Berprestasi Mentereng, Inilah 5 Pelatih Terbaik asal Skotlandia

Ada nama mantan pelatih MU dan Liverpool di daftar ini

Kompetisi sepak bola Skotlandia kurang mentereng jika dibandingkan dengan kompetisi sepak bola di Inggris yang memiliki nama-nama besar. Begitu juga dengan tim nasionalnya.

Meski begitu, Skotlandia dikenal sebagai pencetak pelatih sepak bola andal. Bahkan, beberapa pelatih asal Skotlandia menjadi legenda di kompetisi Inggris. Berikut lima nama pelatih terbaik asal Skotlandia dalam sejarah:

1. George Graham

Berprestasi Mentereng, Inilah 5 Pelatih Terbaik asal SkotlandiaGeorge Graham (tengah) (twitter.com/SuperbFootyPics)

Penggemar Arsenal ada yang mengenal sosok pelatih satu ini? Jauh sebelum
Arsene Wenger melatih Arsenal, nama George Graham menjadi salah satu pelatih terbaik
yang pernah dimiliki Arsenal.

Pelatih asal Skotlandia ini memiliki prestasi yang begitu mentereng dalam kariernya sebagai seorang pelatih. Graham diketahui pernah melatih beberapa klub, semuanya berada di kompetisi Inggris, seperti Milwall, Arsenal, Leeds United, dan Tottenham Hotspur.

Graham sempat meraih 2 gelar First Division (kini FA Premier League), 1 gelar FA Cup, 3 gelar Football League Cup, 1 gelar Winners Cup, dan 1 gelar Community Shield. Ia terakhir kali berkarier sebagai pelatih pada 2000/2001 bersama Tottenhan Hotspur.

2. Walter Smith

Berprestasi Mentereng, Inilah 5 Pelatih Terbaik asal SkotlandiaWalter Smith (twitter.com/vitalrangers)

Salah satu pelatih terbaik asal Skotlandia berikutnya adalah Sir Walter Smith. Nama Sir Walter Smith lebih dikenal pencinta sepak bola di kawasan Inggris Raya. Apalagi kariernya sebagai pelatih sepak bola dihabiskan di kawasan tersebut.

Sir Walter Smith berhasil membawa berbagai gelar dalam karier kepelatihannya, seperti
10 gelar Scottish Premiership, 5 gelar Scottish Cup, dan 6 gelar Scottish League Cup. Semuanya berhasil dipersembahkan untuk Glasgow Rangers. Maka, tak heran Rangers menobatkan Walter Smith sebagai pelatih terbaik dalam sejarah klub.

Sir Walter Smith terakhir kali berkarier sebagai seorang pelatih pada akhir musim
2010/2011. Ia melatih Glasgow Rangers saat itu. Sir Walter Smith meninggal dunia pada Selasa (26/10/2021)dalam 73 tahun.

Baca Juga: 5 Pelatih Asal Skotlandia Paling Sukses di Liga Inggris, Siapa Saja?

3. Sir Matt Busby

Berprestasi Mentereng, Inilah 5 Pelatih Terbaik asal SkotlandiaSir Matt Busby (kiri) (twitter.com/JoshUTD9)

Manchester United era 1960-an begitu mendominasi sepak bola dunia di bawah pelatihnya ketika itu, Sir Matt Busby. Pelatih yang satu ini menjadi salah satu pelatih terbaik yang pernah dimiliki Manchester United sepanjang sejarah klub.

Berbagai gelar mentereng dipersembahkan Sir Matt Busby dalam karier kepelatihannya,
seperti 5 gelar First Division, 2 gelar FA Cup, 5 gelar Community Shield, dan 1 gelar European Champions Cup (kini UEFA Champions League). Selama kariernya sebagai pelatih, Sir Matt Busby hanya melatih Manchester United serta timnas Skotlandia dan Inggris Raya di ajang Olimpiade.

Sir Matt Busby mengembuskan napas terakhirnya pada usia84 tahun. Ia meninggal dunia pada 20 Januari 1994. Namanya diabadikan di Old Trafford.

4. Sir Alex Ferguson

Berprestasi Mentereng, Inilah 5 Pelatih Terbaik asal SkotlandiaSir Alex Ferguson (twitter.com/_NickNewell_)

Setelah era Sir Matt Busby, Manchester United kembali berjaya di kompetisi sepak bola
Inggris di bawah pelatih Sir Alex Ferguson. Sebelum melatih klub tersebut, Sir Alex Ferguson sempat membawa klub Skotlandia, seperti St Mirren dan Aberdeen, meraih gelar domestik di kompetisi sepak bola Skotlandia.

Sir Alex Ferguson meraih beberapa prestasi dalam karier kepelatihannya, seperti 13 gelar Premier League, 5 gelar FA Cup, 4 gelar Football League Cup, 10 gelar Community Shield, 3 gelar Scottish Premiership, 4 gelar Scottish Cup, 1 gelar Scottish League Cup, 2 gelar UEFA Champions League, 2 gelar Winners Cup, 2 gelar European Super Cup, 1 gelar Intercontinental Cup, dan 1 gelar FIFA Club World Cup.

Selain itu, Sir Alex Ferguson berhasil meraih gelar individu dengan meraih dua gelar World's Best Club Coach. Terakhir kali Sir Alex Ferguson melatih pada akhir musim 2013/2014 lalu bersama Manchester United. Beberapa tim yang pernah ditangani oleh Sir Alex Ferguson, di antaranya adalah East Stirlingshire, St Mirren, Aberdeen, timnas Skotlandia, dan Manchester United.

5. Sir Kenny Dalglish

Berprestasi Mentereng, Inilah 5 Pelatih Terbaik asal SkotlandiaSir Kenny Dalglish (biru) (twitter.com/kennethdalglish)

Nama terakhir dalam daftar ini adalah Sir Kenny Dalglish. Ia layak dijadikan sebagai salah satu pelatih terbaik asal Skotlandia karena berhasil menjuarai berbagai kompetisi bergengsi di sepak bola Inggris dengan meraih 4 gelar First Division (1 gelar merupakan FA Premier League), 2 gelar FA Cup, 1 gelar Football League Cup, dan 4 gelar Community Shield.

Yang paling mengejutkan dalam karier kepelatihannya adalah berhasil membawa Blackburn Rovers menjadi juara FA Premier League 1994/1995 lalu. Saat itu, mereka menjadi kuda hitam di kompetisi tersebut. Selain itu, Sir Kenny Dalglish juga pernah meraih gelar Scottish League Cup bersama Glasgow Celtic pada 1999/2000.

Sir Kenny Dalglish pernah melatih beberapa klub, seperti Liverpool (Inggris), Blackburn Rovers (Inggris), Newcastle United (Inggris), dan Glasgow Celtic (Skotlandia). Terakhir kali ia berkarier sebagai pelatih saat menangani Liverpool pada 2011/2012.

Dari lima pelatih di atas, tidak ada yang aktif sebagai pelatih. Mereka telah pensiun. Beberapa bahkan sudah tiada.

Baca Juga: 8 Pelatih yang Juara Liga sebagai Pemain dan Pelatih di Klub yang Sama

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya