Sebelum dengan Everton, Ini 5 Klub yang Sempat Dilatih David Moyes

Perjalanan kariernya cukup menarik nih!

Baru-baru ini, West Ham United menunjuk pelatih baru mereka yakni David Moyes. Moyes kabarnya akan menggantikan Slaven Bilic yang sebelumnya memeroleh hasil buruk di beberapa laga terakhir.

David Moyes sendiri dikontrak hingga akhir musim dan diharapkan mampu memperbaiki kinerja West Ham untuk selamat dari jurang degradasi. Sebelum ditunjuk West Ham, sudah ada 4 klub setidaknya yang pernah dilatih Moyes selama kariernya.

Kira-kira klub mana saja yang dimaksud?

1. Preston North End.

Sebelum dengan Everton, Ini 5 Klub yang Sempat Dilatih David Moyespnefc.net

David Moyes untuk pertama kalinya terjun sebagai pelatih di klub Preston North End yang saat itu berada di divisi Football League One (kasta ketiga Inggris) pada pertengahan tahun 1998. Semusim awalnya, Moyes menjalani dua peran, baik itu sebaga pemain maupun pelatih di sana.

Dan pada akhirnya, di musim 1999/2000, Moyes berhasil membawa Preston juara kasta ketiga Inggris yang sekaligus promosi otomatis ke kasta kedua di musim berikutnya. Pada Maret 2002, Moyes pun direkrut oleh Everton dan meninggalkan catatan indah di Preston.

2. Everton.

Sebelum dengan Everton, Ini 5 Klub yang Sempat Dilatih David Moyesmirror.co.uk

Menjelang berakhirnya musim 2001/2002, Everton menunjuk Moyes untuk menyelamatkan rival Liverpool ini selamat dari jurang degradasi. Debutnya bersama Everton pun diwarnai kemenangan atas Fulham yang berakhir dengan skor 2-1 pada lanjutan Liga Inggris.

Dan pada akhirnya, Everton pun selamat dan berada di posisi ke-15 klasemen akhir. Meski tidak pernah mempersembahkan gelar untuk Everton, pihak klub pun terus-menerus memperpanjang kontrak baru hingga pada akhirnya musim 2012/2013 menjadi musim terakhirnya bersama Everton.

Moyes sendiri dinilai sangat berjasa membangkitkan Everton yang dulunya dipandang sebelah mata sampai akhirnya mampu sejajar dengan klub-klub papan atas Inggris. Sempat membawanya ke zona Liga Champions di musim 2005/2006, tetapi pada akhirnya harus tersingkir di babak kualifikasi ketiga Liga Champions Eropa.

3. Manchester United.

Sebelum dengan Everton, Ini 5 Klub yang Sempat Dilatih David Moyesskysports.com

Digadang-gadang sebagai penerus Sir Alex Ferguson di Manchester United, tampaknya Moyes masih terlalu dini untuk menangani klub sebesar Manchester United. Dan akhirnya, prestasi Moyes bersama Manchester United pun tampaknya bisa dibilang mengecewakan.

Meski mampu membawa Manchester United masih bersinar di kompetisi Liga Champions Eropa sampai babak perempatfinal, akan tetapi Moyes dinilai membuat sejarah buruk. Terlebih setelah memastikan Manchester United tidak tampil di kompetisi antar klub Eropa (baik Liga Champions Eropa maupun Liga Eropa).

Pada akhirnya, Moyes pun dipecat pada bulan April 2014 dan digantikan oleh Ryan Giggs.

4. Real Sociedad.

Sebelum dengan Everton, Ini 5 Klub yang Sempat Dilatih David Moyesskysports.com

Setelah menganggur selama beberapa bulan, Real Sociedad secara resmi menunjuk pelatih asal Skotlandia ini untuk menangani klubnya sejak November 2014. Namun, pada akhirnya Real Sociedad berada di posisi ke-12 klasemen akhir musim 2014/2015 dan selamat dari ancaman pemecatan.

Tetapi, lain lagi ceritanya saat memasuki musim 2015/2016. Moyes pun dinilai gagal dalam memulai musim yang buruk setelah dirinya dipecat pada bulan November 2015.

5. Sunderland.

Sebelum dengan Everton, Ini 5 Klub yang Sempat Dilatih David Moyesgoal.com

Klub Inggris lainnya, Sunderland pernahi menunjuk David Moyes sebagai pelatih mereka sejak awal musim 2016/2017. Berbekal pengalaman sebagai pelatih yang pernah menangani Everton dan Manchester United menjadi alasan tersendiri bagi Sunderland dalam menumjuk Moyes.

Namun sayangnya, kali ini Moyes mendapatkan hasil yang paling buruk bersama Sunderland. Setelah beberapa musim sebelumnya secara berturut-turut lolos dramatis dari jurang degradasi, Sunderland dibawah kepemimpinan Moyes pun akhirnya terdegradasi ke divisi Football Championship setelah berada di posisi terakhir klasemen akhir musim 2016/2017.

Setelah degradasi, Moyes memutuskan mundur atas hasil buruk yang diraihnya ini. Nah pertanyaan kini, akankah David Moyes mampu membangkitkan West Ham United seperti kala melatih Everton dulu?

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya