Kaka Pensiun, Ini 4 Klub yang Pernah Dibelanya Sepanjang Karier

You're legend, bro!

Memasuki akhir tahun 2017, kabar mengejutkan datang dari pesepakbola Brazil yang satu ini. Mantan pemain timnas Brazil, Ricardo Kaka, resmi mengumumkan gantung sepatu dari pemain sepakbola profesionalnya.

Padahal, Kaka sendiri masih berusia 35 tahun di tahun ini dan masih banyak klub-klub yang tertarik mendatangkannya. Berikut klub-klub yang pernah di bela Kaka.

1. Sao Paulo.

Kaka Pensiun, Ini 4 Klub yang Pernah Dibelanya Sepanjang Karierworldfootball.net

Kaka mengawali sebagai pemain profesional dimulai dari klub masa kecilnya, Sao Paulo. Di sana, ia mulai bergabung ke tim utama pada tahun 2001. Namun, dari sinilah Kaka mulai dipanggil oleh timnas Brazil senior.

Kaka bergabung kembali ke Sao Paulo pada tahun 2014 sebagai pemain pinjaman pada saat itu. Meski belum pernah mempersembahkan gelar bagi Sao Paulo, Kaka pun dilirik oleh beberapa klub besar Eropa untuk mengembangkan karirnya.

Di klub ini juga, Kaka tampil sebanyak 149 kali dan 50 gol yang dicetaknya di seluruh kompetisi resmi.

2. AC Milan.

Kaka Pensiun, Ini 4 Klub yang Pernah Dibelanya Sepanjang KarierBola.net

Bergabung dengan AC Milan untuk pertama kalinya pada musim 2003/2004 mengantarkannya untuk meraih karir puncaknya. Bersama klub ini juga, ia berhasil meraih berbagai gelar, baik itu bersama tim maupun individu.

Beberapa gelar yang pernah ia persembahkan bersama AC Milan adalah Liga Champions Eropa, Liga Italia, Piala Super Italia, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub. Sedangkan untuk penghargaan individu pernah meraih gelar puncak yakni Ballon d'Or pada tahun 2007.

Sama seperti di klub Sao Paulo, Kaka sempat kembali ke AC Milan pada musim 2013/2014 selama semusim penuh. Total penampilan Kaka bersama AC Milan sebanyak 307 kali dan mencetak 104 gol di seluruh kompetisi resmi.

3. Real Madrid.

Kaka Pensiun, Ini 4 Klub yang Pernah Dibelanya Sepanjang Kariermarca.com

Kepindahan Kaka ke Real Madrid pada musim 2009/2010 memang sungguh mengejutkan. Pasalnya, pada saat itu tengah tampil berada di punncak karirnya bersama AC Milan. Namun, ketika bermain di Real Madrid tak seperti saat bermain di AC Milan.

Bersama Real Madrid, Kaka pernah meraih gelar Liga Spanyol dan Piala Spanyol. Di Real Madrid, Kaka tampil sebanyak 120 kali dengan 29 gol yang dicetaknya di semua kompetisi resmi.

4. Orlando City.

Kaka Pensiun, Ini 4 Klub yang Pernah Dibelanya Sepanjang Kariereurosport.com

Klub terakhir yang dibela oleh Kaka adalah Orlando City. Kepindahan Kaka ke Amerika Serikat menjadi semakin seru di kompetisi Liga Amerika Serikat. Di klub ini, Kaka tampil bermain penuh bersama Orlando City dalam 3 musim.

Sayangnya, Kaka belum pernah memberikan gelar kepada klub tersebut namun nama Kaka sangat diidolakan oleh publik Orlando. Bersama Orlando City, Kaka tampil sebanyak 78 kali dengan 25 gol yang dicetaknya di semua kompetisi resmi.

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya