6 Gelandang Termahal Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022, Ada Kovacic!

Luka Sucic menjadi yang paling muda

Timnas Kroasia membawa banyak pemain berposisi gelandang di Piala Dunia 2022 Qatar. Total ada sembilan gelandang yang dibawa Zlatko Dalic, pelatih Timnas Kroasia, ke sana.

Para gelandang tersebut tentu memiliki kualitas mumpuni. Beberapa juga bermain di liga top Eropa. Tak heran beberapa dari mereka memiliki banderol yang bisa dibilang cukup fantastis.

Untuk lebih jelasnya, berikut gelandang termahal Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022.

1. Mateo Kovacic

6 Gelandang Termahal Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022, Ada Kovacic!Mateo Kovacic (hns-cff.hr)

Gelandang mahal nomor satu dalam skuad Kroasia di Piala Dunia 2022 adalah Mateo Kovacic. Pemain berusia 28 tahun ini memiliki nilai pasar yang menyentuh angka 40 juta euro atau sekitar Rp661 miliar.

Saat ini, Kovacic berkiprah di English Premier League (EPL) bersama Chelsea. Gelandang tengah ini kenyang pengalaman di level klub seiring pernah bermain di 3 dari 5 liga top Eropa. Kovacic juga berpengalaman di timnas dan sudah debut pada 2013 silam bersama Vatreni.

2. Marcelo Brozovic 

6 Gelandang Termahal Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022, Ada Kovacic!Marcelo Brozovic (skysports.com)

Marcelo Brozovic termasuk nama lama di skuad Kroasia. Bukan tanpa sebab, pria yang kini berkarier di Serie A Italia bersama Inter Milan ini sudah melakoni debut bersama Vatreni pada 2014.

Brozovic sendiri merupakan pemain serbabisa yang memberi banyak opsi. Dirinya bisa menjadi gelandang bertahan, gelandang serang, hingga gelandang tengah. Saat ini, Brozovic memiliki banderol 35 juta euro alias Rp579 miliar.

3. Mario Pasalic

6 Gelandang Termahal Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022, Ada Kovacic!Mario Pasalic (hns-cff.hr)

Mario Pasalic kini memiliki banderol 25 juta euro alias Rp413 miliar. Dirinya merupakan sosok senior di skuad Kroasia seiring sudah debut pada 2014 silam. Sayang, ia lebih sering menjadi pemain cadangan di Piala Dunia 2022 ini.

Pasalic kalah saing dari gelandang Kroasia lain, seperti Luka Modric, Mateo Kovacic, hingga Marcelo Brozovic. Pasalic sendiri kini aktif bermain untuk klub Serie A Italia, Atalanta BC.

Baca Juga: 5 Pemain Chelsea yang Pakai Nomor Punggung 8 Sebelum Mateo Kovacic

4. Lovro Majer

6 Gelandang Termahal Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022, Ada Kovacic!Lovro Majer (hns-cff.hr)

Selanjutnya, ada Lovro Majer yang kini berkarier di Ligue 1 Prancis bersama Stade Rennais dan terikat kontrak hingga 2027. Pria berusia 24 tahun ini kerap menempati pos gelandang serang, tetapi juga bisa menjadi gelandang tengah.

Sayang, Majer mendapat menit bermain yang cukup minim meski dimainkan dalam tujuh pertandingan oleh Zlatko Dalic, pelatih Timnas Kroasia, di Piala Dunia 2022. Meski minim menit bermain, pemain berbanderol 22 juta euro alias Rp363 miliar ini telah menyumbang sebiji gol di Piala Dunia 2022.

5. Nikola Vlasic

6 Gelandang Termahal Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022, Ada Kovacic!Nikola Vlasic (hns-cff.hr)

Nikola Vlasic bukan pemain baru di Timnas Kroasia lantaran sudah debut pada 2017 lalu. Kendati demikian, Piala Dunia 2022 ini menjadi ajang Piala Dunia pertama yang dilakoni pemain berusia 25 tahun ini.

Pasalnya, Vlasic tidak terpilih dalam skuad Vatreni di Piala Dunia 2018. Gelandang serang milik Torino FC dengan banderol 20 juta euro alias Rp330 miliar ini juga tidak banyak dimainkan di Piala Dunia 2022. 

6. Luka Sucic

6 Gelandang Termahal Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022, Ada Kovacic!Luka Sucic (hns-cff.hr)

Luka Sucic menjadi pemain termuda dalam daftar ini dengan usia yang baru menjejak 20 tahun. Meski masih muda, pria yang kerap beroperasi sebagai gelandang serang ini memiliki banderol yang mencapai 20 juta euro alias Rp330 miliar.

Dari segi pengalaman di timnas, Sucic bisa dibilang yang paling minim pengalaman. Bagaimana tidak, pemain RB Salzburg ini baru debut bersama Vatreni pada 2021. Faktor pengalaman tampaknya menjadi salah satu alasan Sucic tidak dimainkan sama sekali di Piala Dunia 2022.

Dalam daftar ini, hanya Luka Sucic yang belum mendapat kesempatan bermain di Piala Dunia 2022. Dengan usia yang baru 20 tahun, dirinya bisa berkontribusi lebih di edisi Piala Dunia berikutnya.

Baca Juga: 5 Pemain Liga Domestik Termahal Kroasia di Piala Dunia 2022

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya