4 Pelatih Terkenal Ini Ternyata Alumni Timnas Prancis 1998

Salah satunya berhasil membawa Prancis juara dunia

Prancis menjadi salah satu negara yang dikenal dengan berbagai prestasi di olahraga sepakbola. Tak sedikit nama-nama legenda sepakbola Eropa bahkan dunia dilahirkan di negara ini. Tentu masih ingat saat Prancis untuk pertama kalinya menjuarai Piala Dunia 1998 lalu, ada beberapa nama pemain yang sebelumnya masih belum dikenal banyak orang menjadi incaran beberapa klub besar Eropa.

Kini, sebagian dari skuat Prancis di Piala Dunia 1998 sukses meniti karier di bidang kepelatihan sepakbola. Berikut 4 alumni Prancis yang berhasil menjadi pelatih saat ini.

1. Laurent Blanc

4 Pelatih Terkenal Ini Ternyata Alumni Timnas Prancis 1998twitter.com/Zakiavelli_

Dilansir dari Soccerway.com, Laurent Blanc menjadi salah satu skuad yang tergabung dalam skuat Prancis di Piala Dunia 1998. Memilih berkarier sebagai pelatih sejak tahun 2007, Blanc dinilai berhasil sebagai seorang pelatih. Bordeaux menjadi klub pertama yang dilatihnya selama 3 tahun.

Setelahnya, Blanc menangani Prancis menggantikan Raymond Domenech usai Piala Dunia 2010. Di sana, Blanc hanya melatih selama 2 tahun setelah mengundurkan diri usai Piala Eropa 2012. Kesuksesan Blanc sebagai seorang pelatih ternyata didapat kala melatih Paris Saint Germain. Di klub tersebut, Blanc sukses meraih 4 gelar Liga Prancis, 2 gelar Piala Prancis, 4 gelar Piala Liga Prancis, dan 5 gelar Piala Super Prancis.

2. Zinedine Zidane

4 Pelatih Terkenal Ini Ternyata Alumni Timnas Prancis 1998twitter.com/FootyAccums

Zinedine Zidane yang juga menjadi bagian dari skuad timnas Prancis di Piala Dunia 1998 sukses menjadi pelatih sejak menukangi Real Madrid. Menjadi asisten pelatih sejak ditunjuknya Carlo Ancelotti sebagai pelatih pada tahun 2013 hingga awal 2016. Mulai meniti karier sebagai pelatih sejak 2015 dengan melatih Real Madrid II namun hanya bertahan selama 6 bulan saja.

Pada awal 2016, Zidane menggantikan posisi Carlo Ancelotti yang dipecat pada saat itu. Sejak menukangi Real Madrid, Zidane berhasil meraih berbagai gelar penting untuk Real Madrid seperti 2 gelar Liga Spanyol, 1 gelar Piala Super Spanyol, 3 gelar Liga Champions Eropa, 2 gelar Piala Super Eropa, dan 2 gelar Piala Dunia Antar Klub. Saat ini, Zidane tengah dibidik oleh Juventus sebagai Direktur Olahraga.

3. Thierry Henry

4 Pelatih Terkenal Ini Ternyata Alumni Timnas Prancis 1998twitter.com/BarcaTimes

Pemain timnas Prancis di Piala Dunia 1998 ini juga belum lama ini sukses meniti karier kepelatihan sebagai asisten pelatih Belgia. Pasalnya, Henry bersama Roberto Martinez berhasil membawa Belgia meraih juara ketiga Piala Dunia 2018. Henry mulai menjadi asisten pelatih sejak pertengahan tahun 2016 lalu. Atas prestasi tersebut, Henry masih dipercaya menjadi asisten pelatih Belgia di ajang Liga Nasional Eropa atau kualifikasi Piala Eropa 2020.

4. Didier Deschamps

4 Pelatih Terkenal Ini Ternyata Alumni Timnas Prancis 1998twitter.com/iambolar

Didier Deschamps belum lama ini berhasil menorehkan sejarah sebagai pemain sekaligus pelatih yang meraih gelar juara dunia selama kariernya. Mengawali karier sebagai pelatih dilakoni sejak 2001 dengan AS Monaco sebagai klub pertama yang dilatihnya. Setelah AS Monaco, beberapa klub yang pernah dilatih seperti Juventus dan Olympique Marseille. Prestasi Deschamps sebagai pelatih di antaranya adalah meraih 1 gelar Liga Prancis, 1 gelar Liga Italia kasta kedua, 4 kali Piala Liga Prancis, dan 2 kali Piala Super Prancis.

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya