Comscore Tracker

Baru 1 Pertandingan, Pelatih Klub Inggris Mengundurkan Diri

Kenapa bisa begitu?

Kompetisi kasta tertinggi Liga Inggris memang belum dimulai. Namun di kasta-kasta yang ada di bawahnya telah memulai terlebih dahulu pada akhir pekan lalu. Namun ada catatan menarik usai seluruh pertandingan digelar, di mana pelatih Blackpool, Gary Bowyer, memilih mengundurkan diri setelah klubnya meraih imbang atas Wycombe Wanderes dengan skor 0-0 dalam kompetisi kasta ketiga Liga Inggris musim 2018/2019. Apa alasannya?

1. Kondisi perekonomian klub membuat Bowyer memilih hengkang

Baru 1 Pertandingan, Pelatih Klub Inggris Mengundurkan Diritwitter.com/MailSport

Dilansir dari Telegraph, Gary Bowyer mundur dari jabatannya sebagai pelatih Blackpool setelah meraih hasil imbang 0-0 atas Wycombe Wanderes. Ternyata bukan hasil itu yang menjadi penyebab Bowyer mundur, melainkan kondisi keuangan klub yang mengalami krisis. Sebelumnya, Bowyer bertemu dengan pemilik Blackpool yang dikenal kontroversial, Owen Oyston, untuk mengumumkan pengunduran dirinya. Bowyer juga sempat membayar tempat latihan klub sebagai tempat alternatif di Preston sebelum akhirnya diganti oleh klub. Tak heran memang hampir semua pemain terbaiknya memilih meninggalkan Blackpool saat sedang transfer musim panas. Bowyer telah mengucapkan terima kasih kepada Blackpool yang telah mempercayainya selama 2 tahun terakhir ini.

"Senang bisa mengelola Blackpool FC selama dua tahun terakhir. Saya sangat berterima kasih kepada dewan karena memberi saya kesempatan untuk mengelola klub sepak bola bersejarah seperti ini dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para pendukung, semangat dan dukungan yang luar biasa dari kedua tim dan saya sendiri akan tetap bersama saya selamanya," ungkap Bowyer seperti yang dikutip dari BBC.

2. Untuk sementara, asisten pelatihnya menjadi pelatih sementara di Blackpool

Baru 1 Pertandingan, Pelatih Klub Inggris Mengundurkan Diritwitter.com/FyldeFootball

Asisten pelatih Blackpool, Terry McPhillips, ditunjuk sementara untuk mengisi kekosongan kursi pelatih yang ditinggalkan oleh Gary Bowyer hingga mendapatkan pelatih tetap. McPhillips akan menghadapi pertandingan perdananya sebagai pelatih dengan bertemu Portsmouth di markas sendiri akhir pekan ini.

Sebelum menjadi pelatih sementara Blackpool, McPhillips pernah menjadi asisten pelatih Blackburn Rovers selama 2 musim. Dengan demikian, pengalamannya sebagai asisten pelatih bisa membangkitkan semangat Blackpool untuk meraih hasil yang baik di beberapa pertandingan berikutnya.

3. Perjalanan Bowyer bersama Blackpool

Baru 1 Pertandingan, Pelatih Klub Inggris Mengundurkan Diritwitter.com/TheFLZone

Gary Bowyer bergabung bersama Blackpool sejak musim 2016/2017 dimana sebelumnya melatih Blackburn Rovers. Prestasi Bowyer bersama Blackpool yakni membawa klubnya meraih promosi ke kasta ketiga Liga Inggris setelah di babak final playoff kasta keempat Liga Inggris 2017/2018 berhasil mengalahkan Exeter City.

Itulah satu-satunya prestasi Bowyer bersama Blackpool. Sangat disayangkan memang prestasi ini justru berbanding terbalik dengan kondisi keuangan klub yang begitu menurun dalam beberapa tahun terakhir ini.

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya