Baru Beberapa Bulan Tangani Timnas Jepang, Ini Profil Akira Nishino!

Ia sebelumnya menjabat sebagai Direktur Timnas Jepang

Jepang akhirnya bisa lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 meski di pertandingan terakhir kalah dari Polandia. Nyatanya, sosok pelatih yang baru ditunjuk beberapa bulan ini mampu membawa Jepang berbicara banyak di Piala Dunia 2018. Seperti apa profil lengkapnya? Berikut penjelasannya.

1. Nishino adalah mantan pemain timnas Jepang

Baru Beberapa Bulan Tangani Timnas Jepang, Ini Profil Akira Nishino!twitter.com/FootyAccums

Dilansir dari Jfootball-db.com, Nishino pernah menjadi bagian dari timnas Jepang saat masih menjadi pemain meski hanya setahun saja, yakni 1977 hingga 1978. Nishino hanya bermain sebanyak 12 kali dengan 1 gol yang dicetaknya di seluruh pertandingan resmi.

Satu-satunya gol tercipta saat menghadapi Malaysia pada turnamen Piala Merdeka yang digelar di Malaysia. Untuk klub profesional, Nishino pernah bermain untuk Hitachi (kini bernama Kashiwa Reysol) selama 12 tahun, sejak 1978 hingga 1990.

2. Ditunjuk menjadi pelatih Jepang pada bulan April lalu

Baru Beberapa Bulan Tangani Timnas Jepang, Ini Profil Akira Nishino!twitter.com/XHSports

Dilansir dari Reuters, Nishino ditunjuk menjadi pelatih Jepang menggantikan pelatih asal Bosnia, Vahid Halilhodzic, yang dinilai tampil mengecewakan pada beberapa pertandingan uji coba saat itu. Penunjukkan Nishino sebagai pelatih Jepang dinilai sangat mengejutkan, mengingat Halilhodzic yang membawa Jepang bisa lolos ke Piala Dunia untuk ke-6 kalinya secara beruntun.

Sebelumnya, Nishino sempat melatih Jepang U-20 dan Jepang U-23 di awal-awal masa kepelatihannya. Penunjukkan Nishino untuk pelatih Jepang saat ini dirasa tepat namun di sisi lain, tidak etis memecat Halilhodzic yang dinilai berjasa justru dipecat hanya karena masalah hasil uji coba.

3. Nishino dikenal dengan berbagai prestasi saat menjadi pelatih

Baru Beberapa Bulan Tangani Timnas Jepang, Ini Profil Akira Nishino!twitter.com/TeamFA

Dilansir dari Soccerway.com, ternyata Nishino dikenal sebagai salah satu pelatih yang berprestasi. Selama melatih, Nishino melatih klub-klub Jepang seperti Gamba Osaka, Vissel Kobe, dan Nagoya Grampus. Berbagai prestasi yang pernah didapatkan diantaranya juara Liga Jepang sebanyak 1 kali, juara Piala Jepang sebanyak 1 kali, juara Piala Liga Jepang sebanyak 1 kali, dan puncaknya adalah juara Liga Champions Asia sebanyak 1 kali.

Pengalaman dengan berbagai prestasi yang pernah didapatkan ternyata juga diterapkan pada timnas Jepang saat ini.

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya