Pelatih Ini Resmi Gantikan Posisi Nishino di Timnas Jepang

Ia sudah tidak asing lagi di timnas Jepang

Jepang akhirnya memiliki pelatih baru. Setelah ditinggal oleh Akira Nishino usai Piala Dunia 2018, Federasi Sepak Bola Jepang (JFA) akhirnya menunjuk Hajime Moriyasu sebagai pelatih baru timnas Jepang.

Penunjukannya ini untuk mempersiapkan timnas Jepang menghadapi kualifikasi Piala Dunia 2022. Benarkah demikian?

1. Sebelumnya Moriyasu melatih timnas Jepang U-23

Pelatih Ini Resmi Gantikan Posisi Nishino di Timnas Jepangjfa.jp

Moriyasu ditunjuk menggantikan posisi Akira Nishino yang memutuskan mundur pada awal Juli ini sebagai pelatih timnas Jepang. Moriyasu bukanlah orang asing di timnas Jepang, sebelumnya pernah melatih timnas Jepang U-23. Tak hanya itu, Moriyasu juga merupakan asisten dari Nishino selama Piala Dunia 2018 berlangsung.

"Saya harus membangun sebuah tim yang dapat berjuang melalui pertempuran di Asia, dan akhirnya menuju ke kompetisi melawan dunia. Saya akan membangun apa yang dilatih oleh pelatih Nishino dan mengembangkan tim Jepang yang lebih kuat," ungkap Moriyasu usai ditunjuk sebagai pelatih timnas Jepang, yang dikutip dari Fifa.com.

2. Pernah menjadi bagian timnas Jepang saat masih menjadi pemain

Pelatih Ini Resmi Gantikan Posisi Nishino di Timnas Jepangtwitter.com/afcasiancup

Dilansir dari National-football-teams.com, Moriyasu pernah menjadi bagian dari timnas Jepang saat masih menjadi pemain sejak tahun 1992 hingga 1996. Total penampilan Moriyasu pada saat itu sebanyak 35 kali dengan 1 gol yang dicetaknya di seluruh kompetisi resmi.

Satu-satunya gol selama membela timnas Jepang saat menghadapi Australia dalam ajang uji coba pada tahun 1996 lalu. Bersama timnas Jepang, Moriyasu pernah membawa Jepang meraih juara Piala Asia sebanyak 1 kali, dan pernah tampil di ajang Piala Asia 1 kali serta Piala Konfederasi 1 kali.

3. Karier kepelatihan Moriyasu

Pelatih Ini Resmi Gantikan Posisi Nishino di Timnas Jepangtwitter.com/XHSports

Dilansir dari Soccerway.com, Moriyasu mengawali karier kepelatihan pada tahun 2012 lalu dengan menukangi Sanfreence Hiroshima. Saat melatih Sanfreence Hiroshima, Moriyasu langsung memperoleh gelar Liga Jepang sebanyak 3 kali, Piala Jepang sebanyak 1 kali, Piala Liga Jepang sebanyak 1 kali, dan Piala Super Jepang sebanyak 3 kali.

Setelah melatih Sanfreence Hiroshima hingga Juli 2017 lalu, Moriyasu langsung melatih timnas Jepang U-23. Di tengah penunjukkan Nishino sebagai pelatih timnas Jepang sejak April 2018 lalu, Moriyasu langsung ditunjuk menjadi asisten pelatih timnas Jepang hingga Piala Dunia 2018 berakhir.

Kemampuan Moriyasu dalam melatih timnas Jepang dengan berbagai prestasi yang diraihnya ini, dinilai bisa meningkatkan permainan timnas Jepang. Terlebih Piala Asia 2019 akan menjadi target awal bagi Moriyasu bersama timnas Jepang.

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya