Mantan Presiden Barcelona Dituding Ilegal Membeli Organ Hati Abidal

Bagaimana respon dari klub tersebut?

Klub Barcelona diterpa gosip miring. Pasalnya, mantan presiden Barcelona, Sandro Rosell, dituding telah membeli organ hati milik mantan pemainnya yang kini menjabat sebagai sekretaris teknis klub, Eric Abidal.

Akibatnya, pihak klub kecewa dengan kabar berita yang tersebar luas ini. Apa respon dari pihak Barcelona?

1. Barcelona secara tegas membantah tudingan tersebut

Mantan Presiden Barcelona Dituding Ilegal Membeli Organ Hati Abidaltwitter.com/Kgomotsso

Barcelona secara tegas membantah tuduhan tersebut yang dialamatkan kepada mantan presiden klub, Sandro Rosell. Tak hanya Barcelona saja, tuduhan tersebut juga dibantah oleh Abidal sendiri dan rumah sakit, di mana tempat melakukan operasi, Hospital Clinic de Barcelona.

"Pihak klub merasa kecewa dengan adanya pemberitaan seperti ini yang tentunya sangat sensitif," ungkap pihak klub Barcelona seperti yang dikutip dari BBC. Seorang juru bicara untuk Departemen Kehakiman Catalan mengungkapkan, bahwa kasus dugaan pembelian organ secara ilegal oleh Sandro Rosell telah ditutup pada awal tahun ini.

2. Pihak kepolisian sempat mendengar Rosell telah melakukannya lewat telepon

Mantan Presiden Barcelona Dituding Ilegal Membeli Organ Hati Abidaltwitter.com/MARCAinENGLISH

Dilansir dari Espnfc.com, pihak kepolisian setempat sempat mendengar percakapan Rosell yang mengakui telah melakukan pembelian organ hati milik Eric Abidal. Hasil percakapan tersebut langsung diserahkan ke hakim yang juga mengawasi kasus pencucian uang yang melibatkan Rosell.

Saat ini Rosell telah berada di balik jeruji besi dan jika benar terbukti maka hukuman 6 hingga 12 tahun penjara menanti Rosell sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku di sana.

"Kami menerima laporan singkat dari Pengadilan Tinggi Nasional di Madrid setahun yang lalu terkait dengan dugaan kasus kriminal yang mengaku melibatkan Sandro Rosell dan dugaan pembelian organ secara ilegal. Pengadilan menyelidiki masalah itu tetapi tidak ada kejahatan atau dugaan pelaku dapat diidentifikasi. Oleh karena itu, penyelidikan telah ditutup," ungkap Pengadilan Tinggi Regional di Catalonia, seperti yang dikutip dari BBC.

3. Abidal telah menjalani transplantasi hati pada tahun 2012 lalu

Mantan Presiden Barcelona Dituding Ilegal Membeli Organ Hati Abidaltwitter.com/IndyFootball

Seperti diketahui, Abidal telah menjalani transplatasi hati setelah ditemukan tumor pada organ hati miliknya setelah sepupunya, Gerard, secara ikhlas menyumbangkan hati kepada Abidal.

Setelah transplatasi, Abidal telah absen selama 1 tahun dan kembali ke lapangan pada tahun 2013 lalu, meski hanya beberapa pertandingan saja yang dimainkan. Abidal memutuskan pensiun pada tahun 2014 dengan berakhir di klub Yunani, Olympiacos.

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya