Disanksi FIFA dan UEFA, Inilah 5 Top Skor Timnas Rusia Saat Ini

Beberapa nama dari mereka masih aktif sampai sekarang

Akibat invasi Rusia ke Ukraina, sebagian besar dunia olahraga telah memberikan sanksi kepada Rusia, termasuk FIFA dan UEFA. Organisasi sepak bola dunia dan Eropa telah melarang Timnas Rusia beserta klub-klubnya untuk tampil di kompetisi resmi di bawah naungan FIFA dan UEFA dan dampaknya Rusia dipastikan gagal lolos ke Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar.

Sebelum dikenai sanksi, Timnas Rusia seharusnya tampil di babak playoff kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa dengan menghadapi Polandia pada akhir Maret 2022 ini. Berikut 5 nama top skor Timnas Rusia sepanjang sejarah sampai sekarang.

1. Valeriy Karpin (17 gol) 

Disanksi FIFA dan UEFA, Inilah 5 Top Skor Timnas Rusia Saat IniMantan pemain timnas Rusia, Valeriy Karpin (kanan), bersama istrinya. (Instagram.com/vgkarpin)

Nama mantan pemain Timnas Rusia, Valeriy Karpin, berada di dalam daftar jajaran pencetak gol terbanyak Timnas Rusia sepanjang sejarah. Perolehan 17 gol tersebut cukup menempatkannya berada di urutan ke-5 top skorer Timnas Rusia dengan rasio 0,23 gol per pertandingan.

Pertandingan terakhir yang dilakoni Valeriy Karpin kala membela Timnas Rusia terjadi pada pertandingan persahabatan saat menghadapi Siprus pada 2 Desember 2003 lalu. Ia juga memutuskan gantung sepatu pada akhir musim 2004/2005 lalu setelah terakhir kali membela klub asal Spanyol, Real Sociedad.

2. Roman Pavlyuchenko (21 gol) 

Disanksi FIFA dan UEFA, Inilah 5 Top Skor Timnas Rusia Saat IniMantan pemain timnas Rusia, Roman Pavlyuchenko (kiri), bersama istri dan anaknya. (Instagram.com/pavlyuchenko_1981)

Sudah lama tak mendengar kabar mantan pemain Timnas Rusia yang satu ini. Roman
Pavlyuchenko sampai saat ini masih aktif sebagai pesepak bola dan kini bermain untuk klub kasta ketiga Rusia, Znamya Noginsk.

Meski sudah tak pernah bergabung dengan Timnas Rusia, Roman Pavlyuchenko sukses berada di urutan ke-4 top skor Timnas Rusia sepanjang masa dengan 21 gol. Rasio gol yang diperoleh terbilang lumayan, yakni mencapai 0,41 gol per pertandingan.

Ia terakhir kali tampil bermain untuk Timnas Rusia pada pertandingan persahabatan menghadapi Pantai Gading pada 15 Agustus 2012 lalu yang berakhir imbang 1-1.

Baca Juga: China Embargo Premier League Imbas Konflik Rusia Vs Ukraina

3. Vladimir Beschastnykh (26 gol) 

Disanksi FIFA dan UEFA, Inilah 5 Top Skor Timnas Rusia Saat IniMantan pemain timnas Rusia, Vladimir Beschastnykh. (Instagram.com/vladimir__beschastnykh)

Seangkatan dengan Valeriy Karpin, Vladimir Beschastnykh masuk ke jajaran daftar top
skorer Timnas Rusia sepanjang masa dengan jumlah 26 gol. Perolehan tersebut tentu lebih baik jika dibandingkan dengan Valeriy Karpin.

Bersama Timnas Rusia, Vladimir Beschastnykh terakhir tampil pada pertandingan babak kualifikasi Piala Eropa 2004 ketika menang atas Albania dengan skor 3-1 pada 29 Maret
2003 lalu. Sempat pensiun pada tahun 2009 dan kembali di tahun 2012 lalu, ia akhirnya benar-benar gantung sepatu pada akhir Juli 2012 lalu bersama klub Rusia, Arsenal Tula.

4. Aleksandr Kerzhakov (30 gol) 

Disanksi FIFA dan UEFA, Inilah 5 Top Skor Timnas Rusia Saat IniMantan pemain timnas Rusia, Aleksandr Kerzhakov, saat mengunjungi stadion milik klub Nizhny Novgorod. (Instagram.com/a.kerzhakov11)

Mantan pemain Timnas Rusia lainnya, Aleksandr Kerzhakov, berhasil mencetak 30 gol untuk Timnas Rusia semasa masih aktif bermain. Tampil debut sejak tahun 2002 lalu dan masuk dalam skuad Piala Dunia 2002, Kerzhakov terakhir kali bermain untuk Timnas Rusia pada pertandingan persahabatan menghadapi Lithuania pada 26 Maret 2016 lalu.

Pensiun pada tahun 2017 lalu, Aleksandr Kerzhakov terakhir bermain untuk klub Rusia, Zenit St. Petersburg. Selama membela Timnas Rusia, ia tampil di 2 Piala Dunia dan 3 Piala Eropa.

5. Artem Dzyuba (30 gol) 

Disanksi FIFA dan UEFA, Inilah 5 Top Skor Timnas Rusia Saat IniPemain timnas Rusia, Artem Dzyuba, ketika memperoleh salah satu penghargaan. (Instagram.com/artem.dzyuba)

Pemegang top skor Timnas Rusia sepanjang sejarah ditempati Artem Dzyuba dengan total 30 gol. Meski jumlah gol yang diperoleh sama dengan perolehan dari Aleksandr Kerzhakov, rasio gol yang diperoleh Artem Dzyuba lebih baik ketimbang Aleksandr Kerzhakov, yakni sebesar 0,55 gol per pertandingan.

Dengan jumlah tersebut, ia berpeluang besar untuk bisa menambah jumlah golnya di beberapa pertandingan ke depan. Sayangnya, sanksi Timnas Rusia oleh FIFA membuatnya
terhalang untuk bisa menambah rekor golnya. Serupa dengan Roman Pavlyuchenko, ia masih aktif sebagai pesepak bola dengan membela klub Rusia, Zenit St. Petersburg.

 

Itulah 5 top skor Timnas Rusia sepanjang masa. Semoga timnas Rusia bisa tampil di beberapa pertandingan resmi FIFA ke depannya.

Baca Juga: 10 Fakta Sardar Azmoun, Striker Timnas Iran yang Bersinar di Rusia

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya