City Cetak Rekor, Swansea Terdegradasi

Anak asuhan Pep Guardiola ini tampil sangat perkasa di musim ini

Liga Inggris musim 2017/2018 baru saja berakhir. Beberapa tim di peringkat teratas berhasil meraih tiket Liga Champions Eropa dan Liga Eropa di musim depan. Namun di sisi lain, sebanyak 3 tim harus terdegradasi ke kasta kedua Liga Inggris musim depan. Manchester City akhirnya bisa mencetak rekor dengan perolehan poin tertinggi sepanjang sejarah gelaran Liga Inggris sejak 1992. Bagaimana momen-momen di pekan terakhir?

1. Gol telat Gabriel Jesus membawa Manchester City menjadi tim pertama dengan raihan 100 poin

Hasil Akhir Liga Inggris: Man City Cetak Rekor, Swansea Terdegradasitwitter.com/ManCity

Dilansir dari Thesun.co.uk, meski sudah keluar sebagai juara, Manchester City tetap tampil menurunkan para pemain terbaiknya sepanjang pertandingan ini. Bermain di markas Southampton, Manchester City berkali-kali membuat peluang emas namun pertahanan Southampton pun semakin kokoh. Akan tetapi, gol telat Gabriel Jesus di menit 90+4' membuat Manchester City berhasil keluar sebagai tim pertama yang meraih 100 poin di Liga Inggris sepanjang sejarah sejak 1992.

Tak hanya itu, Manchester City menjadi tim terbanyak yang meraih kemenangan di Liga Inggris dengan 32 kali menang dari 38 pertandingan Liga Inggris. Jumlah gol yang diraih Manchester City mencapai 106 gol dan menjadikannya sebagai tim paling produktif di Liga Inggris musim ini.

2. Pertandingan terakhir Wenger berakhir manis dan Liverpool lolos ke Liga Champions Eropa

Hasil Akhir Liga Inggris: Man City Cetak Rekor, Swansea Terdegradasitwitter.com/Arsenal

Perpisahan Arsene Wenger berakhir manis. Pasalnya, Arsenal untuk pertama kalinya meraih kemenangan di tahun 2018 setelah mengalahkan tuan rumah, Huddersfield Town, dengan skor akhir 1-0. Gol Pierre Emerick Aubameyang menjadi gol terakhir Arsenal untuk Wenger yang dicetak pada menit ke-38. Dengan demikian, Arsenal mengakhiri musim 2017/2018 dengan menempati peringkat 6 klasemen akhir dan lolos ke Liga Eropa musim depan.

Sedangkan untuk persaingan tiket Liga Champions Eropa, Liverpool menjadi tim terakhir yang berhasil mendapatkan tiket tersebut setelah di pertandingan terakhir dengan mengalahkan Brighton & Hove Albion dengan skor akhir 4-0. Sedangkan pesaing terdekatnya, Chelsea, justru tumbang di tangan Newcastle United di markas mereka dengan skor akhir 0-3. Kekalahan Chelsea sendiri membuatnya terpaksa harus tampil di Liga Eropa musim depan bersama Arsenal dan Burnley. Tiket Liga Champions Eropa berhasil diraih Manchester City, Manchester United, Liverpool, dan Tottenham Hotspur.

3. Swansea City menemani Stoke City dan West Bromwich Albion terdegradasi ke kasta kedua Liga Inggris

Hasil Akhir Liga Inggris: Man City Cetak Rekor, Swansea Terdegradasitwitter.com/Ladbrokes

Swansea City menjadi tim terakhir yang terdegradasi usai dikalahkan oleh Stoke City dengan skor akhir 1-2 di markas Liberty Stadium. Dengan demikian, lengkap sudah 3 tim yang terdegradasi ke kasta kedua Liga Inggris, yakni Swansea City, Stoke City, dan West Bromwich Albion.

Swansea City sendiri promosi ke kasta tertinggi Liga Inggris musim 2011/2012 dan tampil sangat baik dengan meraih gelar Piala Liga Inggris di musim 2012/2013 serta pernah finish di papan tengah klasemen akhir. Akan tetapi, beberapa kali pergantian pelatih membuat Swansea City semakin terpuruk dan puncaknya pada musim 2017/2018. Sedangkan untuk rival abadinya, Cardiff City, justru promosi ke kasta tertinggi Liga Inggris dan tidak ada pertandingan Derby South Wales di musim depan. 

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya